Langsung ke konten utama

Mengenal Apa Itu Genre SHOUJO AI Pada Manga dan Anime Jepang

apa itu genre shoujo ai anime

Ketika kamu sedang menonton anime, ada banyak istilah dan jargon yang membingungkan yang sering dilontarkan para karakter. Ada banyak kata-kata asing yang mungkin membuat sebagian penggemar baru tidak paham maksud dan artinya. Jika kamu suka dengan salah satu genre atau tipe cerita tertentu, kamu perlu mengetahui apa saja istilah dari genre-genre manga yang kamu baca, anime yang kamu tonton, atau bahkan game yang kamu mainkan.

Jadi kali ini Liwato akan memberikan tambahan terbaru ke Kamus Otaku kamu untuk membantu mempermudah para penggemar mengetahui istilah ini. Kali ini kita akan membahas tentang : apa sih genre Shoujo Ai pada anime dan manga Jepang?. Yuk kita mulai.


Pertanyaan Seputar Shoujo Ai

Jadi mengapa anime dapat disebut anime shoujo-ai? Apa yang membuatnya shoujo-ai. Ini tentunya dua kata yang berbeda dari istilah Shoujo. Karena genre Shoujo sendiri memang ada, tanpa embel-embel Ai. Kapan kita menggunakan istilah shoujo-ai? Dan apa yang bisa kamu dapatkan dari anime dan manga yang terdaftar sebagai shoujo-ai? Jika kamu ingin tahu persis mengapa anime dapat diklasifikasikan sebagai shoujo-ai, teruslah membaca! Liwato akan menjawab semua pertanyaan ini.

mengenal genre shoujo ai

Shoujo Ai Adalah ...

Pada dasarnya, ini adalah salah satu genre anime yang memiliki kisah cinta antar karakternya. Namun shoujo ai lebih mengutamakan antara dua gadis sebagai titik fokus. Bahkan mungkin ada hubungan heteroseksual lain di samping cerita utama, tetapi hubungan yang dikembangkan harus fokus dengan dua wanita.


Perbedaan Yuri dan Shoujo Ai

Kamu mungkin juga tahu istilah yuri, yang juga mengacu pada hubungan antara dua gadis. Namun, yuri sangat jauh kadarnya jika dibandingkan dengan Shoujo Ai, karena di dalam yuri lebih banyak ditampilkan seks atau ketelanjangan yang sebenarnya. (No sensor-sensor)

citrus anime shoujo ai

Penting bagi sebuah anime yang digolongkan sebagai anime shoujo-ai untuk tidak memasukkan komponen seks di layar. Anime Shoujo-ai memang masih bisa memunculkan keseksian, tetapi tidak lebih mencuri perhatian dibandingkan dengan ceritanya. Kebanyakan rumah produksi yang merilis genre ini, umumnya akan membuat karakter mereka menjadi manis dan hanya manis. (kelembutan adalah yang utama pada genre ini)

Anime Shoujo Ai Bertema Sekolah

anime shoujo ai sekolah strawberry panicBanyak anime shoujo-ai dibuat dalam suasana sekolah, menceritakan kisah cinta antara dua siswa yang baru pertama kali menemukan perasaan cinta di hati mereka. Ini mungkin terdengar sebagai kisah klasik yang umum muncu dalam genre Shoujo. Namun dalam Shoujo Ai akan berbeda penokohan.

Strawberry Panic adalah salah satu judul shoujo-ai paling terkenal yang menggunakan formula ini. Terletak di sekolah khusus perempuan, sekolah ini menghilangkan karakter laki-laki sama sekali. Mungkin sebuah pilihan cerdas, karena tidak akan ada yang menghalangi perkembangan hubungan antar cewek di dalamnya. Kisah cinta Strawberry Panic terjadi secara perlahan, mengeksplorasi asmara Aoi dan Shizuma yang berkembang seiring waktu dan mereka saling mengenal. Ini menunjukkan ide dasar untuk shoujo-ai tidak harus rumit untuk menjadi baik.


Harus Selalu Romantis Dan Manis

Elemen paling penting dari shoujo-ai apa pun judul animenya adalah romansa! Kalau tidak, itu hanya akan menjadi anime persahabatan, yang sudah ada banyak di luar sana. Jadi untuk digolongkan sebagai shoujo-ai, gadis-gadis di dalamnya harus mengembangkan sesuatu yang lebih dari persahabatan.
anime shoujo ai sekolah asagao to kase san

Yang paling ringan dan baru adalah anime Shoujo Ai berjudul Asagao To Kase-san. Alur cerita tidak dibuat rumit, dan cukup sederhana. Namun tetap mempertunjukkan manisnya hubungan antar karakter yang simpel.


Dalam beberapa shoujo-ai, ini mungkin terjadi sangat lambat dan hubungan diantara mereka adalah fokus utama dari cerita. Persahabatan juga dapat terjadi dengan sangat cepat, dan beberapa kreator lebih mengeksplorasi romansa mereka.

Either way, kisah cinta adalah kunci untuk anime menjadi shoujo-ai, dan semakin baik romansa maka anime akan cenderung semakin baik.

anime shoujo ai yagate kimi ni naruYagate Kimi Ni Naru adalah shoujo-ai terbaru yang berhasil menjadi buah bibir penggemar genre ini, Melompat ke peringkat teratas trending dalam waktu kurang dari setahun. Ini dikarenakan alasan yang bagus mengenai anime ini, yaitu romansa antara Yuu dan Nanami yang benar-benar dikembangkan secara indah.

