Langsung ke konten utama

Review Anime - Mahou Shoujo Madoka Magica

review anime mahou shoujo madoka magica

Bagi para otaku senior mungkin akan mengingat bahwa tahun 2011 memang awal-awalnya era style visual anime yang rata-rata wajahnya ‘bulat’ dan chubby. Begitu pula anime yang baru sempat liwato review kali ini, berjudul Mahou Shoujo Madoka★Magica.

Icon bintang didalam judulnya cukup menggemaskan bukan?. Begitu pula animenya lho. Yuk kita bahas review anime ini di artikel liwato kali ini.


Mahou Shoujo Madoka★Magica adalah anime yang dirilis pada awal tahun 2011. Studio Shaft adalah rumah produksi yang menciptakan serial ini. Jika kita melihat kesuksesan Shaft dalam memproduksi anime populer semacam Arakawa Under The Bridge dan Nisekoi, sudah dapat dipastikan kamu akan puas dengan hasil kerja mereka.

Anime ini menggunakan genre Drama, Thriller, Psikologi, berbumbu Shoujo Ai dan tentunya Magis. Bisa dilihat dari judul aslinya 魔法少女まどか★マギカ yang jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia menjadi Cewek Penyihir Madoka★Magis.

Sinopsis Anime Mahou Shoujo Madoka★Magica

Madoka Kaname dan Sayaka Miki adalah gadis sekolah menengah biasa dengan kehidupan biasa. Namun semua itu berubah ketika mereka bertemu Kyuubey, seorang familiar ajaib seperti kucing, dan Homura Akemi, siswi pindahan baru.

Kyuubey menawarkan mereka proposisi: dia akan mengabulkan salah satu dari keinginan mereka dan sebagai gantinya, mereka masing-masing akan menjadi gadis penyihir, mendapatkan kekuatan yang cukup untuk memenuhi impian mereka.



Namun, Homura Akemi yang asli seorang gadis penyihir, menyarankan mereka untuk tidak menerima tawaran itu, menyatakan bahwa semuanya tidak seperti yang mereka bayangkan.

pertarungan mahou shoujo madoka
senyum mematikan

Tak ayal, rupanya Madokan benar-benar berurusan dengan kesulitan menjadi gadis penyihir. Dan harga yang harus dibayar untuk membuat mimpi menjadi kenyataan sungguh tidak terduga.

Review Mahou Shoujo Madoka★Magica

Jadi begini, sebelum masuk ke pembahasan review yang lebih dalam, izinkan ane untuk mengutip sebuah fakta dari sumber terpercaya dibidang per-anime an, yaitu myanimelist.net yang memberikan info bahwa ternyata :


Mahou Shoujo Madoka ★ Magica selama ini telah menerima pujian kritis yang sangat luas. Yang mana menyabet ragam kritik pada penulisan, visual dan soundtrack serialnya, serta inovasinya terhadap subgenre gadis penyihir. Bukan hanya itu, anime ini telah mendapatkan kesuksesan komersial yang mana setiap volume BD telah terjual lebih dari 50.000 kopi.

pertarungan mahou shoujo madoka
senggol bacok

Serial ini juga memenangkan beberapa penghargaan di Jepang, seperti Penghargaan Televisi di 16th Animation Kobe Awards, serta 12 Newtype Anime Awards dan Grand Prize untuk kategori animasi dalam penghargaan Japan Media Arts 2011. Pada 2015, anime ini juga dianugerahi Grand Prix Jepang Sugoi perdana, yang mana merupakan pemilihan nasional Jepang untuk manga, anime, dan novel yang dianggap sebagai ASET BUDAYA yang memiliki potensi untuk dicintai di seluruh dunia, di antara semua karya yang diterbitkan sejak 2005. (wowowowowo!)


Baca Juga : Doukyuusei Sajikan Kisah Cinta Ringan Ala Cowok SMA

Hebat sekali bukan?. Tentunya ini bukanlah kesuksesan dan kekaguman yang tanpa alasan. Karena setiap penonton serial ini dapat dipastikan akan langsung jatuh cinta. Banyak hal-hal baik dan positif yang dapat kita ambil untuk bahan pujian pada anime ini.

Pengolahan Cerita

Serial anime ini, uniknya tidak mengikuti prosedur khas yang digunakan serial gadis penyihir, misalkan kematian, tragedi, keputusasaan, dan konflik yang menjadi alasan mendasar jalannya cerita. Namun semuanya diramu dan didatangkan secara bersama dengan kombinasi yang sangat baik.

Semua plot diputar seperti oreo, sebanyak apapun tetap terlihat menggiurkan dan sangat bagus. Berterimakasihlah kepada Gen Urobuchi, sang penulis naskah atas kesempurnaan ceritanya.


Ada ragam topik rumit yang diperkenalkan seperti perjalanan waktu, dunia paralel, dan termodinamika yang dimasukkan kedalam alur cerita secara bersamaan. Karena kerumitan plot yang ada, ane sarankan untuk menonton Mahou Shoujo Madoka ★ Magica lebih dari satu kali. Ini akan memberi kamu rasa ‘pasti’ dan menghilangkan keraguan saat menonton.

