Langsung ke konten utama

7 Game Engine Gratis Paling Populer Untuk Pemula Hingga Pro

Hasil gambar untuk gta 5
Pada saat melakukan kegiatan game development, tentunya kalian akan mementingkan berbagai aspek terutama game engine yang digunakan. Ane sendiri terkadang merasa sangat jengkel ketika sedang dititipi project mentah game dengan software antah berantah yang kadang sangat asing.

Jikalau asing, mungkin bisa dipelajari. Namun apabila sudah merambah ke yang namanya ‘berat’, ‘lemot’ dan tidak kompatibel dengan perangkat, bisa jadi adalah temuan masalah tersendiri. Tidak cukup sampai disitu, terkadang ada embel-embel software ‘berbayar’ juga menjadi salah satu hal menjengkelkan yang kesekian untuk para developer.

Namun tenang saja, karena masih banyak sekali game engine gratis yang dapat digunakan untuk alternatif pembuatan game digital untuk kalian.


Berikut ini adalah game engine gratis untuk pemula yang dapat kalian gunakan untuk game development.

Namun sebelum itu, kalian harus memahami bahwa setiap game engine gratis akan memiliki masing-masing kekuatan dan kelemahan untuk proyek-proyek tertentu. Juga, masing-masing engine ini memiliki gaya dan pengguna tersendiri yang berbeda satu sama lain.

Seperti contohnya, Construct 2 yang memang ditujukan untuk pemula dan non-programmer, sedangkan Unreal Engine pada awalnya dibuat untuk game FPS profesional dengan keunggulan grafis menakjubkan. Kalian juga dapat membandingkannya dengan melihat game engine apa saja yang biasa digunakan oleh teman-teman kalian, dan manakah yang paling menonjol.

Sungguh, jika kalian semakin sering menggunakan, maka akan semakin meningkat pula kemampuan pengembangan game yang kalian kuasai.

GODOT

Hasil gambar untuk godot engine
situs : godotengine.org

Godot menjadi salah satu  solusi game engine gratis kalian untuk pengembangan game cross-platform maksimal. Ini adalah salah satu game engine paling populer untuk pengembangan game 2D dan juga dapat bekerja dengan 3D. Versi Godot 3.0 membawa pembaruan besar ke fitur 3D, dan dapat membawanya ke barisan dengan kecepatan maksimal dibandingkan dengan game engine modern lainnya, sambil tetap memberikan penggunanya fasilitas gratis.

Godot juga menawarkan 2D machine khusus yang bekerja dalam koordinat piksel dan membuat aktivitas pengembangan game 2D menjadi mudah. Dengan berbagai bahasa yang tersedia termasuk C ++, C #, dan GDScript (varian python), Godot mudah diprogram dan mudah dipelajari.


Bagian terbaik dari Godot adalah sistem scene dan sistem node. Ini membuat pengorganisasian game kalian akan mudah, dan juga lebih mempercepat pengembangan dan meningkatkan skalabilitas proyek yang sedang dikerjakan. Dengan tools animasi yang kuat dan editor skrip bawaan, jika kalian membuat game dengan Godot, akan mendapati pengembangan yang menyenangkan. Ini adalah game engine yang patut dicoba, terutama jika kalian menyukai proyek 2D.

DEFOLD

Hasil gambar untuk defold engine
situs : defold.com

Mencari game engine 2D gratis? Nah Defold mengemas semua yang kamu butuhkan untuk pengembangan menjadi satu tool. Software ini dipasarkan sebagai cara terbaik untuk membuat game para desainer web dan seluler. Disini kalian akan dibekali dengan kontrol versi bawaan dan fitur manajemen tim.

Dengan berfokus pada pengembangan game 2D, Defold dapat memberikan paket yang efisien dengan tools yang diarahkan khusus ke dunia 2D. Saat memulainya, kalian dapat dengan mudah menggunakan banyak tutorial rinci yang disediakan di editor, segera setelah instalasi.


