Langsung ke konten utama

Pengertian JARINGAN LAN + Kekurangan dan Kelebihan (LENGKAP!)


Jika kalian adalah orang awam atau newbi dibidang ilmu komputer, mungkin kalian pernah mendengar apa itu jaringan komputer. Atau mungkin kalian juga pernah mendengar jaringan LAN namun belum terlalu memahaminya. Tenang saja, disini ane akan memberikan pemahaman dan ilmu baru kepada kalian dengan jelas dan simpel.

Mengenal Jaringan Komputer

Seperti yang dibahas diawal mengenai jaringan, sebenarnya apasih jaringan komputer itu? Jaringan Komputer adalah korelasi antar beberapa komputer yang bisa saling terhubung satu dengan yang lainnya dengan perantara yang terlihat maupun tidak terlihat, sehingga dari satu komputer ke komputer lainnya bisa saling bertukar data atau bahkan berkomunikasi satu sama lain.



Di dalam Jaringan Komputer ini ada bermacam-macam sekali jenis nya. Dari mulai jaringan LAN,MAN dan WAN. Masing-masing jenis memiliki perbedaan dalam penggunaannya. Pada artikel kali ini ane akan membahas secara mendalam mengenai Jaringan Komputer yang berbasis LAN.

Pengertian Jaringan LAN

Apa itu LAN? LAN merupakan singkatan dari Local Area Network, dimana LAN ini biasanya digunakan untuk membangun sebuah jaringan computer, Jaringan LAN ini tidak luas, alias hanya pada lingkup ruang kecil saja, Seperti Perkantoran, sekolah atau Rumah. Jaringan LAN ini biasanya digunakan untuk berbagi sumber daya / informasi dalam sebuah instansi/Gedung. Dan LAN merupakan jaringan yang berdiri sendiri, bisa membuat computer saling terhubung tanpa harus tekoneksi dengan internet. 

Dalam Proses Pembangunannya, LAN ini dibagi menjadi Dua Metode yaitu, 

Wired (Kabel) dan Wireless ( Tanpa Kabel) 

Untuk membangun jaringan LAN menggunakan Metode Wired, Teknisi akan menggunakan Ethernet dan untuk membangun LAN Wireless para teknisi akan menggunakan sinyal WIFI. 

Pada umumnya Jaringan LAN yang digunakan di Tempat-tempat Kerja, Sekolah ataupun Rumah, menggunakan Router untuk membangun sebuah jaringan LAN, dimana Router ini akan menjadi pusat koneksi, yang akan menjadikan perangkat kita saling terhubung. Untuk sambungan jaringanya biasanya Router akan tersambung dengan sebuah kabel atau modem provider penyedia layanan internet.



Untuk kamu tahu, Perangkat Komputer juga bisa Loh dijadikan sebagai Pusat Jaringan, seperti Router. Dalam hal ini Komputer akan menjadi Server dan computer atau perangkat lainnya menjadi Client. Walaupun tetap saja Komputer server ini harus terhubung dengan jaringan Penyedia layanan Internet, kalian bisa menggunakan Modem untuk melakukannya.

Kelebihan Jaringan LAN

Banyak kelebihan yang dimiliki Jaringan LAN, Berikut ane jelaskan dibawah untuk para pembaca sekalian :

Kelebihan Jaringan LAN : 1. Berbagi Resource 

Jaringan LAN Memungkinkan untuk membagikan Resource atau dalam pengertian lain, Jaringan LAN dapat membagikan Sumber Daya yang dimiliki sebuah computer kepada computer yang lain. Seperti Membagikan, FILE, PRINTER dan masih banyak lagi.



Ini akan sangat memudahkan user untuk mempercepat pekerjaan tanpa perlu mengatur fungsi setiap komputer yang memerlukan urgensi untuk berbagi file, printer dan pekerjaan individual lainnya. Dengan adanya tukar menukar kegiatan antar perangkat pada jaringan LAN, memungkinkan user hanya tinggal menggunakan fasilitas satu sama lain dalam satu paket.

