Langsung ke konten utama

Strawberry Panic - Review & Sinopsis [Yuri Paling Ruwet]

Yo, minna para fujo dan fudanshi!. Kali ini liwato akan membagikan review anime shoujo ai yang cukup dikenal oleh para sesepuh otaku. Anime ini ane temukan di bagian folder lawas hardisk ane.

review anime strawberry panicJudul anime ini adalah Strawberry Panic (ストロベリー・パニック). Karena ini adalah anime yang tergolong jadul, ane tidak akan heran jika kamu sudah menontonnya. Tapi kenapa ane masih ngotot ingin memberikan review ini?. Ya terserah dong, (hehehe).

Srawberry Panic telah menjadi legenda media Yuri bahkan hingga kini, yang sudah lebih dari satu dekade setelah pemutaran perdananya. Jadi, tidak akan rugi jika ane memberikan review ini, bahkan saat ini juga. Ya kan? (maksa amat).


Terdiri dari 36 episode, yang masing-masing berdurasi kurang dari 25 menit. Ditulis oleh Sakurako Kimino dan diterbitkan MediaWorks. Anime ini rilis pada Agustus 2006 yang mana pada saat itu ditayangkan di serial TV. (wew).

Baiklah, daripada lama-lama, sekarang mari kita bahas lebih dalam review Strawberry Panic kali ini.

Sinopsis

Aoi Nagisa (蒼井 渚砂), seorang gadis baik nan lugu dikisahkan pindah ke salah satu dari tiga sekolah Katolik khusus perempuan. Sekolah ini berafiliasi di Astraea Hill, Akademi St. Miator Girls. Suasana baru dan teman baru membuatnya mengalami beragam tragedy dan kisah cinta yang berbeda.

karakter strawberry panic
Para Karakter
Di sana, ia menemukan adanya komunitas kepemimpinan siswi yang terjalin dalam hierarki rumit, yang mana ada dua Etoile mewakili tiga sekolah. Etoile disini lebih mirip seperti ketua osis sih kalau menurut ane. Mereka yang mengatur segala kepentingan dan peraturan sekolah.



Untuk menyesuaikan diri, Nagisa harus belajar, bergabung dengan klub, dan sekaligus mencari teman baru. Sementara itu, Shizuma Hanazono (花園 静馬), satu-satunya Etoile dari Bukit Astraea, tertarik pada siswi pindahan yang baru dan imut ini. Ketika Shizuma dan Nagisa mengenal satu sama lain, Shizuma akhirnya mengungkap masa lalunya yang rumit dan dramatis.

Sudah…sudah… tidak usah kebanyakan sinopsis ya, nanti kamu kena spoiler.

Episode Maksimal

Langsung to the point saja, ane sangat bersyukur bahwa anime ini diberikan dua puluh enam episode. Jika umumnya kita menonton yuri hanya terdiri dari 12 episode, rasanya Strawberry Panic adalah anime Yuri dengan komposisi yang maksimal. Secara metodis menenun kisah kehidupan yang menarik di Strawberry Hall, asrama bersama untuk ketiga sekolah di Astraea Hill. Dan bumbu cinta antar cewek, tetunya.

Baca Juga : Yurikuma Arashi [Awas ada Beruang Yuri!]

Apabila kamu penasaran dengan bagaimana trailer dari Strawberry Panic, berikut adalah cuplikannya :


Fokus utama dari cerita berpusat di sekitar Nagisa, siswa pindahan baru yang menarik perhatian Shizuma, Etoile saat ini. Lebih mirip permainan kucing-dan-tikus kalau menurut ane. Hubungan mereka berkembang dan bermasalah disaat yang hampir sama berkali-kali. Yang paling menarik dalam anime ini bagi ane adalah ketika masa lalu Shizuma yang traumatis terungkap, hanya ada lapisan kedalaman ekstra di sana yang tidak dimiliki oleh hubungan pada karakter lain.

Penuh Romansa dan Drama

Hubungan antar karakter bisa dibilang super rumit dan membingungkan. Membuat penonton akan bertanya-tanya tentang siapa yang akan menjadi pasangan siapa. Saking rumitnya, sampai ane menemukan salah satu review yang memberikan map relasi antar karakter Strawberry Panic.

strawberry panic relationship
sudah berasa bingung?
Saking banyaknya yang demen sama si Nagisa, ane rasa, strawberry panic layak menjadi dikatakan sebagai adalah anime yuri harem. Namun berbeda dengan anime yuri harem seperti Valkirey Drive Mermaid yang penuh adegan sensual yang kasar, Strawberry Panic menyuguhkan ragam nuansa yang lembut dan feminin.

Baca Juga : Asagao To Kase-san [Shoujo Ai Lembut Yang Feminin]


Ini adalah anime jadul (2006), jadi sangat sulit untuk menilainya berdasarkan visual. Cara tata letaknya jika dibandingkan dengan anime modern memang agak membosankan, dan kamu akan kesulitan menemukan poin visual yang menarik. Warna sederhana dan sangat khas dari anime era jadul.

Visual memang boleh dinomor dua kan. Tapi apakah ada orang yang menonton anime ini peduli tentang semua itu? Ane kira tidak. Meskipun visualnya memang tidak terlihat hebat, ane pastikan kamu akan terpikat dengan kisah romansa dan dramanya. Ceritanya bisa dijadikan nomor satu di sini.

Pemilihan Audio

Mengingat temanya yang seperti ‘bangsawan-bangsawan’ (begitulah ane menyebutnya), wajar jika musiknya mewah, dengan dominasi tiupan angin lembut dan, tentu saja, piano yang selalu mengiringi scene yang ada.

Walaupun musiknya tidak terlalu ‘unik’ namun ane rasa musiknya sangat cocok untuk anime Strawberry Panic. Namun kamu akan disuguhkan keunikan OST ending dari anime ini yang disajikan dengan para penyanyinya secara live action. Wew!


Penyanyi dari ost ending ini adalah pasangan duo Mai Nakahara dan Ai Shimizu, yang membawakan lagu berjudul Himitsu Doll. Manis lah pokoknya.

Berikut adalah salah satu ost Strawberry Panic yang menjadi favorit ane :


Seperti yang selalu penonton inginkan dalam anime yuri dengan romansa, drama, karakter yang kuat, cerita yang menarik, dan banyak lagi, Strawberry Panic adalah salah satu yang terbaik dan paling cerdas yang pernah ditawarkan anime yuri. Tidak heran bahwa anime ini seakan menjadi legenda dalam dunia romansa yuri dan shoujo ai.

Bahkan hingga saat ini, ane rasa Strawberry Panis adalah anime yuri terbaik yang pernah ane tonton. Terserah apakah kamu masih baru dalam genre ini atau tidak, yang jelas, ini adalah anime yang harus kamu tonton.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.