Langsung ke konten utama

Review Anime - Given (+Sinopsis +Spoiller) Shounen Ai Anti Receh


Bagi kalian yang alergi dan sensitif dengan anime bergenre Shounen Ai ataupun Yaoi, lebih baik ane sarankan untuk tidak meneruskan membaca artikel Review Anime Given ini. Namun jika kalian tidak memiliki masalah dengan dua genre tersebut, silahkan lanjut membaca.

Ditayangkan pada pertengahan 2019, anime berjudul Given ini merupakan salah satu anime yang ditunggu-tunggu penayangannya oleh para fujoshi yang haus akan asupan tontonan tahun ini. Diadaptasi dari manga berjudul sama karangan Natsuki Kizu pada 2013 lalu yang diterbitkan di majalah manga Chery+ (setau ane, ini magazine cewek, btw ). Dan pada 2019 askhirnya dijadikan serial anime dengan judul Given oleh Aniplex yang bekerja sama dengan studio animasi lain.


Anime ini memiliki 11 episode dengan genre Shounen Ai. Kenapa ane bukan menyebutnya yaoi? karena memang fokus pada anime ini adalah pengembangan karakter dan alur ceritanya. Setiap karakter dibangun citranya secara perlahan hingga memiliki kesinambungan dan kedalaman karakter yang berkaitan satu sama lain.

Baca Juga : Daftar Anime Genre Shounen Ai Terbaik

Ane akan membagikan Review Anime Given ini pada kalian disertai dengan spoiler. Jadi, jika kalian adalah penonton yang anti spoiler, ane sarankan untuk tidak membaca secara keseluruhan pada artikel ini.

Sinopsis Anime Given

Anime Given menceritakan sekelompok anak band yang terdiri dari empat orang. Mafuyu Sato (gitaris+vokal), Ritsuka Ueno (gitaris), Haruki Nakayama (Bassis) dan Akihiko Kaji (Drummer). Cerita berada disekeliling keempat karakter ini.
Tim Dari Band Given
Awalnya ban mereka hanya terdiri dari tiga orang dan merupakan band instrumental (tanpa vokalis). Hingga suatu kebetulan bahwa Ritsuka Ueno menemukan Mafuyu Sato yang ternyata memiliki suara emas. Pertemuan mereka terjadi secara tidak sengaja ketika Mafuyu yang memiliki karakter pendiam selalu membawa gitar ke sekolah padahal ia tidak bisa memainkannya. Ritsuka yang penasaran kemudian menyetujui dirinya untuk mengajari Mafuyu. Sayangnya, Mafuyu tidak terlalu bisa memahami nada dan cara memainkan gitar dengan cepat. Namun, perlahan tapi pasti akhirnya ia bisa memainkannya walau tak sebagus Ritsuka.


Dua teman Ritsuka, Haruki dan Akihiko sebenarnya merasa heran bagaimana bisa Ritsuka mau mengajari Mafuyu. Karena menurut mereka, Ritsuka adalah orang yang peduli setan dengan permintaan orang lain. Namun mereka akhirnya mengetahui bahwa suara Mafuyu lah yang berhasil memikat Ritsuka. Akhirnya, bertambahlah satu anggota lagi untuk grup band mereka.

Konflik mulai terjadi ketika Ritsuka menjadi bingung sendiri dengan perasaan aneh yang tiba-tiba muncul ketika berada di dekat Mafuyu. Ia tak mengerti hingga pada suatu kejadian, sebuah rumor lama mengenai Mafuyu terdengar di telinganya. Alasan mengapa Mafuyu selalu membawa gitar kemana-mana adalah karena ia merasa bersalah pada sahabat karib sekaligus kekasih cowoknya dimasa lalu yang bunuh diri, dan berpikir bahwa dialah penyebabnya. Apalagi ketika teman-teman band nya menyuruh Mafuyu membuat lirik lagu untuk konser pertama mereka, Mafuyu kesulitan karena ia ingin menyanyikan lirik mengenai kekasihnya di masa lalu.


