Langsung ke konten utama

Apasih Genre HAREM Pada Anime? (Ciri-ciri dan Penjelasan LENGKAP!)

penjelasan genre hareem pada anime

Berbagai jenis genre anime yang bermacam-macam sering membuat penonton ragu mengenai genre asli dari sebuah anime ataupun manga. Tapi, untuk genre yang satu ini, ane yakin kalian pasti akan langsung memahami dan tau dari awal cerita dimulai.

Pengertian Genre Harem


Harem adalah sebuah genre yang cukup populer dan diminati oleh para penggemar. Kisah didalamnya berisi cinta segitiga, segilima bahkan tidak menutup kemungkinan segisepuluh antar karakternya.  Genre ini bukan hanya ditujukan untuk penonton cewek, tapi juga penonton cowok. Sering ditemukan sebagai genre utama yang digabung dengan genre lain seperti shoujo maupun shounen.


Rebutan Main Char

Harem ditandai dengan adanya banyak karakter pendukung yang tentunya aduhai sangat menarik hati. Terutama pada penontonnya. Biasanya pemeran utama adalah satu-satunya spesies (gender) yang berbeda dari lawan jenisnya. Ini menimbulkan adanya perebutan sang protagonis diantara para pemain lainnya. Kata lain adalah Poligami ekstreem dimana satu protagonis bisa memiliki lebih dari dua-tiga heroine.

genre harem pada anime dan penjelasannya

Serasa dunia milik sendiri ini namanya.   Pada genre ini, sepertinya sudah sangat di haramkan untuk masuknya karakter lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan cinta multi karakter ini. Jadi, kalian akan lebih sering melihat sang pemeran utama selalu menjadi perhatian utama bagi para heroine-nya.



Fokus pada Heroine

Biasanya,  para heroine akan ditampilkan lebih menarik dibandingkan dengan sang protagonis. Bahkan lebih parahnya, karakter terkesan dibuat dengan sifat maupun penampilan biasa-biasa saja dan cenderung tidak memiliki kemampuan apa-apa namun dikelilingi oleh para lawan jenis yang bertindak layaknya pacar yang super cantik maupun tampan. 
Pada genre harem, kesempurnaan para heroine tidak dibangun dan berhenti hanya pada tampilan fisik. Tak jarang para heroine ini akan menjadi pelindung, ajudan bahkan kacung bucin bagi sang protagonis. Nah loh?. Apasih yang nggak mungkin di dunia 2D? 

harem cewek pada anime

Tak jarang, hal ini menjadikan penggemar anime tersebut membayangkan menjadi karakter utama dan masuk ke dalam cerita. Ngayal tingkat dewa maksudnya . Dan ya, penonton seperti ini menjadi salah satu target marketing empuk untuk anime dengan genre ajaib ini.

Multi Orientasi Gender

Dulu, ane sempat mendengar sebuah statement bahwa genre hareem adalah genre yang ditujukan untuk cowok. Actually, BIG NO!.
Genre ini termasuk genre multi gender. Kalian bisa menemukan kolaborasi genre harem dengan genre lain semisal shounen, shoujo, bahkan sekelas ekstreem seperti yuri maupun yaoi. Sebagai contoh, kita bisa menemukan ciri-ciri harem yang tampak jelas tersamar pada anime Sin Nanatsu No Taizai yang notabene-nya adalah genre yuri.

harem yuri pada anime

Anehnya, jika kita tilik kombinasi genre harem dengan genre shoujo ai, shounen ai, yuri maupun yaoi, kita akan susah membedakan kecantikan maupun ketampanan antara sang protagonis dengan heroine. Konsep umum dari beberapa genre percintaan sesama jenis ini memang berfokus pada karakter utama. Dan ketika dikombinasikan dengan harem, maka yang terjadi adalah pemandangan indah sejauh mata memandang .

Hanya Untuk 18+ 

Ceritanya membingungkan. Penuh intrik perebutan cinta antar karakter. Sisipan nuansa ecchi juga tak luput dari genre harem. Dan ini tentunya akan membuat genre ini 100% tidak ramah sebagai tontonan keluarga.
Buat kalian yang masih dibawah usia 18 tahun, ane saranin untuk tidak sekalipun mendekati anime dengan genre ini. Dan bagi kalian yang sudah dewasa, usahakan untuk tidak berimajinasi terlalu jauh. Karena surga harem seperti di anime akan sangat jauh tidak masuk akal didunia nyata.

para tokoh heroine pada genre harem anime

Bagaimana? Sudah tahu tentang ciri-ciri anime genre harem ini?.
Apapun jenis tontonan kalian, tetap berusaha realistis dan bijak dalam menonton. Hiburan batasi saja hanya sebagai hiburan. Semoga bermanfaat. 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.