Langsung ke konten utama

Review Anime BNA : Brand New Animal +sinopsis

review BNA brand new animal

Yo hallo kawan-kawan. Beberapa hari ini perhatian ane tercuri pada sebuah anime berjudul Brand New Animal yang rilis pada 2020. Jujur saja anime ini tidak terlalu terdengar keberadaannya karena semua perhatian sepertinya masih saja tertuju pada anime Hamefura.

Tapi tidak apa-apa, karena liwato akan memberikan review Brand New Animal pada kawan-kawan liwato sekalian.


Brand New Animal adalah serial anime yang diproduksi oleh studio Trigger. Disutradarai oleh Yoh Yoshinari dan menggunakan naskah cerita dari Kazuki Nakashima. Sebenarnya Brand New Animal telah tayang di Netflix sejak tanggal 21 Maret 2020. Dan baru ditayangkan kembali di TV jepang pada bulan April. BNA memiliki total 12 episode dengan 1 season saja.

Sinopsis Anime Brand New Animal

BNA meneceritakan sebuah dunia yang mana menggunakan setting waktu pada abad ke-21. Disi keberadaan manusia hewan (beastman) hidup ditengah masyarakat. Sebelumnya mereka hidup secara sembunyi-sembunyi.

Michiru awalnya adalah gadis manusia normal, hingga suatu hari ia berubah menjadi manusia tanuki. Kemudian ia memutuskan untuk pergi melarikan diri, dan tinggal menetap di kota “Anima City”.

sinopsis anime BNA Brand new animal
karakter di BNA
Sebagai spesies yang berbeda dengan manusia, belum lagi rasisme pada minoritas ini, tentu saja membuat konflik terjadi di dunia. Sebuah solusi akhirnya diputuskan, dan kota Anima City dibangun. Anima City adalah kota yang dibangun 10 tahun lalu, khusus untuk beastman.

Baca Juga : Makan Ramen Bersama Ramen Daisuki Koizumi San

Namun ternyata kota tersebut juga memiliki ragam masalah yang berbeda. Pada saat disini, Michiru bertemu cowok bernama Shirou Ogami, seorang manusia serigala yang memiliki kebencian terhadap manusia. Shirou adalah penjaga kota Anima City.


Pengalamannya yang buruk sebagai manusia yang tiba-tiba berubah menjadi Beastman, membuatnya banyak berinteraksi sekaligus berseteru dengan Shirou Ogami.

Rupanya Miciru bukanlah satu-satunya manusia yang menjadi beastman. Temannya bernama Nazuna Hiwatashi, adalah teman lama Michiru yang juga telah berubah menjadi Beastman. Di balik semua keanehan dan hal-hal yang terjadi, korporasi medis Sylvasta malah mulai menjalankan rencana misterius mereka di kota.

Cerita berlanjut, Michirou dan Shirou kemudian mencoba mempelajari mengapa Michirou bisa tiba-tiba menjadi manusia hewan. Ini tentunya membawa mereka menuju konflik yang lebih dalam dan permasalahan-permasalahan baru.

Para Pengisi Suara

Jajaran seiyuu terkenal dipilih untuk mengisi suara karakter anime Brand New Animal. Diantaranya adalah :

michiru brand new animalSumire Morohoshi adalah pengisi suara karakter Michiru Kagemori. Sebelumnya ia pernah mengisi suara di Aikatsu.

Yoshimasa Hosoya adalah pengisi suara karakter Shirou Ogami. Sebelumnya dia juga pernah menjadi seiyuu Akame ga Kill.

Maria Naganawa adalah pengisi suara karakter Nazuna Hiwatashi. Sebelumnya dia juga pernah menjadi seiyuu di serial Azur Lane.

Kaito Ishikawa adalah pengisi suara karakter sebagai Alan Sylvasta. Sebelumnya dia juga pernah menjadi seiyuu di Asobi Asobase.

Gara Takashima adalah pengisi suara karakter sebagai Barbaray Rose. Sebelumnya dia juga pernah menjadi seiyuu di Ge Ge Ge No Kitarou.

Michiyo Murase adalah pengisi suara karakter sebagai Mary Itami. Sebelumnya dia juga pernah menjadi seiyuu di Little Witch Academia.


Review Brand New Animal

Mabanua adalah pembuat soundtrack dari BNA. Ini membuat kita mendapati sajian yang lumayan kelam. Sesuai dengan ironi yang terjadi di sekitar kehidupan para beastman.

Baca Juga : Yurikuma Arashi [Melarikan Diri dari Terkaman Beruang Yuri]

Belum lagi visualisasinya yang cukup unik dan terkesan flat. Cenderung mirip dengan style grafis yang sedang tren pada tahun 2019-2020 an saat ini.

