Langsung ke konten utama

Mengenal Aplikasi Dragonbones Untuk Animasi (Fitur + Kelebihan Dragonbones)

Disaat semakin banyak ragam aplikasi animasi, dragonbones dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa kamu pilih. Kali ini, ane akan membagikan review dragonbones untuk animasi pada kamu, para sobat liwato yang sedang mencari alternatif aplikasi pembuat animasi.

aplikasi dragonbones

Bagi para animator, sudah pasti mengenal beragam aplikasi pendukung mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Dragonbones bisa jadi salah satu yang kamu pilih untuk dipakai membuat animasi. Ane sendiri memakai dragonbones sebagai aplikasi dadakan untuk membuat asset sprite game. Maka dari itu, ane merasa bahwa perlu sekali membagikan review ini pada kalian semua.

Perlu digaris bawahi bahwa artikel ini tidak disponsori oleh Egret maupun Dragonbones, karena ane murni ingin berbagi kepada para pembaca sekalian. Apalagi ane sudah merasa sangat berterimakasih pada pengembang aplikasi ini karena dengannya ane bisa melakukan pekerjaan dengan lebih mudah dan gratis. (hehehe)

Mengenal Dragonbones

Dragonbones adalah salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Egret Technology. Yang mana ini adalah perusahaan teknologi asal China yang mengembangkan beberapa aplikasi pendukung untuk kegiatan pengembangan game. Jika kita lihat lebih teliti, sebenarnya produk-produk dari Egret Technology ini lebih cenderung memfasilitasi para game designer, karena kebanyakan aplikasi yang mereka kembangkan memang dikhususkan untuk keperluan visualisasi game.

logo dragonbones
Ikon Aplikasi Dragonbones

Dragonbones merupakan aplikasi animation engine berbasis 2D. Dirilis pertama kali pada 2016 dengan nama aplikasi Dragonbones 4.6. Untuk aplikasi jenis ini, tentunya Dragonbones adalah aplikasi yang tergolong baru.

Kemampuan + Kelebihan Dragonbones

Sekilas, menu dan tampilannya default-nya terkesan seperti adobe animate. Bisa ane bilang, ini versi ringan dari raksasa animate engine tersebut. Kamu bisa dengan mudah menemukan library dan juga timeline yang ramah untuk dipindah-pindah.

Bukan hanya digunakan sebagai aplikasi pembuat sprite game, rupanya Dragonbones juga dapat digunakan untuk membuat komik bergerak dan gambar gif yang sejenis. Tentunya ini sangat membantu sekali bagi para publisher dan kreator grafis pada media digital.

Bersahabat Dengan Beragam Platform

Karena disupport dengan HTML5, Dragonbones menjadi salah satu aplikasi pembuat animasi yang sangat ramah dengan tren dan perkembangan media jaman sekarang. Ini memungkinkan para developer dan publisher menerapkan hasil akhir animasi mereka di media publish yang lebih modern.


Bagi kamu pengguna abadi game engine Unity, sudah patut berbahagia karena Dragonbones sudah bersahabat dengan game engine sejuta umat ini. Kamu bisa langsung mengkombinasikan kedua aplikasi itu tanpa perlu khawatir bahwa salah satunya tidak saling support.

100% Gratis!

Sudah dapat dipastikan bahwa para game developer tidak akan menolak aplikasi gratis. Dan kamu akan dapat merasakan semua fasilitas dari dragonbones secara gratis, karena aplikasi ini termasuk opensource. Kamu bisa mengunduhnya dimana saja, kapan saja asalkan perangkat kamu mumpuni untuk aplikasi ini ya.

aplikasi animasi dragonbones
Naga Ikonik Dragonbones

Untuk menyimpan file, pihak Egret Technology sepertinya memang tidak ingin mempersulit penggunanya. Kamu hanya perlu registrasi online GRATIS untuk awal penggunaannya agar bisa menyimpannya. Mudah sekali bukan?.

Silahkan langsung Download Dragonbones melalui website resminya disini : Download Dragonbones.

Ringannya Bikin Klop

Di awal artikel ane sudah mengatakan bahwa ane sangat menyukai aplikasi ini karena bisa menggunakannya disaat darurat. Darurat yang ane maksud adalah ketika berada diluar, dalam kondisi tidak membawa PC pribadi, dan diharuskan untuk menggunakan PC lain yang belum terinstal apapun yang ane butuhkan. Sedangkan pekerjaan harus tetap dilakukan.

tampilan dragonbones
Tampilan Aplikasi Dragonbones

Dragonbones adalah penyelamat ane ketika dalam kondisi tersebut. Ukurannya yang kecil dan dapat diunduh langsung di website-nya : dragonbones.com membuat ane tidak ragu untuk mengunduh dan langsung memasangnya. Praktis dan gratis. (hehehe)

Tools + Fitur Yang Disediakan

Ada banyak fasilitas yang diberikan Dragonbones untuk penggunanya. Ini sangat membantu serta memudahkan pekerjaan para pengembang dan publisher di luar sana. Berikut adalah beberapa tools dan fitur dragonbones yang akan kamu temui di aplikasi ini.