Yagate Kimi Ni Naru menunjukkan kepada pemirsa latar belakang Yuu sebagai cewek romantis yang putus asa tetapi tidak tertarik pada pria, dan akhirnya menemukan Nanami dalam hidupnya, menunjukkan bagaimana hubungan mereka bermula, dan kemudian mengeksplorasi apa yang terjadi di antara mereka.

Anime ini menceritakan kisah lengkap yang membuat Kamu benar-benar mengenal karakter dan cinta mereka, dan menontonnya dengan penuh minat. Bukan hanya itu, grafis animasinya juga memanjakan mata. Yagate Kimi Ni Naru adalah contoh yang bagus dari apa yang biasanya umum disebut shoujo-ai, dan bagaimana genre ini bisa menjadi genre yang hebat.

Kadang Ceritanya Menjadi Berat

Sama seperti kisah asmara lainnya, begitu kamu mendapatkan pesan paling dasarnya, kamu dapat menikmatinya dan menciptakan pendapat yang orisinal mengenai yang kamu tonton.

Sementara banyak shoujo-ai tetap menjadi sepotong kehidupan romansa yang sering terjadi di sekolah, tak sedikit juga shoujo ai yang mengambil tema yang sama sekali berbeda. Dan anime-anime shoujo dengan tema ini juga tak kalah banyak dengan romansa sekolah!.

happy sugar life anime shoujo ai psikopat

Dalam kasus ekstreem seperti anime Happy Sugar Life, yang mengutamakan rasa cinta secara berlebihan karaketer Sato terhadap tokoh anak-anak bernama Shio. Anime ini malah cenderung mengarah pada lolicon dan psikopat. Namun walaupun sedikit gore, kamu tidak akan menemui visualisasi seksual disini.


Intinya tetap sama. Kisah cinta yang terjadi antara dua wanita, tumbuh dan berkembang menjadi semacam hubungan, dan menjaga semuanya tetap bersih secara visual. (buang jauh-jauh ecchi, karena ini bukan Yuri!)

Tapi yang unik adalah, ketika shoujo ai menggunakan sesuatu yang bukan hanya kehidupan sekolah. Cerita akan menjadi liar tentunya!.

Karena cerita yang berat, beberapa anime malah tidak terdengar seperti romansa, dan itu karena itu bukan hanya kisah cinta yang digunakan oleh kreatornya. Seperti contohnya Mnemosyne yang menambahkan aksi sci-fi. Secara mengejutkan, disini juga memiliki kisah cinta dalam cerita yang lebih besar. Banyak anime melakukan ini, tetapi biasanya, ini adalah kisah cinta heteroseksual. Mnemosyne: Mnemosyne Musume-tachi tidak, ini dapat dilihat karena karakter Rin juga mengembangkan hubungan dengan gadis lain.

anime shoujo ai mnemosyne

Jadi meskipun Mnemosyne: Mnemosyne Musume-tachi bukan hanya anime roman, itu masih shoujo-ai karena kisah cinta antara dua gadis di dalamnya masih cukup penting untuk dilihat. Ini juga cukup penting untuk membatasi seberapa jauh hubungan yang terjadi antar karakter bisa terjadi di layar tanpa menunjukkan seks yang sebenarnya, sementara masih cukup memuaskan penonton dengan visualisasi yang seksi.

Kesimpulan

Singkatnya, anime shoujo-ai adalah romansa antara dua gadis, tetapi setidaknya tidak akan ada menunjukkan visualisasi seks di layar kamu. Biasanya, ini adalah hubungan yang murni antara perempuan, dan kadang-kadang hanya persahabatan yang sangat kuat yang dapat dibaca sebagai sesuatu yang lebih.

anime yuru-yuri

Jadi, apakah sekarang kamu sudah belajar lebih banyak tentang anime shoujo-ai?. Ane harap sekarang kamu sudah mengerti dan tidak akan bingung ketika mendapati genre ini terpampang di list anime tontonan kamu.

Tertarik membaca manga atau menonton anime shoujo-ai? Apakah kamu mempelajari sesuatu yang baru dari artikel liwato kali ini? Atau mungkin masih ada yang ingin kamu tanyakan?. Mari diskusikan di komentar.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Diabolik Lovers [Anime Review+Sinopsis] - Harem Sama Vampir!

Bagi kamu penggemar Twilight, mungkin akan sedikit ingat betapa hebohnya persaingan antara Jacob dan Edward untuk mendapatkan hati Bella Swan. Namun, nyatanya di dunia anime konflik segitiga adalah hal yang langka, karena biasanya akan lebih banyak segi-segi yang ditampilkan alias overdosis pesaing. Bisa di bilang tema seperti ini adalah Harem versi cewek. Diabolik Lovers berasal dari era fangirl yang merespon histeris trailer yang penuh air mata, yang kemudian diadaptasi menjadi permainan otome (novel visual yang ditujukan untuk anak perempuan). Sebelumnya liwato memang belum pernah memberikan review anime harem cewek atau shoujo harem. Bukannya karena apa, namun memang dasarnya ane sendiri juga tidak terlalu berminat untuk menontonnya. (hehehe, rasis) Tapi demi artikel kali ini, tentunya ane harus adil dong memberikan review anime, manga, film dari beragam genre tanpa boleh rasis terhadap salah satunya. (modus) Mari kita mulai review anime Diabolik Lovers kali ini. Di