Langsung ke konten utama

Resep Risotto - Lezat & Sehat [Menu Vegan]

Risotto, hidangan lezat berbahan dasar nasi yang diperkirakan berasal dari Milan, Italia. Versi pertama dikenal sebagai Risotto alla Milanese dan biasanya dibuat dengan mentega, bawang bombay, anggur putih, kaldu, garam, kunyit, dan Parmesan. Sejak itu, banyak variasi rasa telah muncul.

Berikut adalah dasar dari resep dengan 10 bahan selama 30 menit ini, dimulai dengan kaldu sayuran hangat. 


    Bahan-bahan:

    Kaldu

    3 ½ – 4 cangkir kaldu sayuran (atau yang dibeli di toko)

    Risotto

    • 2 sendok makan minyak alpukat atau minyak zaitun (jika menghindari minyak, tambahkan air)
    • 3/4 cangkir bawang merah, diiris tipis
    • 1/4 sendok teh garam laut
    • 1/4 sendok teh lada hitam
    • 2 cangkir jamur shiitake, diiris, batang yang keras dibuang (atau jamur serupa lainnya)
    • 1 sendok makan amino kelapa (atau tamari / kecap)
    • 1 sendok makan thyme segar, cincang (atau diganti dengan kering)
    • 1 cangkir nasi arborio
    • 1/4 cangkir anggur putih kering (opsional)
    • 1/4 cangkir keju parmesan vegan (plus lebih untuk penyajian / atau ganti dengan ragi nutrisi)

    Topping (opsional)

    • Peterseli segar, cincang
    • Keju Parmesan Vegan

    Baca Juga : Menu Sahur Sehat & Cepat Ala Anak Kos

    --

    Memasak

    1. Panaskan kaldu sayuran dalam panci berukuran sedang dengan api sedang. Setelah mendidih, kecilkan api agar tetap hangat.

    2. Sementara itu, panaskan wajan besar* dengan api sedang. Setelah panas, tambahkan minyak dan bawang merah, bumbui dengan garam dan lada hitam secukupnya. Tumis selama 3-4 menit, aduk terus. Kemudian tambahkan jamur dan amino kelapa, tumis hingga jamur berwarna coklat keemasan dan karamel. Opsional: simpan sebagian jamur shiitake untuk disajikan sebagai hiasan.

    Baca Juga : Resep Ala Carte Untuk Jamur Shiitake

    3. Tambahkan nasi thyme dan arborio ke dalam wajan, masak selama 1 menit, aduk sesekali. Kemudian tambahkan anggur putih kering dan aduk perlahan. Masak selama 2 menit atau sampai cairan sebagian besar terserap.

    4. Dengan menggunakan sendok, tambahkan kaldu sayuran hangat sebanyak 1/2 cangkir (120 ml) sekaligus, aduk terus-menerus, biarkan risotto berhenti sebentar agar mendidih kembali. Pastikan panasnya tetap sedang dan risotto selalu sedikit mendidih. Proses ini akan memakan waktu sekitar 15-20 menit.

    --

    5. Lanjutkan menambahkan kaldu sayuran 1 sendok sekaligus, aduk hingga nasi menjadi 'al dente' - matang namun masih terasa sedikit kenyal. Ini akan memakan waktu sekitar 15-20 menit.

    6. Setelah nasi matang dan al dente, angkat dan tambahkan keju parmesan vegan. Aduk hingga terlapisi. Cicipi dan sesuaikan rasa sesuai kebutuhan, tambahkan garam laut dan lada hitam sesuai selera atau lebih banyak parmesan vegan untuk menambah rasa keju. Jika sudah kering, tambahkan sedikit kaldu hangat.

    7. Untuk menyajikan, bagi antara mangkuk saji dan hiasi dengan jamur yang disimpan, keju parmesan vegan, dan peterseli segar (semua opsional).

    8. Paling baik dinikmati dalam keadaan segar, meskipun sisa makanan dapat disimpan dalam lemari es selama 4-5 hari atau di dalam freezer hingga 1 bulan. Panaskan kembali di atas kompor dengan tambahan kaldu sayuran yang sudah dipanaskan hingga panas. Karamelisasi jamur lebih baik jika mereka memiliki cukup ruang untuk bersentuhan di wajan, jadi pastikan wajan atau panci yang digunakan cukup besar.

    (Rose)

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

    Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

    10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

    Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

    Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

    Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.