Langsung ke konten utama

Ternyata! Ini Efek Samping Dari Madu! – Kamu Wajib Tahu!

Umumnya kita mengetahui bahwa kandungan yang ada dalammadu menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan. Madu mengandung antioksidan dan mineral yang tak kalah penting lainnya. Bahkan, pada beberapa kondisi tertentu, sudah sangat umum diketahui bahwa madu dapat dipasarkan ke masyarakat sebagai alternatif makanan yang sehat untuk pengganti gula.


Namun tak bisa dipungkiri bahwa belakangan ini, ada beragam pendapat tentang madu. Dibalik banyak orang yang mendukung dan menganggap madu bergizi, para kritikus justru merasa sebaliknya. Madu ternyata dapat menyebabkan alergi, botulisme pada bayi, penambahan berat badan tidak terduga, dan meningkatkan kadar gula darah. (wew!)

Jadi sebenarnya bolehkah kita terus menambahkan madu ke sajian roti panggang untuk sarapan atau haruskah kita berpikir dua kali sebelum melakukan hal itu? Baca terus artikel liwato kali ini untuk mencari tahu. Apa efek samping madu sebenarnya?

Dapat Menyebabkan Masalah Berat Badan

Faktanya, hanya dengan satu sendok makan madu (21 gram) sudah mengandung 64 kalori. Ini termasuk kalori yang relatif tinggi. Walaupun mungkin tidak terlihat banyak, apabila mengkonsumsi sejumlah sendok makan madu setiap hari untuk waktu yang lama dapat menambah kalori kamu lho.

Madu sebenarnya masih termasuk kedalam gula tambahan. Benda lengket ini memang dapat menjadi pengganti gula yang ditambahkan ke makanan dan minuman lain. Baik kalian mau mengolahnya terlebih dahulu maupun dijadikan pemanis saja. Asupan gula tambahan yang terlalu tinggi ini tentunya secara umum sudah sering dikaitkan dengan penambahan berat badan. Pengurangan asupan gula tambahan secara langsung akan berkaitan dengan kenaikan berat badan yang lebih rendah. Menurut WHO, penting untuk menjaga asupan gula harian hanya di bawah 10% dari total kalori yang dikonsumsi.

Dapat Menyebabkan Alergi

Meskipun alergi madu jarang terjadi, peningkatan asupan makanan yang mengandung madu sebagai bahan utama dapat menempatkan seseorang pada risiko langka ini.

Orang yang alergi terhadap serbuk sari tanaman rupanya bisa juga alergi terhadap madu. Alergi madu dapat menyebabkan anafilaksis, dan dalam beberapa kasus dapat menempatkan konsumennya pada kondisi yang berpotensi mengancam jiwa. Kondisi berbahaya ini akan dapat ditandai munculnya dengan ruam kulit, pembengkakan pada wajah, mual, muntah, dan syok mendadak.

Alergi ini diyakini disebabkan oleh propolis, dimana ini adalah zat yang digunakan oleh lebah saat membangun sarang lebah mereka. Propolis adalah alergen kontak.


Dapat Menyebabkan Botulisme Bayi

Botulisme bayi dapat terjadi karena bayi secara tidak sengaja menelan spora bakteri yang menghasilkan racun di dalam tubuh. Ini dapat terjadi karena adanya botulinum C yang terkandung dalam madu, yang merupakan strain bakteri.

Penelitian sendiri telah merekomendasikan untuk tidak memberikan madu kepada anak bayi yang berumur kurang dari satu tahun. Meskipun sebagian besar kasus botulisme pada bayi tidak dapat dicegah (karena bakteri terkait juga terdapat dalam debu dan tanah), mereka juga tidak berbahaya.

Hanya ketika spora bakteri tersebut menghasilkan racun dalam sistem pencernaan bayi, maka masalah ini dapat timbul. Ini lebih mungkin terjadi disebabkan oleh madu. Oleh karena itu, bayi di bawah usia 1 tahun harus dijauhkan dari segala dan semua produk / suplemen yang mengandung madu (bahkan dalam jumlah sedikit).

Botulisme pada bayi juga dapat menyebabkan gangguan pada fungsi motorik dan juga otonom bayi. Gejala-gejala ini mungkin termasuk konstipasi, kelemahan, kelopak mata mengendur, kehilangan ekspresi wajah dan kontrol pada kepala, tangisan lemah, dan bahkan sesak napas.