Walaupun dapat memakan waktu beberapa jam, tetapi kalian akan dapat mempelajari semua dasar-dasar bagaimana cara membangun platformer dari awal, atau membuat efek paralaks pada background, atau apa pun yang kamu inginkan!

Defold menggunakan bahasa pemrograman Lua untuk scripting. Ini juga game engine gratis dan open source, sesuai dengan tujuannya yang memang ingin memberikan pengalaman pengembangan yang ringan dan gratis.

CONSTRUCT

Hasil gambar untuk construct game engine
situs : constructs.net

Construct dapat juga disebut sebagai mesin kecil yang cukup kuat yang dirancang khusus untuk game HTML5 berbasis 2D. Sedikit mirip dengan Flowlab, Construct 2 menggunakan antarmuka drag-and-drop WYSIWYG untuk pembuatan game.

Muncul dengan banyak plug-in, efek visual, dan sumber daya lainnya sehingga kalian dapat mulai membuat game langsung dari kotak, dan jujur, pembuatan judul platformer sederhana mungkin memakan waktu 2 jam, jika kalian sebelumnya sudah memiliki semua sumber daya yang telah siap.


Construct 2 menawarkan trial game engine gratis, dan jika kalian suka, kalian dapat membeli lisensi berjenjang meskipun tingkatan tersebut mungkin tampak sedikit membingungkan, karena begitu banyak yang ditawarkan di halaman toko mereka. Tetapi intinya adalah kalian tidak diizinkan untuk mendapatkan penghasilan dari lisensi gratis.

CORONA

Hasil gambar untuk corona game engine
situs : coronalabs.com

Ramah pemula dan menyenangkan untuk dipelajari, Corona benar-benar merupakan game engine gratis yang tanpa embel-embel biaya tersembunyi. Itu tentunya akan sangat menyenangkan, mengingat begitu banyak mesin game memang membutuhkan pembayaran untuk produk komersial.


Jika kalian ingin belajar tetapi tidak yakin harus mulai dari mana, dapatkan bantuan dari komunitas Corona yang terdiri lebih dari setengah juta pengembang lain. Mereka juga memiliki subreddit kecil namun bermanfaat yang dapat kalian telusuri.

Dalam banyak hal Corona lebih dari sekadar mesin permainan. Mereka menggabungkan pasar pengguna dengan layanan penerbitan dan mesin game yang semuanya digabung menjadi satu. Dengan berdasar bahwa pengembang dapat lebih fokus pada pembuatan game dan mengurangi kerumitan dalam mempromosikan dan menjual karya mereka.


Ditujukan untuk pemula dan pengembang seluler yang mencari game engine gratis, Corona menawarkan proses yang lebih linier dan lebih mudah dipelajari daripada yang dibutuhkan oleh IDE yang lebih besar. Mereka yang mencari jalan resistensi paling sedikit harus mempertimbangkan Corona, setidaknya jika kalian termasuk baru dalam dunia game dev.

UNITY

Hasil gambar untuk unity
situs : unity.com

Nah, yang satu ini adalah favorit ane. Karena disamping ini game engine gratis, juga kelengkapannya yang ting ting.

Jika kalian sedang mencari game engine yang menyediakan satu tempat untuk semua hal, Unity adalah salah satu software yang harus kalian coba. Disini, kalian akan menemui seperangkat tools yang spesifik tetapi dapat diakses dengan mudah, dan ini pulalah yang telah menjadikan Unity menjadi game engine paling populer.


Karena toolset lintas-platform yang mumpuni, Unity telah digunakan untuk membuat game-game hit seperti Pokemon Go, Hearthstone, dan Rimworld. Mungkin bagian terbaik dari Unity adalah komunitasnya yang sudah besar dan sekaligus menyediakan persediaan aset baru dan sumber belajar yang tidak terbatas.

Jika kamu memiliki waktu dan pengabdian untuk belajar Unity, masuklah kedalam komunitas, dan kamu akan mendapatkan pengalaman, sekaligus aset game gratis yang dapat langsung digunakan.

