Langsung ke konten utama

Review & Sinopsis Anime - Shiki (SPOILER)

Sebelumnya, ane akan mengingatkan pada kalian bahwa review anime Shiki ini mengandung spoiler!. Jika kalian termasuk penonton yang membenci adanya spoiler, lebih baik tidak melanjutkan untuk membaca.

anime shiki review & sinopsis

Anime berjudul Shiki ini dirilis tahun 2010 ini menurut ane adalah anime horor+gore+misteri paling keren yang pernah ane tonton. Diproduksi oleh studio Daume bersama Aniplex dan kawan-kawan, anime Shiki ini berhasil menciptakan nuansa horor nyentrik nan ajaib bagi penonton. Di adaptasi dari novel visual karya Fuyumi, anime ini memiliki total 24 episode. Terdiri dari 22 episode utama dan 2 episode spesial.

Pada awalnya ane cuma ngira kalau ini anime horor biasa. Namun, di luar dugaan. Karakternya sengaja dibuat dengan kesan yang memang aneh-aneh. Tatanan rambut dan raut wajah yang tak biasa menjadi daya tarik dan ciri khas tersendiri untuk Anime Shiki. Dan yang jelas, Shiki ini horornya dramatis banget. Kok bisa? Mari kita bahas lebih dalam.

Sinopsis Anime Shiki

Menceritakan tentang kehidupan tenang para warga di desa Sotoba. Desa yang aman tentram dan sejahtera. Bahkan nih, penduduk desa tidak perlu mengunci pintunya karena saking amannya. Wew!.

Semua berubah ketika keluarga Kirishiki datang di desa dan tinggal di Kanemasa, rumah bergaya eropa terbesar yang ada di desa itu. Mereka merupakan keluarga yang terkesan kaya raya dan bergaya bangsawan. Kalau di lihat-lihat sih, keluarga kirishiki ini emang berpenampilan gaya eropa-eropa gitu.


Karena saking baiknya warga desa, mereka dengan ramah mengundang keluarga kirishiki untuk bertamu ke rumah mereka (ini sih sudah hal lumrah buat menyambut penduduk baru). Tanpa mereka ketahui bahwa, keluarga tersebut ternyata adalah shiki/okiagari atau mungkin menurut ane mereka lebih mirip vampir mayat hidup.

Menurut legenda, para shiki atau okiagari akan mendatangi rumah seseorang jika pemilik rumah mengundang mereka. Jadi, hati-hati sama tetangga baru kalian ya, :v (bercanda).  Apalagi di desa Sotoba ini, para penduduknya jarang sekali mengunci pintu (terkesan amaaaaaan sekali).


Korban Pertama Shiki

Keanehan pertama adalah ketika Megumi, salah satu gadis desa menghilang begitu saja, dan tiba-tiba kembali dalam keadaan linglung. Padahal ia tergolong remaja yang periang dan cukup 'gal' sih. Namun ketika kembali setelah hilang, ia menjadi sosok yang pemurung dan terkesan linglung. Sayangnya, kemudian ia mati dengan animea hebat tanpa ada yang tau penyebabnya. Dokter di Sotoba, yakni Oozaki Toshio yang menangani hal tersebut bahkan bingung dengan kematian Megumi yang misterius. Di susul kemudian satu persatu kematian warga desa lain.

megumi berubah menjadi shiki

Tanda-tanda yang aneh mulai ditemukan pada tubuh para korban. Dengan di temukannya bekas luka yang sama, seperti sebuah gigitan pada tiap korban, memberikan petunjuk bahwa yang menyebarkan virus tersebut adalah satu jenis binatang.

Di episode awal-awal sudah terkesan suasana horornya. Bayangin aja, tiba-tiba ada salah satu shiki di luar jendela kamarmu, atau di bawah kasur seperti di scene yang ini

Kengerian Shiki

Weeeeh, udah merinding duluan kan jika kalian melihat gambar sebelumnya?. Kengerian shiki yang selalu datang diam-diam tidak cukup hingga disitu. Mereka juga tergolong nekat dalam mengambil keputusan.

Para Shiki ini tidak perduli dengan siapa target mereka. Mereka bahkan amat sangat tega untuk menargetkan korban anak-anak. Seorang anak kecil menjadi target mereka namun akhirnya sang anak tidak menjadi shiki. Ini merupakan sebuah fakta pengungkap bahwa ternyata para shiki memerlukan waktu berkali-kali untuk menghabiskan darah si korban. Mereka juga tidak akan bisa merubah orang lain menjadi shiki jika mereka tidak menemukan jasad korbannya.

anak korban dari shiki

Sebuah adegan yang menyayat hati ketika ibu dari anak tersebut lebih memilih menemaninya 24 jam hingga akhirnya meninggal dan membusuk daripada memilih untuk membawanya ke rumah sakit. Ia beranggapan bahwa anaknya akan menjadi shiki jika ditinggalkan sendiri. Well, walaupun para warga menganggapnya tidak waras, faktanya dia berkata benar.