Kelebihan Jaringan LAN : 2. Adanya Data Terpusat

Maksud dari Data Terpusat ini adalah, data yang berada pada satu tempat yaitu server. Server ini akan menjadi induk dari user client lainnya supaya bisa saling mengakses file yang dimiliki komputer lain. Ini sangat berguna mengingat sibuknya aktifitas tukar menukar data antar client. 


Kekurangan Jaringan LAN

Masih banyak lagi kelebihan Jaringan LAN, salah satunya yang sudah ane jelaskan di awal artikel bahwa, Jaringan LAN bisa berdiri sendiri tanpa adanya Jaringan Internet. Jadi, sekarang kita akan bahas kekurangan Jaringan LAN

Kekurangan Jaringan LAN : INVEKSI VIRUS

Intinya, tidak ada jaringan yang benar-benar aman di dunia ini. Jaringan Komputer tentu harus memiliki keamanan yang andal, dan begitu juga pada jaringan LAN. Dalam hal ini Admin sendiri lah yang bertugas menjadi kemanan untuk mencegah file diakses oleh user illegal, Kemanan yang sering di bobol biasanya adalah kemanan pada Client tersebut, karena password yang dibuat mudah ditebak, atau bahkan tidak menggunakan password dalam membagikan FILE.



Infeksi virus pada komputer telah kita ketahui bahayanya. Parahnya, ini akan menjadi lebih berbahaya lagi ketika Infeksi virus tersebut menyerang server pusat atau komputer induk dari semua lalu lintas data, maka bisa dipastikan seluruh client user yang berada pada server pusat tersebut akan ikut terinfeksi.

Kekurangan Jaringan LAN : MAHAL

Mahal atau tidaknya sesuatu yang digunakan, akan tergantung dari seberapa banyak kita menggunakannya. Apalagi mengingat bahwa jaringan LAN dipakai menggunakan kabel untuk menyambungkan satu komputer dengan komputer lain.

Instalasi Jaringan LAN ini bisa memakan biaya yang cukup mahal ketika Jangkauan yang ingin kita buat terlalu luas. Jika kita menggunakan jaringan LAN Jenis Kabel maka kita harus memasang kabel terlebih dahulu dan menyambungkannya satu persatu ke server pusat, dan untuk harga kabel permeternya sudah dipastikan mahal. 

Atau jika kita menggunakan LAN Jenis Wirelles mungkin tidak perlu memasang kabel, tapi jangkauan Wireless terlalu sempit, sehingga kemungkinan kita akan membeli Perangkat tambahan untuk menguatkan sinyal yang tentunya ini akan menambah pengeluaran juga.



Sebenanya, jika kita menilik mahal atau tidaknya pembangunan jaringan LAN, bisa dilihat dari income sebuah instansi yang membangunnya. Akan dikatakan mahal jika teknisi yang merancangnya menyia-nyiakan begitu saja kabel-kabel yang ada. Namun tidak menutup kemungkinan akan lebih murah jika penggunaannya bisa diatur sedemikian rupa dan tidak berakhir mubadzir kabel dan peralatan.

Kekurangan Jaringan LAN : JADI KUDAPAN TAMU

Santai, dan tenang dulu. Jangan ribut hanya karena sub bab yang emang mancing keributan. “Tamu” yang ane maksudkan  adalah binatang pengerat seperti Tikus dan lain sebagainya. Para binatang ini akan menyerang kabel LAN yang sudah tua atau bahkan rusak. 
Solusinya, gantilah secara disiplin kabel LAN jika dirasa sudah terlihat usang dan hindarilah melipatnya secara kasar. Bekas lipatan akan menimbulkan luka pada kulit luar yang melapisi kabel dan akan mengundang sang ‘tamu’ untuk menggigitinya. 

Berikut di atas adalah penjelasan dari Pengertian Jaringan LAN Beserta Kelebihan dan Kekurangannya. Semoga bermanfaat dan membantu!

Komentar

  1. Jangan pake LAN, youtube di block ma admin..biasa internet LAN kantor..haha

    sasorishared.blogspot.com - tempat download apl windows & android

    BalasHapus
  2. Jangan pake LAN, youtube di block ma admin..biasa internet LAN kantor..haha

    sasorishared.blogspot.com - tempat download apl windows & android

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.