Langsung ke konten utama

Review Anime : Battle Skipper (+Sinopsis +Spoiller) Mecha dan Geludnya Mbak-Mbak Unyu

Judulnya sih gitu, tapi ini bukan anime yang cerita dan alurnya beneran serius dan kaku. Battle Skipper adalah anime OVA yang punya tiga episode, yang diproduseri sama Takashi Watanabe pada 1995 sebelum dia ngegarap Slayers. Tergolong jadul sih. Setidaknya daripada gabut mau nonton apa, pilihan gue secara random jatuh pada anime Battle Skipper ini.

    Ini serial dibikin buat promosiin mainan robot dari Tomy. Kalo lu tahan nonton aksi cewek-cewek sekolah yang berubah jadi pertempuran pake senjata satelit, lu bakal ketagihan sama petualangan konyol ini, bro.

    Beberapa tahun lalu di komen YR, ada yang nyinyirin kalo ini bisa aja ada unsur yuri-nya, jadi akhirnya gue tonton deh. Ya udahlah, gue bersyukur ini cuma OVA tiga episode doang.

    SINOPSIS

    Cerita Battle Skipper sebenernya simpel aja dan fokusnya di dua klub saingan di St. Louis. Ada Sekolah Putri Ignacio dengan klub debutan dan klub etiket yang berusaha coexist gitu. Meski terdengar kaya anime sekolah pada umumnya, untungnya nggak terlalu fokus pada kegiatan klub. Justru, dua perusahaan yang punya hubungan sama pemimpin klub bentrok di balik layar buat nguasain teknologi AI canggih buat Battle Skippers, alat tempur yang dipake sama anggota klub etiket yang disebut Exters.

    Sekarang, setelah gue paham, ceritanya lumayan klise, tapi ya wajar sih, soalnya anime ini dasarnya berfokus pada aksi mecha. Kaya yang diharapkan dari OVA tiga episode, alurnya cepet banget, tapi konflik antara dua belah pihak agak ngecewain. Buat gue, sebagian besar masalahnya ada di gimana antagonis utamanya dieliminasi dan ngebiarin anak buahnya buat nyoba ngecuri teknologi AI. Dia annoying banget, gue lebih suka kalo dia muncul lebih dikit dan lebih sering jadi antagonis yang sebenernya nggak ngapa-ngapain kecuali being diva dan ngatur orang.

    Baca Juga : Anime Lucu Saving 80.000 Emas Untuk Masa Pensiun


    REVIEW

    Jadi, ini tuh anime mecha yang nggak terlalu serius, meskipun menurut gue OVA ini nggak terlalu lucu, tapi ada komedinya yang lumayan asik. Gue nggak nganggap diri gue sebagai penggemar mecha, tapi ternyata gue agak kaget karena nggak ada adegan mecha yang berlebihan. Mungkin itu juga yang bikin gue nggak terlalu benci sama acara ini. Tapi ya, menurut gue, tiga episode itu kurang buat cerita yang lebih menarik. Gue berharap lebih panjang, mungkin lima atau enam episode, biar ceritanya bisa lebih lengkap. Rasanya masih ada yang kurang, tapi sayangnya cuma tiga episode yang dihasilkan.

    Keseluruhan kisahnya bisa diringkas macam ini :

    Jadi, anggota Klub Etiket di Sekolah Anak Perempuan St. Ignacio turun ke bawah beneran, dan tiba-tiba mereka dandanannya cuma setipis itu. Kenapa? Soalnya mereka mau nyetir pesawat, yang sayangnya namanya BS alias Battle Skippers, mecha militer yang high-tech abis. Jadi, mereka, yang disebut "Extars," berusaha ngebasmisin kejahatan dari dunia. Lawan mereka itu Sayaka, presiden klub Debutante yang jahat dan super kaya, plus temennya, Todo.

    Baca Juga : Anime Barakamon (Kisah Inspiratif dan Komedi Kalem)

    Jadi, gue nggak punya ekspektasi tinggi buat cerita anime ini. Meski gue nggak bakal bilang jelek, tapi gue rasa ini cuma B aja.

