Langsung ke konten utama

Fitur Keren dari Android 10 yang Wajib Kamu Tahu!

Android 10 - versi baru dari sistem operasi seluler Google yang lebih segar - ada di sini.


Ya, OS yang sebelumnya dikenal sebagai Android Q ini telah dalam versi beta selama berbulan-bulan, tetapi sekarang para pengguna patut berbahagia karena secara resmi android 10  mulai diluncurkan ke jajaran ponsel Pixel milik Google, dan kemudian ke perangkat semua pengguna di dunia.

Pertama kali diluncurkan pada konferensi pengembang tahunan Google I / O, Android 10 menghadirkan dark mode yang orisinil, peningkatan privasi dan pengaturan lokasi, dukungan untuk ponsel yang dapat dilipat, ponsel dengan sinyal 5G, dan masih banyak lagi.


Bagi kamu yang ingin menggunakannya, lebih baik membaca artikel berikut yang membahas daftar semua fitur terbaik yang ada di Android 10.

Dark Mode

Sudah sering menjadi bahan obrolan secara umum bahwa para pengguna android telah lama meminta mode gelap, dan Google akhirnya menjawab.

android 10 dark mode
https://uidesign.gbtcdn.com

Kamu akan dapat memiliki seluruh sistem dalam rona yang lebih gelap dan idenya adalah untuk membuatnya lebih ramah di mata pengguna. Hal ini secara tidak langsung juga dapat menghemat masa pakai baterai, terutama pada ponsel OLED.
Meskipun hingga kini klaim bahwa mode gelap mengurangi ketegangan mata tidak cukup terbukti.

Mengaktifkan tema gelap pada android 10 cukup mudah: kamu cukup tarik menu Pengaturan Cepat atau akses bagian menu tampilan yang ada di pengaturan telepon. Selain itu, mode ini akan secara otomatis diaktifkan ketika ponsel Android 10 dialihkan ke mode hemat baterai.


Saat diluncurkan, fitur ini kemungkinan akan terbatas pada aplikasi Google sendiri, seperti Gmail, Kalender dan Foto, tetapi perusahaan menawarkan pengembang API untuk mengaktifkan tema gelap sehingga mereka dapat memastikan aplikasi mereka mengikuti apa yang menjadi fitur dari sistem operasi.

Smart Reply

Smart Reply di semua aplikasi perpesanan
Di Android 10, fitur Balasan Cerdas dari Google seperti yang kita tahu awalnya berasal dari Gmail akan tersedia di aplikasi perpesanan pihak ketiga lain seperti WhatsApp, Facebook Messenger dan Signal. Fitur ini menggunakan pembelajaran mesin untuk menyarankan tiga respons singkat yang mungkin sesuai dengan pesan yang kamu terima, seperti emoji jempol.

https://cdn.androidheadlines.com

Pada dasarnya, ini mengantisipasi apa yang akan kamu balas sebelum kamu mengatakannya. Versi Android 10 dari fitur Smart Reply juga dapat mengantisipasi tindakan dan juga menyarankan untuk membuka alamat yang dikirim oleh teman kepada kamu dari Google Maps. Berguna.

Juga dalam perpesanan, ada 65 emoji baru termasuk desain "inklusif gender" baru untuk potongan rambut, angkat besi, dan bahkan sauna.



Private Location

Alat privasi dan lokasi yang ditingkatkan
Android 10 menampilkan bagian lokasi khusus baru di pengaturan privasi ponsel kamu yang memberi pengguna lebih banyak kontrol atas data lokasi yang mereka bagikan dengan aplikasi.
Ini berarti mereka dapat memilih untuk berbagi data lokasi dengan aplikasi hanya ketika sedang digunakan, sepanjang waktu atau tidak sama sekali dan menerima pengingat ketika aplikasi menggunakan lokasi mereka di latar belakang. Ada juga opsi untuk memilih keluar dari penargetan ulang iklan dan personalisasi dan semua pengaturan privasi, termasuk lokasi, aktivitas web dan aplikasi dan juga izin aplikasi yang kini sudah ada di satu tempat.

Mode Incognito (penyamaran) untuk Google Maps

Di tempat lain, fitur populer di browser Chrome dan aplikasi YouTube, Google Maps akan segera mendapatkan mode pencarian pribadi yang tentunya (privat). Dengan mengaktifkan fitur ini,

https://cdn0.tnwcdn.com

Pengguna dapat mencari dan menavigasi ke tempat-tempat tanpa menyimpan data atau menautkan kembali ke akun Google mereka.
Mode pencarian pribadi dapat diaktifkan dengan mengetuk gambar profil di bilah pencarian di bagian atas Google Maps. Google berencana untuk menawarkan fitur ini untuk aplikasi pencarian di tahap selanjutnya.