Fitur Library Yang Jelas

Yups, lain halnya dengan aplikasi-aplikasi lain yang selalu menyimpan asset sprite animasi-nya di folder terpisah, Dragonbones akan memanjakan kamu dengan pembuatan folder otomatis. Ini tentunya untuk memastikan bahwa yang digunakan oleh para pengguna tidak menghilang tiba-tiba atau terhapus jika tidak ditempatkan di lokasi yang aman dan tersendiri.

library pada dragonbones
Contoh Penggunaan Library Pada Dragonbones

Library yang disediakan oleh Dragonbones terbagi menjadi library animasi dan gambar. Ini mirip seperti movie clip dan graphic di adobe animate atau flash. Keduanya dapat diedit lebih detail dengan masuk kedalam salah satu objek atau library-nya.

Timeline Lengkap

Walaupun gratis, menu timeline Dragonbones dapat ane bilang cukup detail. Bahkan fitur custom frame per-detik juga dapat ditemui disini. Kamu tidak perlu repot menebak-nebak seperti apa gerakan animasi kamu jika diterapkan pada kecepatan tertentu yang bisa diubah-ubah.

jendela timeline pada dragonbones
Contoh Keyframe pada Timeline Dragonbones

Timeline yang disajikan juga ada dua jenis. Timeline utama dan timeline didalam satu asset. Kamu bisa memasuki salah satunya untuk mengedit detail mana yang dibutuhkan.

Ragam Mode Kreasi

Dragonbones memiliki dua jenis projek animasi yang dapat kamu buat. Kamu bisa memilih Animation biasa, atau Motion Comic pada dragonbones. Yang mana keduanya sama-sama support dengan HTML5.


Untuk animator yang ingin membuat animasi berdurasi, atau hanya sekedar sprite untuk game, dapat menggunakan fitur animation pada dragonbones. Disana kamu akan menemui beberapa jenis animasi, mulai dari movie clip atau animasi biasa.

dua mode pada dragonbones
Dua Mode Proyek Pembuatan Animasi Dragonbones

Sedangkan untuk para kreator komik digital, bisa menggunakan project motion comic pada dragonbones. Kamu akan lebih mudah untuk memberikan efek animasi pada objek yang ada di dalam panel-panel komik digital kamu.

Armature Yang Ramah

Salah satu yang bikin ane betah menggunakan Dragonbones untuk animasi adalah karena tersedianya menu yang memungkinkan kamu berpindah-pindah ke mode gambar standar atau mode armature.

armature pada dragonbones
Contoh Menu Armature Dragonbones

Bukan hanya itu, tools yang tergolong mahal seperti mesh, akan dapat kamu temukan di Dragonbones. Mesh di Dragonbones dapat dikombinasikan dengan bone-nya secara langsung lho. Jadi kamu tidak perlu ribet untuk mengatur mesh dan bone dengan cara yang berbeda. Cukup gerakkan bone, dan mesh disekitarnya akan mengikuti.


Sekilas ane jadi teringat kemiripan fitur ini seperti mesh pada Blender 3D. Dimana kamu bisa menarik bone dan otomatis bagian tubuh karakter yang bersangkutan akan ikut bergerak. Dan ini semua bisa dinikmati secara gratis di animation engine 2D Dragonbones.


Hasil Output Dragonbones

Ada beragam pilihan file output yang bisa kamu dapatkan di Dragonbones.

Untuk para developer game, kamu bisa mengeluarkan sprite dengan format PNG atau JPEG untuk game asset kamu. Yang mana setiap frame akan otomatis dikompresi menjadi satu persatu file image yang dapat digunakan untuk keperluan animasi per-frame.

Sedangkan untuk kamu para pecinta invinity animation, bisa mendapatkan format gambar GIF yang bisa dugunakan untuk background tanpa perlu manual looping pada game, atau hanya sekedar dibagikan ke sosial media.

tab animation dragonbones
Tampilan Tab Animation Pada Dragonbones

Bukan hanya itu, kamu juga dapat membuat cuplikan video animasi dengan format MP4 maupun Avi. Walaupun tidak berbayar seperti adobe animate, Dragonbones cukup membantu para animator lowbudget untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Untuk kamu yang memang berkutat dibidang pengembangan aplikasi berbasis website, Dragonbones juga menyediakan format HTML5 agar memudahkan kamu untuk mengkombinasikannya dengan situs yang kamu buat.

Kesimpulan

Jadi, aplikasi dragonbones ini sangat ane rekomendasikan untuk kalian para animator yang tidak suka hal-hal ribet. Kemudahan dragonbones untuk animasi akan kamu dapatkan kapanpun dan dimanapun lho. Ane sendiri memberikan review dragonbones ini bukan karena endorse atau promosi, ya. Hanya merasa jatuh cinta sama aplikasi berukuran 31MB ini. (hehehe)

Apakah kamu tertarik untuk menggunakan dragonbones sebagai tools engine animasi kamu?. Atau mungkin kamu malah memiliki pengalaman yang berbeda dengan ane saat menggunakan aplikasi dragonbones?. Semoga bermanfaat.

©Liwato

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.