Langsung ke konten utama

Review Anime : Asobi Asobase (Koplaknya Kebangetan!) SPOILER+SINOPSIS

Kali ini ane akan membagikan review anime Asobi Asobase koplak yang ikonik pada tahun lalu. Diproduksi oleh studio Lerche pada tahun 2018 lalu. Merupakan adaptasi dari manga yang berjudul sama, versi animenya memiliki 12 episode yang masing-masing memiliki durasi maksimal 24 menitan.



Kenapa sebelumnya ane bilang bahwa anime asobi asobase ini merupakan anime koplak?. Karena genre komedi sekolah memang utamanya berfokus pada kegiatan unfaedah para siswa. Namun anime Asobi Asobase ini memberikan komedi dari sudut pandang yang bahkan kadang tak terpikirkan oleh para penonton.




Jika kalian pernah menonton Danshi Koukoushei no Nichijou, bisa dibilang kalian akan merasakan sensasi yang hampir mirip dari versi cewek SMP-nya. Walaupun genre Asobi Asobase mengangkat genre seinen untuk rating penontonnya, fokus utama cerita adalah pada keseharian para siswi SMP khusus wanita. Sudah terbayang apa yang akan ditampilkan?

Sebelum membahas lebih banyak, ane akan memberikan informasi bahwa review anime asobi asobase ini dipenuhi dengan spoiler dan teori-teori. Jadi, ane tidak akan bertanggung jawab dengan makian kalian karena kena spoiler dari ane.

Alur Asobi Asobase

Cerita berada disekeliling tiga sahabat cewek yang memiliki latar belakang karakter anti mainstream satu sama lain. Mereka bertiga disatukan oleh kejadian demi kejadian tak terduga yang terkesan terpaksa yang membuat mereka menjadi sahabat dekat. Bahkan mereka juga membuat klub sendiri bernama Asobi Asobase (Bengkel Kesenangan).
sinopsis asobi asobase
loncat indah

Honda Hanako

Karakter cewek berkuncir dua ini bisa jadi karakter yang paling umum ditemui di anime komedi sekolah. Keirian dan kekejamannya dalam bergurau terkesan urakan dan cenderung berandalan. Ia digambarkan memiliki selera fashion yang aneh. Saking polosnya, ia kadang memadukan banyak aksesoris dan gaya berpakaian yang nyeleneh.

Diluar dugaan, sosok Honda Hanako ternyata merupakan siswi kaya raya yang tergolong cukup pintar dan disiplin dalam belajar walaupun hasil dari kebut semalam. Sifatnya yang kekanak-kanakan dan polos kadang digunakan oleh Olivia untuk dimanfaatkan.

Olivia

Dia merupakan karakter sok bule. Dari tampilan yang berambut pirang dan bermata biru, ia memang cenderung seperti bule karena ayah ibunya adalah perpaduan amerika-jepang. Namun karena sifatnya yang cenderung usil, membuatnya ingin mengerjai Honda dan membuat imej-nya seperti bule asli. Ia berpura-pura tidak lancar dalam berbahasa jepang agar Honda terus membantunya.

Namun akhirnya ia ketahuan karena secara tidak terduga, Nomura Kasumi meminta tolong untuk diajari bahasa inggris.



Nomura Kasumi

Satu-satunya sosok yang bisa dikatakan ‘normal’ dari tiga sahabat ini. Ia merupakan siswi yang polos dan sebenarnya baik hati. Ia sering menjadi satu-satunya cewek yang tidak nyambung dengan obrolan kocak kedua temannya. Sebenarnya ia sebelumnya baik-baik saja, sebelum meminta Olivia untuk mengajarinya bahasa inggris (dan berujung sia-sia).


Nomura Kasumi adalah sasaran empuk dari Honda ketika ia tidak bisa mengganggu Olivia. Namun jika dilihat lebih lanjut, sepertinya Olivia lebih bersikap lembut pada Nomura daripada dengan Honda. Saking polosnya mungkin.

Cute Girls Doing NOT Cute Things!

Yups. Review anime Asobi Asobase bisa jadi adalah review anime terjujur yang pernah ane buat. Karena disini ane akan membahas seberapa tidak imutnya para cewek di anime ini. Walaupun fokus utama adalah pada para cewek SMP yang secara visual dibuat imut-imut, tapi jika kalian berharap adanya kegiatan imut yang dilakukan seperti di anime Yuru Yuri, sebaiknya kalian urungkan sebelum kecewa.
kocaknya anime asobi asobase
colok-colok berhadiah
Para animator tidak akan segan dalam merubah sosok imut Honda, Olivia dan Kasume menjadi terlihat konyol yang kadang cenderung menjijikkan dengan ekspresi dan suara yang nyeleneh. Siap-siap sakit perut ketika melihat mereka berada pada mode koplak. Ane pada episode awal langsung ketawa terbahak-bahak melihat perubahan itu.

Kegiatan UNFAEDAH Paling Menarik

Karena tidak mau mengikuti klub lain yang membutuhkan skill, mereka bertiga akhirnya memutuskan membuat klub sendiri bernama Asobi Asobase yang mempelajari mengenai kesenangan. Ini terjadi karena adanya kesalah pahaman antara Olivia dan Kasume mengenai belajar bahasa inggris. Akhirnye ketahuan juga sih.