Penelitian Gila di Anime Shiki

Episode demi episode, pak Oozaki pada akhirnya dapat menemukan penyebab kematian para penduduk desa. Yakni mereka memang mati, namun ada beberapa yang hidup kembali dan menjadi shiki, lalu mencari makanan dan menimbulkan korban baru.

eksperimen membunuh shiki

Scene yang paling ane suka, plus yang paling ekstreem adalah ketika Pak dokter ini melakukan percobaan dan penelitian pada istrinya sendiri yang berubah menjadi shiki juga. Bahkan ia sempat menyuntikkan pestisida dan melukai istrinya yang berubah menjadi shiki itu. Namun istrinya tetap saja tak mati-mati, kareka lukanya selalu kembali seperti semula. Pada akhirnya pak Oozaki menikamkan pasak tepat pada jantung istrinya. Dan ia akhirnya benar-benar mati. Dari scenenya aja udah kelihatan betapa horornya anime ini. Lihat aja gambarnya

Berubah Menjadi Shiki

Rupanya, ketika seseorang berubah menjadi shiki, tak serta merta mereka juga berubah menjadi ganas dan kejam. Sebenarnya para manusia yang menjadi shiki memiliki kepribadian yang masih sama seperti mereka saat hidup. Sosok yang paling menggambarkan hal ini adalah korban terakhir di desa sotoba.

ritsuko di anime shiki

Ritsuko adalah sosok suster asisten dokter Oozaki. Ia menjadi korban terakhir sebelum akhirnya para warga mengetahui cara membunuh para Shiki. Namun berbeda dengan shiki lain, Ritsuka lebih memilih untuk kelaparan dan tidak mau membuat orang lain menjadi korban. Hingga pada akhir cerita dan ia dibunuh oleh para warga, ia juga belum membunuh satupun manusia. Cukup heroik.


Shiki Juga Punya Hati

Mungkin kalimat tersebut cukup mewakili beberapa plot twist yang disajikan mengenai kehidupan masa lalu para keluarga Kirishiki. Mereka sebenarnya juga adalah korban yang memiliki kejadian memilukan dimasa lalu. Terutama Sunako Kirishiki yang menjadi karakter favorit ane di anime ini.


Sunako Kirishiki sebelumnya merupakan sosok anak-anak tak berdosa yang dirubah menjadi Shiki diluar kemauannya. Pada akhirnya, ia terpaksa dengan berat hati bergabung menjadi keluarga Kirishiki untuk bertahan hidup.

Para warga desa sotoba yang juga berubah menjadi shiki dengan terpaksa juga berburu demi bertahan hidup. Mereka bahkan rela membunuh teman bahkan saudara mereka demi mendapat makan. Kebanyakan diiringi air mata bersalah yang dalam.

Gore Everywhere

Darah dimana-mana.
Ini baru episode pertengahan.
Di episode 17 ke atas, darah mulai ada dimana-mana. Para penduduk desa yang sudah mengetahui cara membunuh shiki, berbondong bondong berburu shiki dan mendatangi Kanemasa, rumah keluarga kirishiki.

Nih udah masuk episode berdarah darah. Muncrat sana, muncrat sini, bakar sana, bakar sini.
Aduuh, pokoknya memburu atau di buru lah intinya.

Jujur saja, ane bahkan ketika nonton anime ini sempet bingung dan dilema. Harus berpihak dan membela yang mana. Shiki butuh makan untuk bertahan hidup, dan manusia juga butuh hidup. Ane yakin kalian pada pertengahan episode juga akan sering dilema, apalagi ketika karakter Sunako Kirishiki yang manis mulai keluar dan membuat kalian bingung mau kasihan atau jengkel.

Bagi yang suka dengan ending horor yang sedih dan dramatis plus gore, anime ini ane saranin banget untuk di tonton.

Ane sengaja nggak spoiler terlalu banyak, supaya kesan misterinya ketika nonton anime ini tidak hilang.
Tertarik untuk menonton?, Selamat ber-gore ria. :v

©Liwato

Komentar

  1. Yanabi16 April

    Horornya kerasa banget sih emang. Tapi nontonnya bikin nagih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.