Focus Mode

Mengikuti rilis alat Digital Wellbeing Digital tahun lalu, Google menambahkan fitur baru untuk membantu pengguna fokus tanpa gangguan.

https://beebom.com

Mode fokus, yang diluncurkan dalam versi beta dengan Android 10, memungkinkan pengguna untuk memilih aplikasi tertentu yang ingin mereka hindari selama periode waktu tertentu, seperti aplikasi perpesanan atau berita yang sudah ada. Aplikasi-aplikasi itu menjadi dijeda, berwarna abu-abu dan pemberitahuan disembunyikan. Bersama dengan penghitung waktu aplikasi, mode dont-disturb (jangan-ganggu) dan pemberitahuan umum, fitur ini diharapkan akan membantu Anda menemukan keseimbangan.

Live Caption

Sayangnya, fitur ini belum akan tayang saat diluncurkan. Dengan mengetuk tombol volume dan ikon di bawah penggeser volume, Live Caption akan secara otomatis menambahkan subtitle ke video, podcast, dan pesan audio - bahkan untuk audio yang sebelumnya kamu rekam sendiri.

https://www.xda-developers.com

Teks waktu-nyata dibuat melalui pembelajaran mesin pada perangkat dan akan muncul segera setelah suara terdeteksi, tanpa memerlukan Wi-Fi atau koneksi data. Kotak teks dapat diperluas, diseret dan dipindahkan di sekitar layar dan akan berguna bagi orang-orang yang tuli atau sulit mendengar, atau ketika mendengarkan audio di lingkungan yang bising.

Parents Control (Kontrol orangtua)

Kontrol orang tua, yang sudah tersedia melalui aplikasi Family Link di Google Play Store, akan dibangun ke dalam Android 10 dan dapat diakses dalam pengaturan Digital Wellbeing.

https://canadianimmigrant.ca

Alat ini menawarkan kepada orang tua cara untuk memantau dan mengelola waktu layar anak-anak mereka dengan menetapkan batas waktu khusus aplikasi dan memberi mereka "lima menit lagi" waktu bonus, misalnya. Orang tua juga dapat mengelola konten melalui kategori dan aplikasi tertentu dan dengan cepat melihat lokasi perangkat anak-anak mereka.

Gerakan ujung-ke-ujung

Google telah datang dengan gerakan baru untuk Android 10 dan merampingkan bilah navigasi. Selain menggunakan fitur tiga tombol yang biasa di bilah navigasi dan gerakan gesekan Android Pie, kami kini dapat menggeser ke atas dari bawah layar untuk pulang, dari kiri ke kanan untuk kembali daripada mengetuk tombol. Geser ke atas dan tahan untuk mengakses aplikasi yang baru dibuka.



Sepertinya Google mungkin telah mengambil beberapa inspirasi dari iPhone X di bagian ini. Inovasi baru ini tentu akan membuat transisi dari iOS ke Android lebih mudah. Untuk menguji navigasi gerakan penuh, aktifkan fitur ini dalam pengaturan sistem.

Ingin tahu bagaimana menuju ke Google Assistant? Geser secara diagonal dari kanan atau kiri bawah layar Anda dan tahan hingga muncul. Selain itu, si asisten digital ini masih memiliki tombol sendiri di layar awal dan multitasking.

Mengirim pembaruan langsung ke ponsel

Google sedang memperkenalkan Project Mainline dalam upaya untuk mendorong patch keamanan (dan privasi) langsung ke telepon melalui Play Store. Misalkan seperti untuk aplikasi, pembaruan ini berjalan di latar belakang dan dimuat di lain waktu saat ponsel kamu dinyalakan, menghilangkan kebutuhan untuk reboot sistem penuh seperti sekarang dengan Android. Untuk pengembang, ini berarti aplikasi dan game dapat diperbarui saat sedang digunakan tanpa perlu mengganggu apa pun.



Cocok untuk smartphone Flip

Ponsel lipat seperti Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X mungkin telah memulai launching merek dengan buruk, dan mereka belum banyak dibicarakan akhir-akhir ini.

https://www.maketecheasier.com

Tetapi pada I/O Google sendiri memang memperkuat dukungannya untuk gelombang inovasi padq perangkat yang akan datang. Perusahaan mengoptimalkan Android 10 dengan perubahan pada multi-resume dan fungsi tampilan, untuk memastikan aplikasi dapat berjalan secara simultan di samping aplikasi lain dan memiliki transisi dengan mulus dari layar kecil ke ukuran tablet ketika perangkat dibuka.


Pengembang dapat mulai membangun dan menguji dengan emulator lipat Android untuk memeriksa apakah aplikasi mereka menskala dengan baik di berbagai dimensi dan resolusi layar - tepat pada waktunya untuk rilis perangkat yang telah lama ditunggu-tunggu ini.



Android 10 akan kompatibel dengan 5G

Bergantung pada di mana kamu berada dan siapa yang kamu tanyakan, 5G akan ada di Android 10.

https://g.foolcdn.com

Tentunya ini diharapkan untuk dapat menghapus lemotnya saat streaming, membuka pintu untuk kolaborasi video real-time, aplikasi berbasis AR / VR, dan streaming game multipemain. Google bundling dalam kompatibilitas 5G dan memperluas API yang ada untuk Android 10 - ini akan memungkinkan pengembang bersiap-siap untuk era baru dan memastikan aplikasi mereka dapat memanfaatkan kecepatan yang di klaim "super cepat".

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.