    --

    KARAKTER & RELATIONSHIP

    Gue ngerasa Battle Skipper kurang punya karakter yang bener-bener mencuat, dan soal subteks yuri yang diomongin? Sedikit banget. Jujur, soal karakternya, semuanya kaya gampang dilupakan gitu, nggak terlalu menarik buat gue.

    Selain anggota klub etiket dan Sayaka, nggak ada siswa lain yang punya peran berarti. Mengingat sependek itu durasi anime, gue rasa itu keputusan yang tepat. Nggak ada satu karakter pun yang dominan waktu nonton, jadi masing-masing pemeran utama punya momennya sendiri, meski sebagian gede di antaranya agak mengecewakan. Kalo Saori yang lemah dapet lebih banyak sorotan, gue pasti nggak bakal seneng. Jadi mungkin emang lebih bagus kalo semuanya dibagi-bagi.

    Baca Juga : Redo Of Healer (Anime Absurd Bikin Sakit Jiwa)

    Gue harap banget Rie sama Reika jadi pasangan yuri, tapi rupanya enggak. Subteks yuri yang ada cuma dikit banget, terutama lewat Shihoko yang sebenernya menunjukkan ketertarikan ke Rie dan (cepet banget) Saori. Tapi dia juga (cepet banget juga) suka sama guru pengganti cowok. Kejadian-kejadian ini super kecil, dan dia nggak keliatan bener-bener romantis, dibandingin sama karakter yuri yang lain. Jadi, kalo lo sama kayak gue yang berharap ada lebih banyak adegan yuri, pasti bakal ngerasa kecewa banget. Kayaknya gue sering banget bilang gitu ya.


    ANIMASI & AUDIO

    Sebagai anime pertengahan tahun sembilan puluhan, Battle Skipper emang punya daya tarik retro yang pada akhirnya saya suka, walaupun buat adegan pertarungan mecha, menurut saya, agak kurang greget. Untungnya, setidaknya ini nggak termasuk salah satu anime mecha modern yang punya implementasi CG yang bikin tanya-tanya, jadi mungkin bisa jadi lebih parah. Tapi, urutan transformasinya ala gadis penyihir lumayan keren, dan tentu aja, ada beberapa layanan penggemar yang dikasih di situ.

    Soal audio, menurut gue musiknya oke, tapi nggak ada yang standout banget. Mungkin gue udah nge-review beberapa anime lama sekarang, dan gue nggak yakin kenapa, tapi menurut gue, anime modern—bahkan yang nggak terlalu bagus—biasanya punya musik yang lebih cocok buat adegan pertarungan klimaks. Bukan berarti lagu-lagu lama itu jelek, tapi biasanya nggak bisa bikin gue semangat kaya musik dari anime-anime terbaru. Meskipun begitu, gue nggak punya masalah sama kualitas produksi OVA ini. Jelas nggak bisa dibilang jelek, tapi ya jelas nggak sekelas Utena.

    --

    KESIMPULAN

    Dari awal sampe akhir, menurut gue, Battle Skipper ini kayak anime yang standar banget dan bikin gue merasa ambivalen. Baik dari segi cerita, karakter, atau nilai produksi, semuanya cuma biasa aja, dan gue yakin gue bakal lupa semuanya dalam seminggu.

    Baca Juga : Boogiepop (Anime Buat Pecinta Horor+Detektif)

    Masih rishi banget mengingat anime ini dimulai dengan adegan mandi yang nggak penting dan lebih ke arah eksploitatif, yang tentunya masih kena sensor sana sini pakai barang-barang random. Sebagian besar adegan kekerasan nggak ada darahnya, tapi ada macam pem3rk05aan di salah satu episode. Secara keseluruhan, menurut gue, anime ini lebih cocok buat remaja ke atas.

    Over all, mungkin nilainya 6/10.

    Meskipun kurangnya unsur yuri sebenernya seharusnya bikin ngerasa kyk ngebuang waktu aja, tapi jujur aja, kadang-kadang masih bisa bikin ketawa-ketawa. 


    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

    Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

    10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

    Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

    Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

    Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.