Jadi, mulai sekarang harus lebih berhati-hati dalam memberikan makanan manis untuk bayi ya!

Dapat Meningkatkan Kadar Gula Darah

Meskipun yang kita tahu madu bisa menjadi alternatif yang lebih baik daripada gula pasir, madu juga ternyata tetap mengandung gula lho. Studi mengenai ini, menyatakan bahwa penderita diabetes sebenarnya harus mengkonsumsi madu dengan hati-hati.

Asupan madu dalam jangka panjang dapat lebih meningkatkan kadar hemoglobin A1C (hemoglobin yang terikat dengan glukosa) yang ada dalam darah. Kadar hemoglobin A1C yang tinggi ini dapat berarti risiko diabetes yang lebih tinggi juga.


Madu mungkin memiliki efek manis yang mirip dengan gula pada umumnya dan sirup jagung fruktosa tinggi (aditif yang berbahaya). Dalam sebuah penelitian, ketiga bahan itu dapat meningkatkan kadar trigliserida dan mengganggu respons glukosa dengan cara yang juga sama.

Namun, Ternyata Ada Penelitian Yang Menyatakan Efek anti-diabetes dari Madu.

Madu mungkin tidak berbahaya bagi penderita diabetes. Dan dapat memiliki efek menguntungkan tertentu bagi penderitanya juga. Tetapi jika kalian berurusan dengan komplikasi diabetes, lebih baik berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memasukkan madu ke dalam menu diet.


Dapat Menyebabkan Diare

Madu dapat menyebabkan diare. Ini mengandung fruktosa lebih dari glukosa. Hal ini dapat membuat tubuh kita secara tidak sengaja malah menyerap fruktosa dengan tidak lengkap di dalam tubuh, dan berpotensi menyebabkan diare.

Dapat Menyebabkan Keracunan Makanan

Madu secara alami juga sebenarnya telah mengandung mikroba. Dimana di dalamnya sudah termasuk bakteri, ragi, dan jamur, yang mana berasal dari debu, udara, kotoran, dan juga serbuk sari. Namun karena madu secara alami memiliki sifat antimikroba, mikroba ini biasanya tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan.

Namun, ada kemungkinan juga bahwa madu dapat secara langsung maupun tidak langsung membawa kontaminasi sekunder. Kontaminasi ini bisa berasal dari pengolahan oleh manusia, bersentuhan dengan wadah, angin, dan debu. Meskipun kasus ini jarang sekali terjadi, penting untuk berhati-hati. Apabila kalian pernah memiliki riwayat keracunan makanan, lebih baik hindari madu atau jika kalian masih menginginkannya, silahkan membelinya hanya dari penjual yang dipercaya.


Dapat Memperparah Kerusakan Gigi

Madu sendiri di dalamnya telah mengandung gula dan bertesktur lengket. Secara langsung sebenarnya ini dapat menyebabkan kerusakan gigi dalam jangka panjang apabila seseorang tidak berkumur dengan benar setelah mengkonsumsi madu.

Madu dapat menyebabkan kerusakan gigi pada anak-anak, ini dikarenakan gula dalam madu dapat menjadi makanan bagi bakteri oral, dan dapat mendorong pertumbuhannya.

Dapat Menyebabkan Pendarahan

Tahukah kamu ternyata madu dapat meberikan efek penghambatan pembekuan darah. Meskipun hingga saat ini masih belum jelas apakah ini dapat menyebabkan perdarahan yang parah, ada kemungkinan yang juga bisa terjadi. Apabila kalian dari awal telahmemiliki masalah pendarahan, silakan konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi madu.

Madu sebenarnya adalah bahan alami yang bermanfaat dan penuh dengan sifat-sifat penting. Namun asupan berlebih terhadap sesuatu, termasuk pada madu tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan masalah kesehatan lain karena kandungan fruktosa di dalamnya.  Jika tubuh kalian memang telah memiliki kondisi medis tertentu, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi madu.

Apakah artikel liwato kali ini membantu kalian untuk mengobati rasa ingin tahu mengenai efek samping dari madu?. Yuk tinggalkan pendapat kalian di komentar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.