Latar belakang Mafuyu menyanyikan lagu dengan latar belakang kisah asmaranya, membuat Ritsuka semakin tidak mengerti dan tidak tau harus berbuat apa. Ia semakin uring-uringan dan tidak bisa memahami perasaannya. Hingga akhirnya Akihiko dengan frontal menanyakan apakah ia jatuh cinta pada Mafuyu. Seperti bom yang meledak, Ritsu seakan tidak percaya dengan apa yang sebenarnya ia pikirkan. Namun untungnya Akihiko yang sudah berpengalaman dan lebih tua darinya membagikan pengalamannya dan menasehatinya.

Haruki & Akihiko in Anime Given


Romantis dan Manis

Jadi, poin umum pada anime bergenre Shounen Ai adalah karakter utama yang terlihat lemah dengan heroine yang maskulin namun kekanak-kanakan. Pasangan Haruki dan Akihiko bisa jadi menipu penonton dengan pembawaan maskulin pada keduanya, padahal  ujung-ujungnya Haruki ternyata memiliki sifat yang manis ketika berada bersama Akihiko.


Kalian juga akan disuguhkan latar belakang mengenai betapa bucin-nya Yuki (mantan Mafuyu) yang sangat mencintai Mafuyu lebih dari siapapun. Dan siap-siaplah merasa melankolis ketika melihat masa lalu mereka berdua di anime Given ini. 

mafuyu and uenoyama kiss

Apakah ini anime Cewek?

Entahlah, tapi kita bisa melihat berbagai pattern bunga yang muncul sesekali pada Anime Given. Dan nuansa yang dibangun juga cenderung lembut. Masalahnya, banyak juga anime shounen yang juga memberikan spot bunga-bunga dan lembut pada karakternya.
So, menurut kalian anime Given ini bisa dibilang anime Shounen atau Shoujo? Yuk diskusikan di kolom komentar. Sekian review anime given ini dari ane. Semoga bermanfaat.


Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena dia terlalu cinta dan bucin maksimal sama si mafuyu. Lagian dia juga udh depresi dan ketika ribut sama mafuyu, bikin dia tambah depresi. makanya akhirnya bundir deh. :(

      Hapus
  2. Anonim01 Mei

    Thanks ya rekomendasinya, butuh tontonan BL di situasi yg sedang terkurung ini :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. Semoga aja pandemi ini cepet selesai juga ;(

      Hapus
  3. mau nanya alasan yuki minum banyak alkohol itu kenapa sih? terus kenapa sato, hiiragi,shizusumi jadinya berantem?

    BalasHapus
    Balasan
    1. si yuki kesel sama hidupnya yang kacau. Nah, Hiiragi dan Shizusumi ini nyalahin sato karena udah biarin Yuki mati bunuh diri.

      Hapus
  4. kunjungi juga
    https://www.animelii.site/

    BalasHapus
  5. Ni anime endingnya sad apa happy ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. happy sih. tapi kisahnya bikin gantung

      Hapus
  6. Anonim11 Mei

    Bawaan gue ntn given pengen nangis..sedih..apalg lagu2nya..sll gue puter

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, enak banget ya musiknya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Diabolik Lovers [Anime Review+Sinopsis] - Harem Sama Vampir!

Bagi kamu penggemar Twilight, mungkin akan sedikit ingat betapa hebohnya persaingan antara Jacob dan Edward untuk mendapatkan hati Bella Swan. Namun, nyatanya di dunia anime konflik segitiga adalah hal yang langka, karena biasanya akan lebih banyak segi-segi yang ditampilkan alias overdosis pesaing. Bisa di bilang tema seperti ini adalah Harem versi cewek. Diabolik Lovers berasal dari era fangirl yang merespon histeris trailer yang penuh air mata, yang kemudian diadaptasi menjadi permainan otome (novel visual yang ditujukan untuk anak perempuan). Sebelumnya liwato memang belum pernah memberikan review anime harem cewek atau shoujo harem. Bukannya karena apa, namun memang dasarnya ane sendiri juga tidak terlalu berminat untuk menontonnya. (hehehe, rasis) Tapi demi artikel kali ini, tentunya ane harus adil dong memberikan review anime, manga, film dari beragam genre tanpa boleh rasis terhadap salah satunya. (modus) Mari kita mulai review anime Diabolik Lovers kali ini. Di