Berkat kemitraan dengan Microsoft, pengembang Unity juga memiliki opsi untuk menggunakan
Visual Studio sebagai editor skrip. Visual Studio menyediakan alat yang memfasilitasi penggunanya untuk melakukan peningkatan besar dibandingkan pengalaman asli Unity dan ini berguna jika kalian biasanya melakukan coding di MS Visual Studio.


Perhatikan bahwa sebenarnya Unity tidak 100% game engine yang gratis jika kalian ingin menghasilkan uang dari game yang telah dibuat. Karena kalian juga pasti akan ngiler dengan beragam plugin yang dapat dibeli di store mereka.

UNREAL

Hasil gambar untuk unreal
situs : unrealengine.com

Ini bisa dibilang dewa nya game engine gratis. Bagaimana tidak, karena ane mau tidak mau harus mengatakan bahwa Unreal Engine 4 benar-benar dedengkotnya game engine gratis.

Bahkan tahukah kalian, bahwa game besar Fortnite, GTA V, Player Unknown Battlegrounds, dan bahkan pilihan terakhir untuk Kingdom Hearts 3, Unreal Engine menawarkan semua yang kalian butuhkan untuk membuat game berkualitas tinggi yang memukau seperti barisan game tersebut.


Untuk merancang game AAA sungguhan, kalian mungkin memang membutuhkan tim yang besar. Tapi itu tidak berarti bahwa sebuah studio indie kecil tidak dapat masuk dan mulai mengerjakan sesuatu menggunakan ini. Kemampuan grafis Unreal menyaingi CryEngine, tetapi Unreal lebih halus dan ramah pengguna.

Scripting ditangani dalam C ++ sehingga kalian dapat mengambil manfaat dari beberapa latar belakang pemrograman. Tetapi dengan Blueprints, editor skrip berbasis node, pengembang Unreal dapat membuat behavior(perilaku) karakter tanpa menulis satu baris kode.

Epic telah menyediakan berbagai tutorial untuk membantu pemula merasa nyaman dengan Unreal, mereka juga menawarkan dukungan lintas platform untuk game 2D dan 3D. Seperti Unity, Unreal memiliki pasar aset sendiri di mana pengguna dapat menemukan model dan alat untuk digunakan dalam engine mereka sendiri.


Meskipun fitur konten berkualitas, pasar Unreal tidak sekuat toko aset Unity. Tapi jangan biarkan itu menghalangi kamu untuk mencobanya!.

Uniknya, jika kalian memutuskan untuk memilih Unreal, maka tidak menutup kemungkinan kalian akan terbiasa untuk kemudian menggunakan game engine lain.

CRYENGINE

Hasil gambar untuk cryengine
situs : CryEngine.com

CryEngine adalah game engine gratis 3D tangguh yang ditujukan untuk menghadirkan grafis canggih untuk konsol atau PC. Dengan dukungan VR yang solid dan efek visual canggih, CryEngine tentunya sangat menarik bagi pengembang yang ingin membuat game fotorealistik atau game modern pada platform seperti Steam.


Secara umum, game engine gratis satu ini bertujuan untuk konten berkualitas AAA dengan karakter yang sangat detail & super realistis. Seperti Unity dan Unreal 4, CryEngine menawarkan serangkaian alat untuk membuat pengembangan game lebih mudah.

Ini jelas layak untuk digunakan jika kalian serius tentang game development tingkat tinggi.

Sayangnya, CryEngine memiliki reputasi yang kurang tinggi karena sulit digunakan dan lebih sulit dipelajari daripada kebanyakan engine lain. Para pemula sayangnya harus tetap mempelajari game engine lain terlebih dahulu, untuk kemudian menggunakan CryEngine sebagai piliha berikutnya.

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan salah satu game engine gratis di atas?. Namun kalian juga patut mencatat bahwa walaupun semua game engine ini benar-benar gratis untuk digunakan, tetapi ketika menerbitkan game komersial yang memiki royalti, setidaknya kalian harus mempertimbangkan kembali untuk membeli ataupun memberikan sedikit royalty kepada para pengembangnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.