Langsung ke konten utama

Apasih Hikikomori ? Apa kamu salah satunya?

Yo hallo...!
Ane vakum beberapa bulan nih. Banyak tugas dan merenung di kamar, tanpa peduli sama dunia luar. Tersinari oleh cahaya monitor PC. Apakah ane jadi Hikikomori selama berbulan-bulan yang lalu?
Lalu, apa sih Hikikomori?. Makanan macam apa itu? Ataukah benda aneh yang turun dari bulan dan menghancurkan galaksi?. Wew, ngaconya kumat lagi :v

Jadi gini, mungkin dari kalian sering denger nih istilah dari manga, anime ataupun film. Hikikomori. Ini bukan makanan lho ya. Ini adalah istilah yang di gunakan untuk menyebutkan pribadi yang suka menyendiri di dunianya. Bukan kesurupan lho ya.

Jepang Merupakan negara maju terbesar di Asia. Tidak hanya maju secara ekonomi, tapi juga memiliki kemajuan di bidang teknologi, pendidikan, serta Informasi. Sayangnya itu semua di sampingi dengan kemunduran bidang sosial sebagai timbal balik kemajuannya. Tau sendiri kan, orang jepang lebih terkenal individualis dan idealis.


Bagi warga yang tidak bisa bertahan, mereka akan mengambil jalan pintas dengan bunuh diri.  Selain itu juga terdapat orang yang ahkirnya menarik diri dari Pergaulan, orang-orang tersebut dijuluki Hikikomori.

Para Hikikomori ini cenderung lebih sering di karenakan faktor keluarga, dimana banyak orang tua yang terlalu memanjakan anak mereka, kebanyakan orang tua di jepang sangat memfasilitasi anak-anak mereka terutama dalam bidang yang anak-anak mereka sukai, mungkin ini di karenakan jumlah anak yang di miliki jepang itu sedikit sekali. Faktor lain yang sering menjadi pemicu terjadinya hikikomori adalah game jepang yang aduhai menggoda iman untuk berlama-lama memainkannya. Tak menutup kemungkinan faktor lingkungan, pekerjaan dan masa lalu juga bisa mempengaruhi seeorang menjadi hikikomori.


Kebanyakan orang akan menganggap hikikomori itu sama dengan otaku. Padahal sebenarnya berbeda. Otaku memiliki minat atau hobi yang berlebihan sehingga mereka mengabaikan kegiatan yang lain, tapi mereka masih berinteraksi dengan keluarga atau teman di dunia nyata. Namun semua hikikomori itu otaku, karena pelarian dari beban mereka adalah dengan memfokuskan diri pada hal yang mereka sukai agar mereka tidak teringat akan sakitnya pergaulan sosial itu.

Jadi, apa yang di lakukan para  hikikomori?
Tidak ada hal yang terlalu berat yang mereka lakukan. Hanya berdiam diri di kamar mereka. Menunggu makanan dari orang tua dan melakukan aktifitas sesuai minat mereka. Membaca manga, menonton anime, bergulat dengan dunia maya, dan hal-hal ringan lainnya. Sepanjang hari sepanjang waktu. Lalu, bagaimana dengan keuangan mereka?. Kebanyakan dari mereka mendapat uang jajan dari orang tua dan inang mereka. Tak jarang beberapa dari mereka ada juga yang memaksa untuk di belikan sesuatu.

Kalau makan di kamar, tidak mau berkumpul dengan orang luar mungkin itu masih sedikit hal yang di lakukan para hikikomori. Bahkan yang lebih parah, ada dari mereka yang tak mau keluar sedikitpun. Walaupun hanya sekedar buang air atau mandi. Mereka lebih memilih menyimpannya dalam botol dan memilih untuk tidak pergi kemanapun.

Walau para hikikomori tidak memiliki teman di dunia nyata tapi mereka memiliki jaringan para hikikomori didunia maya. Kegiatannya? tentu saja berbagi informasi tentang game yang baru release, atau ada anime baru, atau tentang artis cantik yang menjadi idola remaja. dan mereka berinteraksi tanpa pernah bertemu satu sama lain.

Efek dari hikikomori itu sendiri juga sangat merugikan para pelakunya. Ketakutan terhadap dunia luar akan memperburuk pekerjaan mereka di masa depan. Kurang percaya diri dan menjadi parasit di keluarga juga cukup berbahaya. Kebayang kan, kalau inang mereka sudah tiada?. Mereka bakalan bergantung pada siapa lagi?

Mungkin Fenomena ini belum banyak ada di Indonesia, mungkin di karenakan di sini orang yang terkenal kuper dan tak mau keluar bakalan di marahi oleh orang tua.


Dulu emak ane kalau ane kelamaan di rumah juga bakalan di suruh main. Padahal tetap saja sih, ane juga ujung-ujungnya main di wifi corner. :v.  Kalau sekarang ane udah jadi anak kost. Mau lama-lama di dalam kamar kostpun nggak masalah. Ane bukan hikikomori lho ya! :v

Namun kita perlu mewaspadai generasi hikikomori mulai dari sekarang. Menjaga hubungan baik di lingkungan sosial dan keluarga bisa jadi salah satu solusi untuk mencegahnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.