Nah, mari sekarang kita bahas lebih dalam review anime BNA atau Brand New Animal.

Plot Cerita

Pada Brand New Animal, kamu akan mendapati dewa serigala misterius bernama White Wolf God. Ini sebenarnya adalah plot tersendiri yang membahas dewa tersebut.

anime bna review brand new animalSebenarnya kejutan-kejutan semacam ini sudah sering didapati pada anime produksi Trigger lainnya. Namun tenang saja, karena tidak akan ada alien di BNA. Sepertinya plot memang dikembangkan dari cerita-cerita mitologi dan sejarah.

Dari kebanyakan review yang sempat ane baca, banyak sekali yang merasa tidak suka dengan Brand New Animal. Dan jika kamu tidak terlalu betah menonton seri anime ini di episode ke 2, mungkin kamu bisa masuk langsung untuk menonton episode 5. Menurut ane, ini adalah episode paling epik dan rupanya juga dirasakan kebanyakan reviewer.

Sebenarnya, secara subyektif ane bisa katakana bahwa BNA dapat dikembangkan lagi jika Trigger mau membuatnya. (ane nggak yakin :v). Karena sebenarnya serial dengan tema seperti ini sangat jarang di temui. Apalagi ceritanya masih lumayan nanggung.


Alur Cerita Brand New Animal

Sosok karakter utama Michiru sebagai protagonis cenderung yang kuat dan sembrono. Namun dia juga tidak pernah menyerah, dan selalu belajar dari kesalahan. Tentunya ini dapat berkembang untuk memunculkan kemampuan kreatif dari kegagalan tersebut. Jumlah durasi tayang yang 12 episode, mungkin agak membuat penonton bosan melihatnya gagal terus-terusan.

karakter di anime BNA brand new animal
michiru menjadi tanuki BNA

Klimaks dari anime ini juga cukup flat sebenernya. Alurnya lebih diarahkan untuk mencegah bencana, daripada mengatasi masalah dasarnya yaitu rasisme/spesiesisme yang terjadi antar manusia dan beastman. Memang sih, bisa saja ceritanya akan dilanjutkan pada season selanjutnya (jika ada),tapi ending BNA season ini seakan cuma untuk memastikan bahwa para karakter yang sudah kehilangan jalan, sekarang punya sesuatu untuk diperjuangkan.

Baca Juga : Daftar Anime Aksi Terbaik & Terbaru

Seperti yang sebelumnya ane jelaskan. Anime ini sepertinya memang butuh lebih banyak episode. Entah kamu mau setuju atau tidak, sepertinya BNA adalah anime yang sangat membutuhkan sebuah episode khusus untuk diisi dengan epilog. Minimal mungkin jika Trigger mau membuatnya, adalah OVA. (sepertinya tidak :v)


Visualisasi

Mungkin salah satu yang menarik dari serial ini adalah grafisnya. Sekilas ane langsung mengingat serial kartun dari Cartoon Network kebanyakan. Sebut saja seperti Adventure Time.

shirou anime brand new animal
visual flat di brand new animal
Dikelilingi warna pastel yang cenderung flat, ini malah lebih menekankan artsy versi minimalis dari sebuah anime. Akan ditemui ragam pattern abstrak sepanjang anime. Brand New Animal seakan menunjukkan kepada penonton, bahwa era ini adalah era flat design dengan minimum shading.


Sebenarnya agak kurang menantang jika dibandingkan dengan tema dan plot yang digunakan. Apalagi desain flat seperti ini sebenarnya lumayan cocok untuk animasi dengan tema manis dan menyenangkan. Tapi bukan berarti semua anime dengan tema-tema fabel atau dunia binatang cocok menggunakannya. Apalagi dengan tema yang dark dan dalam seperti BNA.

Baca Juga : Africa No Salaryman - Komedi Fabel Ala Bapak-Bapak

Walaupun sedikit terasa tidak nyambung, namun secara keseluruhan, ane lumayan menikmati visual grafisnya. Ini tidak cepat membuat mata lelah.

Kesimpulan

Ragam tanggapan dari serial BNA membuat anime ini memiliki rating 7 pada dua polling forum di Myanimelist dan Animefandom. Apakah jika kamu telah menontonnya akan tetap memberikan rate 5/5 atau malah kurang?.


Jika kamu sedang mencari tontonan petualangan yang ringan, Brand New Anima bisa menjadi salah satu referensi hiburan. Silahkan tonton untuk mengisi waktu luang kamu, dan kamu boleh membagikan pendapat kamu di kolom komentar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.