Langsung ke konten utama

Ajaib! 10 Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan Yang Belum Kamu Tahu!

Jeruk adalah salah satu buah paling populer di dunia, tetapi kulit jeruk adalah bagian yang berbeda dari komposisi buahnya. Tahukah kamu bahwa kulit buah adalah bagian yang paling sehat dari seluruh buah itu sendiri? Mengejutkan, bukan?.


Membuang kulit jeruk salah satunya merupakan hal yang cukup disayangkan. Jika kamu bertanya-tanya apa yang harus dilakukan dengan kulit jeruk yang tersisa, ada lebih banyak manfaat yang bisa diperoleh darinya. Berikut adalah manfaat kulit jeruk untuk kesehatan dan harian.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kulit jeruk sebenarnya adalah bagian paling sehat dari buah jeruk utuh. Yang mengejutkan, penelitian mengatakan bahwa kulit jeruk kaya akan flavonoid dan beberapa phytochemical penting lainnya yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan.



Sekadar informasi, bahwa dibandingkan dengan daging jeruk yang mengandung sekitar 71 miligram vitamin C, kulitnya mengandung lebih dari 136 miligram.


Kulitnya juga penuh dengan zinc, kalsium, magnesium, folat, vitamin A dan vitamin B lainnya, dan serat makanan. Semua nutrisi ini berkontribusi pada kesehatan manusia dengan cara yang luar biasa. Dan kita akan membahasnya sekarang.

Kulit Jeruk Membantu Mencegah Kanker

Jika menilik sesuai penelitian, rupanya kandungan flavonoid dalam kulit jeruk dapat menghambat protein yang disebut sebagai RLIP76. Dimana ini terkait dengan kanker. Kulit jeruk sendiri juga mengandung senyawa lain yang disebut sebagai limonene, yang secara ajaib dapat mengurangi risiko kanker pada manusia.

Penelitian lain juga memberikan keterangan mengenai kemanjuran kulit jeruk secara umum dalam perannya mencegah aktivitas kanker dengan cara yang menakjubkan.


Teman Kesehatan Paru-paru

Mungkin sudah populer di telinga kita, bahwa kandungan vitamin C memang sangat baik. Bukan hanya buahnya, rupanya kulit jeruk juga dapat membantu memecah hambatan dan membersihkan paru-paru. Vitamin C di dalam jeruk juga diketahui dapat meningkatkan kekebalan tubuh, Tentunya  ini dapat membantu menangkal dan mencegah infeksi paru-paru.

Kulitnya bisa membantu tubuh kita untuk lebih mengeluarkan dahak dan bermanfaat untuk membersihkan paru-paru. Imunitas yang meningkat berkat vitamin C juga dapat mencegah penyakit seperti pilek dan flu.

kulit jeruk untuk kesehatan

Perawatan Diabetes

Ini dia yang cukup menarik. Rupanya kulit jeruk kaya akan pektin. Pektin adalah serat yang dikenal bisa mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Ini tentu dapat membantu para penderita diabetes. Penelitian lain juga menunjukkan mengenai pengobatan dengan ekstrak kulit jeruk dapat membantu dalam pencegahan nefropati diabetik.


Bukan hanya itu, muatan glikemik yang ada pada buah hanya 5 - yang berarti kulit jeruk hanya memberikan peningkatan gula darah yang sedikit.

Memperkuat Jantung

Kulit jeruk mengandung banyak flavonoid yang disebut hesperidin, yang telah lama terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan juga tekanan darah. Di dalam kulitnya juga memiliki sifat anti-inflamasi. Karena penyakit jantung umumnya disebabkan oleh peradangan, kulit jeruk dapat membantu mengatasi hal ini.


Kumpulan senyawa lain yang terkandung dalam kulit jeruk adalah flavon polymethoxylated. Dimana senyawa ini dapat menurunkan kadar kolesterol lebih baik jika dibandingkan dengan obat kimia pada umumnya.

Membantu Dalam Menurunkan Berat Badan

Buah jeruk sendiri sudah rendah kalori. Yang merupakan salah satu alasan bahwa buah ini merupakan tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan. Bukan hanya itu, kulitnya juga berperan sama. Di dalam kulit jeruk dipenuhi dengan serat makanan, yang dapat mengendalikan nafsu makan dan membuat kamu enggan makan.


Kulit jeruk juga mengandung vitamin C yang dikenal dapat membantu membakar lemak.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Sepertinya hanya ada sedikit informasi mengenai ini. Ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa di dalam kulit jeruk mengandung senyawa seperti limonene, decanal, dan citral. Yang mana ini dapat membantu meningkatkan kesehatan mata kamu. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi yang berperan untuk melawan infeksi dan dapat meningkatkan penglihatan.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kulit buah memiliki serat tinggi yang membantu pencernaan dan dapat meningkatkan keteraturan pencernaan. Studi lain juga menunjukkan mengenai bagaimana kulit buah jeruk, rupanya telah digunakan sejak zaman kuno sebagai obat gangguan pencernaan.

Membantu Keluhan Peradangan

Satu studi di luar negeri, khususnya New York memaparkan bagaimana kulit jeruk rupanya menunjukkan sifat anti-inflamasi yang lebih baik. Penelitian sejenis yang juga membahas lebih lanjut, memberi tahu kita bagaimana kulit jeruk ini dapat juga mengatasi peradangan dengan penanganan yang mirip dengan obat indometasin, yang merupakan obat anti-inflamasi.

Bukan hanya itu, flavonoid dalam kulit jeruk telah diketahui dapat menembus membran dan menjadi solusi untuk menyembuhkan peradangan.

manfaat kulit jeruk

Solusi Memperkuat Gigi

Berkat sifat antibakteri yang dimiliki oleh kulit jeruk, kandungan ini dapat melindungi Kamu dari keluhan karies gigi.


Bukan hanya itu, kamu juga dapat membuat gigi lebih indah dan putih menggunakan kulit jeruk. Dalam kulit jeruk juga terkandung Limonene yang berfungsi sebagai aroma alami dan sekaligus pelarut. Zat ini tentunya akan membantu memutihkan gigi Kamu dengan cara alami.

Mencerahkan Kulit Cantikmu

Kulit jeruk sebenarnya sudah lama dianggap sebagai penolong dan perawat handal bagi kulit karena merawat komedo, mengangkat sel-sel kulit mati, jerawat, dan noda bekas apapun. Benda ajaib ini juga dapat mencerahkan wajah Kamu. Kamu bisa menambahkan susu atau dadih untuk mendapatkan kecerahan ekstra atau untuk menghilangkan cokelat.

Banyak sekali ya manfaat kulit jeruk bagi kesehatan. Bagaimana? Tertarik untuk menjadikannya salah satu benda ajaib di rumah?. Yuk baca apa saja olahan ajaib yang dapat dibuat dari kulit jeruk dibawah ini :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.