Langsung ke konten utama

Pengertian Genre Seinen pada Anime Dan Manga (Penjelasan dan Ciri-ciri)

penjelasan genre sheinen pada anime

Dalam perkembangannya, animasi yang diproduksi oleh jepang semakin beraneka ragam. Diantaranya ada banyak genre yang menyampingi anime, manga maupun filmnya. Salah satunya adalah genre Seinen. Lalu apasih genre Seinen itu?. Dan apa bedanya dengan genre lain?.

Kali ini ane akan membagikan penjelasan secara lengkap untuk membahas genre seinen pada anime dan manga jepang khusus teruntuk kalian yang sedang penasaran dengan ragam genre pada anime maupun manga yang kalian lihat.

Tema Pada anime Bergenre Seinen

Cerita yang disuguhkan cenderung maskulin. Didominasi aksi, romantisme, komedi dan pertarungan. Genre Seinen berfokus pada misi sang karakter utama untuk menjadi tokoh terpenting dalam keseluruhan cerita anime. Karakter utama bisa laki-laki maupun perempuan, namun pengambilan sudut pandang cenderung dibuat dan disesuaikan dengan penonton cowok.


Contoh anime ini : Asobi Asobase (mainchar cewek), Tokyo Ghoul (mainchar cowok)

Seinen Bukanlah Shounen

yups, pertama ane akan membahas hal paling penting pada genre seinen ini. Faktanya, meskipun memiliki penyebutan yang 'hampir' mirip, genre Seinen dan Shounen adalah dua genre yang berbeda jauh. Dari segi cerita memang menyuguhkan alur yang hampir mirip namun genre Seinen lebih berat.
Jika anime Shounen ditujukan untuk pasar 'remaja cowok', maka berbeda dengan genre Seinen yang ditujukan untuk 'young adult' atau penonton cowok yang sudah cukup dewasa. Jika kita membahas mengenai rate usia, bisa dibilang jika genre Seinen pada anime atau manga jepang ditujukan untuk para pria muda berusia diatas 18 tahun.

pengertian genre sheinen pada anime
http://cache.desktopnexus.com/thumbseg/1410/1410891-bigthumbnail.jpg


Kombinasi Genre

Anime dengan genre seinen biasanya akan umum jika digabung dengan genre lain. Semisal ecchi, hareem, gore dan genre dewasa lain. Hal ini lumrah jika mengingat genre ini memang ditujukan untuk penonton yang sudah cukup bisa dibilang 'bijaksana' dalam berfikir.

Penyajian heroine yang mencolok dari segi visual juga menjadi nuansa umum untuk anime genre seinen ini. Penggambaran karakter gadis atau wanita seksi maksimal menjadi topping istimewa yang berseliweran di sepanjang cerita. Kalian akan sering mendengar suara teriakan serangan yang manja (jika aksi) atau desahan yang menggoda jika menonton. Jadi, ini juga bisa menjadi tolok ukur untuk memastikan sebuah anime bergenre seinen atau bukan.


Benar-Benar 18+

Karena ditujukan untuk para pria muda, maka isi dari anime bergenre seinen cenderung kasar dan berat. Sebagai contoh Attack on Titan atau Tokyo Ghoul yang memiliki genre utama aksi, ternyata bukan ditujukan untuk remaja. Melainkan untuk dewasa, mengingat adegan berdarah-darah dan pembunuhan brutal tanpa batasan antar karakternya. Tentunya ini bukanlah adegan yang bisa dipertontonkan pada anak-anak dan remaja.

Atau boleh jadi anime tersebut berisi komedi, namun komedi yang diberikan pasti berbumbu kalimat-kalimat kasar dan guyonan jorok. Semisal Asobi Asobase dimana memang anime tersebut memiliki setting kehidupan sekolah para gadis SMP, namun keanehan dan guyonan frontal mereka membuat anime dengan genre Seinen ini tidak pantas dipertontonkan pada remaja.


Tidak jarang anime dengan genre seinen memiliki banyak fanservice di dalamnya. Penuh dengan konten seksual dan kekerasan di dalamnya, tentunya anime bergenre ini 100% untuk 18 tahun keatas.  Namun, apapun anime maupun manga yang di baca, semuanya tergantung pada pribadi masing-masing. Tetap bijaksana memilih tontonan untuk diri sendiri.

Demikian penjelasan mengenai pengertian genre Seinen pada anime dan manga jepang dari ane. Apa sekarang kalian sudah paham? yuk diskusikan di komentar.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.