Baca Juga : Aku No Hana - Kecintaan dan Kekaguman Berujung Kegilaan

Ini dikarenakan adanya penekanan kuat pada cerita daripada hanya tampilan beberapa perkelahian murah antara gadis-gadis penyihir. Kita tidak bisa menyamakan anime ini dengan banyak anime gadis penyihir lainnya, karena ceritanya benar-benar emosional, dan kamu akan terpikat pada karakter yang ada.

Kita mungkin umumnya akan mendapatkan pengisi cerita yang terdiri dari potongan-potongan kecil kehidupan yang lucu dan ringan, tetapi kita tidak akan menemukan yang seperti itu di sini. Madoka Magica berusaha sekuat tenaga untuk berkompromi dalam plot dan konsistensi alur cerita. Ditengah tren gadis penyihir murahan, ini adalah anime ajaib yang dicita-citakan oleh banyak orang.

Shoujo Ai Yang Lebih Dalam

Ane tidak akan memberi tahu kamu bahwa disini kamu akan mendapati adegan shoujo ai secara langsung. Walaupun pembawaan dari dua karakter ‘pairing’ mirip dengan anime lain, namun hubungan pasangan utama di sini jauh lebih dalam daripada apa yang sering temukan di sebagian besar anime dengan genre yang sama.

madoka & Homura
peluk-peluk berhadiah

Jadi, tidak seperti pasangan lain, Madoka dan Homura tidak mencium atau melakukan hal yang aneh-aneh. Mereka tidak secara eksplisit mengatakan mereka saling mencintai, mereka tidak berpegangan tangan, mereka tidak bermesraan ketika berada di sekitar satu sama lain, namun terlepas dari semua itu, mereka MASIH menjadi salah satu pasangan yuri terbaik sepanjang masa.

Bagaimana bisa begitu?

Ini bukan tentang apa yang mereka katakan, ini tentang apa yang mereka lakukan, dan semua yang mereka lakukan adalah menempatkan diri mereka di dalam bahaya untuk melindungi satu sama lain. Lebih intens dari hanya sekedar ucapan. Mereka memberikan kita sajian rasa sayang yang lebih daripada itu.

Suasana Dan Pembawaan

Secara visual, Madoka Magica mempertahankan gaya yang sama dengan sesama anime Shaft yakni Hidamari Sketch. Para karakternya memiliki wajah lebar dan bersudut yang sama-sama lucu dan unik. Ini sangat menarik dan menggemaskan.


Tetapi hal yang paling menonjol ketika berbicara tentang visualisasi anime ini adalah gaya seni yang dibuat selama pertempuran dengan para penyihir. Dibandingkan dengan beberapa anime gadis penyihir lainnya, ane tidak akan mengatakan bahwa disini ada banyak pertempuran, tetapi saat pertempuran itu terjadi di Madoka Magica, setiap aksinya terasa seperti peristiwa besar. Alasan paling masuk akalnya adalah karena setiap visualisasi lanskapnya dibuat surealis, dan tetap mempertahankan beberapa citra paling menarik secara visual dalam sejarah anime. Keren, indah dan mengerikan.

grafis pada mahou shoujo madoka magica
artistik banget kan?

Di banyak anime lain, mungkin kita sering memperhatikan betapa hebohnya musik yang disajikan ketika memperlihatkan ledakan, pertarungan, atau hal-hal semacam keributan lainnya. Di anime Mahou Shoujo Madoka ★ Magica kita akan mendapati bahwa semua backsound yang digunakan, sangat memanjakan telinga. Bahkan untuk suara-suara paling lembut sekalipun.

Baca Juga : Anime Shiki Sajikan Citra Visual Surealis Yang Mengerikan

Akting suara dari para seiyuu senior dan tata letak suara pendukung lain juga luar biasa. Belum lagi kombinasi dengan musiknya. Jika horor akan menakutkan, jika konflik akan menegangkan, dan jika manis akan menggemaskan, yang mana ini adalah pengalaman suara yang fantastis untuk dinikmati pada setiap menitnya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Mahou Shoujo Madoka ★ Magica dapat ane masukkan dalam salah satu daftar top shoujo Ai favorit pribadi ane. Ini mengingat betapa kompleks dan bagusnya anime ini dibuat. Bukan hanya dari segi keimutan karakternya, namun juga dari segi ceritanya. Bagaimanapun, anime ini benar-benar mengubah cara orang melihat anime gadis penyihir.


Dengan tegas ane akan menyatakan bahwa siapapun kamu, baik penggemar yuri ataupun tidak, wajib menonton Mahou Shoujo Madoka ★ Magica!.

Berikut adalah salah satu video trailler fanmade yang ane dapatkan dari channel AniplexUS youtube :


Semoga review anime kali ini bermanfaat, dan memberimu cukup informasi. Sekian dari liwato, dan kita akan membahas review anime lainnya di postingan selanjutnya.



Komentar

  1. Best lah pokoknya. Walaupun anime jadul

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.