Kekonyolan visual yang disajikan sangat maksimal sesuai dengan kegiatan yang mereka lakukan. Para anggota dari Asobi Asobase sering mengisi waktu dengan melakukan permainan yang unfaedah. Mereka sering menciptakan permainan versi mereka sendiri yang tentunya memiliki peraturan yang ajaib.

Kengangguran mereka sering diisi untuk membahas masalah yang dimiliki oleh anggotanya. Atau hanya sekedar membuat keributan di sekitar sekolah. Ini sering menyebabkan masalah diantara klub Asobi Asobase dan anggota osis yang tak kalah kocak dan mengocok perut.

Kepolosan Yang Nyeleneh

Fokus utama pada kegiatan sehari-hari anak SMP juga ditampilkan dengan umum. Kenapa ane bilang umum?. Karena kepolosan mereka menghadapi hal-hal baru yang mereka temui atau dapatkan membuat anime Asobi Asobase ini menggambarkan secara gamblang mengenai tindakan apa yang para cewek SMP ini ambil ketika penasaran pada sesuatu.

Masalahnya, sikap mereka yang polos dalam menghadapi rasa penasaran bukan hanya ditampilkan secara gamblang, melainkan secara kebablasan. Misalnya ketika membahas mengenai asmara dan hal-hal berbau seksual, para kreator tidak segan-segan menampilkan respon karakter yang tidak terduga dan diluar nalar penonton. Ini bisa jadi alasan mengapa rate genre anime ini adalah Seinen.


Karakter Tambahan Yang Juga Nyeleneh

Kekuatan cerita yang disediakan bukan hanya berputar pada klub Asobi Asobase. Melainkan ada juga karakter-karakter tambahan lain yang memiliki peran penting nyeleneh dan tak kalah ajaib.

Misalkan Si ketua Osis yang culun namun kejam. Ia secara tak sengaja menjadi ketua karena seorang pendukungnya memberikan ancaman pada seluruh siswa untuk memilihnya. Konflik yang sering muncul biasanya karena klub Asobi Asobase hampir selalu tidak tertib dan membuat kekacauan di sekolah. Ketua osis ini juga sering dijadikan kalah-kalahan oleh wakilnya yang nakal dan selalu membohonginya dengan pergi ke sekolah khusus cowok dan beralasan rapat.
olivia anime asobi asobase
tatap mata saya

Karakter yang tidak kalah penting adalah sosok bu guru Chisato Higuchi yang jomblo menahun. Ia secara tidak sengaja menjadi pembina klub Asobi Asobase. Ia sering mendapat pertanyaan-pertanyaan aneh dari para siswi yang dibimbingnya. Rasa penasaran khas remaja cewek membuatnya terkadang meresponnya dengan bingung. Kepolosannya ini juga tidak kalah membuat suasana menjadi kocak dan sakit perut para penonton.

Lalu ada karakter menyeramkan dari klub gaib yang juga hampir dibubarkan. Oka merupakan siswa yang sebenarnya baik. Namun selalu menyampaikan segala sesuatu secara menyeramkan. Ia sangat menyayangi teman satu klubnya Aguri Mato yang juga menyukai sihir dan ilmu hitam. Pada cerita selanjutnya, ternyata Aguri adalah keturunan penyihir.



Misteri Yang Bikin Penasaran

Salah satu misteri terbesar yang belum terungkap hingga akhir anime adalah sosok Tsugumi Aozora yang digambarkan sebagai cewek tercantik disekolah. Ini berawal dari rasa penasaran Olivia mengenai gender asli dari Aozora. Ia mengajak semua anggota Asobi Asobase untuk menyelidiki hal tersebut.
aozora tsugumi
waifumu lanang mas
Ditambah dengan mimpi aneh Nomura setelah dicium tiba-tiba oleh Aozora semakin membuat klub Asobi Asobase berusaha mengungkapkan misteri itu. Walaupun sudah mencobanya dengan berbagai cara yang konyol, ujung-ujungnya mereka juga gagal mengungkapkannya.

INTINYA

Dengan kombinasi yang pas dari penokohan, alur cerita dan sound effect secara jenius membuat anime Asobi Asobase sangat menyenangkan untuk di tonton. Walaupun 80% ceritanya mengenai kegiatan unfaedah, namun penampilan yang disuguhkan membuat penonton betah menontonnya.

Sayangnya, anime ini hanya memiliki 12 episode. Secara pribadi ane sedikit menyesal karena ane sendiri setiap menonton selalu penasaran mengenai komedi seperti apa lagi di setiap episodenya. Ceritanya boleh jadi ringan, tapi bukan kacang dan sangat recommended untuk ditonton.

review anime asobi asobase bahasa indo
menjadi MUA profesional

Secara keseluruhan ane akan memberikan peilaian 4/5 untuk anime Asobi Asobase Ini. Dengan setting cerita para anggota klub Asobe Asobase yang masih kelas 1, ane berharap rumah produksinya akan membuat season 2 yang lebih unfaedah dan cepat-cepat buat review asobi asobase season 2 nya. Yups, ane malah nggak berminat mendukung anime ini membahas sesuatu yang berfaedah.

Bagaimana menurut kalian? Apa kalian berminat menontonnya? Atau mungkin sudah menontonnya?. Yuk tulis pendapat kalian di komentar. Demikian review asobi asobase dari ane. Semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.