Langsung ke konten utama

Sering Dengar? Apasih Vegan? Bagaimana Cara Menjadi Vegan?

Sering mendengar istilah vegan? Apakah sobat liwato masih bingung apa itu vegan dan kenapa ngetren sekali di kalangan masyarakat modern?. Apakah vegan juga penyayang binatang?. Mari kita bahas bersama lebih dalam.


Pola makan vegan dasarnya adalah jenis pola makan non hewani dan mengedepankan nabati. Istilah Vegan tersebut diciptakan sekitar tahun 1944. Mereka yang mengikuti diet vegan, tidak mengonsumsi produk susu, telur, dan daging. Mereka juga menjauhi semua produk yang berasal dari hewan. Kadang-kadang, kata dan konsep veganisme digunakan secara bergantian dengan vegetarianisme, karena baik vegan maupun vegetarian memiliki misi untuk menjauh dari produk daging.

Meskipun ada beberapa perdebatan mengenai apakah makanan tertentu, seperti madu, masuk ke dalam pola makan vegan, jika sobat liwato memasak untuk vegan lain, yang terbaik adalah berhati-hati dan menghindari makanan ini atau lebih baik bertanya dulu pada tamu kamu. Kebanyakan vegan memperluas definisi veganisme untuk melampaui dari hanya sekadar makanan hewani.


Etika Vegan

Vegan percaya bahwa hewan juga memiliki hak untuk hidup dan kebebasan. Nah, maka dari itu mereka bertekad untuk mencari alternatif dan menjauhi konsumsi daging, minum susu dan memakai beragam olahan hewani lainnya.


Beberapa Vegan juga kemungkinan akan menghindari penggunaan semua produk sehari-hari dan rumah tangga yang diuji pada hewan dan menghindari pembelian dan penggunaan semua produk hewani yang berasal dari hewan, seperti kulit, bulu, dan wol. Ada beberapa perdebatan mengenai apakah produk hewan bekas, seperti jaket kulit dari toko barang bekas, dapat dimasukkan ke dalam gaya hidup vegan yang bebas dari kekejaman atau tidak.

Aspek kesehatan veganisme

Dalam hal kesehatan, veganisme sangat menjadi prioritas. Para ahli mengatakan bahwa pola makan nabati mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, kematian dini dan diabetes tipe 2. Selain itu, veganisme juga menurunkan risiko penyakit Alzheimer.



Beberapa orang memilih veganisme karena mereka tidak ingin memaparkan diri mereka pada antibiotik dan hormon modern yang digunakan pada hewan. Pola makan vegan juga dapat membantu menjaga berat badan lho sobat.

Apa Yang Dimakan Vegan?

Saat ini di pasaran telah tersedia banyak versi makanan vegan yang sudah dikenal, sehingga para vegan dapat dengan mudah makan hot dog vegan, es krim, keju, yogurt non-susu, dan mayones vegan bersama dengan burger vegetarian dan produk pengganti daging lainnya seperti masakan ayam vegan.


Banyak makanan yang dikaitkan dengan veganisme, seperti susu kedelai, pengganti susu non-susu, ragi gizi, dan tahu, serta tahu rami, yang dibuat sepenuhnya dari biji rami, dan kurang diproses daripada alternatif kedelai lainnya. Kamu tentunya tidak harus menyukai tahu untuk makan vegan dan kamu dapat menikmati makanan ini tanpa menjadi vegan. Apalagi tahu sendiri adalah makanan yang umum ditemui di dapur emak kamu (hehehe).


Makanan fermentasi juga populer dalam pola makan vegan. Tempe adalah produk kedelai yang difermentasi juga datang dalam versi kecambah yang, sangat, dianggap sebagai makanan utuh dan pengganti yang baik untuk tahu. Juga diizinkan, dan dianjurkan, dalam diet vegan adalah produk fermentasi lainnya seperti miso, kimchi, dan asinan kubis.

Bagaimana Cara Menjadi Vegan?

Beberapa orang memang dengan mudah beralih dari rutinitas makan daging menjadi vegan. Sementara yang lain masih harus berjuang dengan komitmen baru mereka. Yang lain mungkin memilih untuk menjadi vegetarian terlebih dahulu lalu perlahan-lahan menghilangkan telur dan susu dari menu harian. Tidak ada cara yang benar atau salah untuk melakukannya, tetapi kamu mungkin ingin belajar tentang apa yang berhasil untuk orang lain.


Apabila sobat liwato tertarik untuk menjadi vegan, tetap ingat tujuan dan ingat mengapa kamu memilih untuk menerapkan pola makan vegan di kehidupan sehari-hari. Tetap sehat dan tetap produktif ya sobat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.