Langsung ke konten utama

Dolby Vision : Sajian Grafis Menakjubkan


Jika umumnya yang dikenal adalah HDR (High Definiton Resolution) sebagai sajian grafis sempurna. Atau mungkin akhir-akhir ini banyak gadget yang telah menggunakan resolusi 4K. Tapi tahukah kalian bahwa ada resolusi grafis tinggi lain yang bernama Dolby Vision.
apasih dolby vision
Saat ini kalian dapat menikmati format HDR premium Dolby Vision di berbagai platform yang beragam. Seperti misalnya di console game Xbox One S dan Xbox One X, serta iPhone XS dan iPhone XS Max yang tentunya untuk saat ini semuanya masih tergolong baru.

Tapi sebenarnya apa sih yang begitu menarik tentang Dolby Vision, dan mengapa visual ini sangat disarankan ada di gadget rumah kamu?. Yuk mari kita bahas bersama di artikel liwato kali ini.

Mungkin hanya segelintir orang yang tahu, bahwa sebenarnya Dolby Vision dapat dibilang sebagai kemajuan yang mengubah sebuah standar grafis ke TV yang kita butuhkan selama dekade terakhir.

Yups, 4K sendiri sudah kita ketahui telah memberi angin segar sebagai piksel tambahan yang terbaik saat ini.

Dolby Vision, dapat dibilang sebagai inovasi yang paling apik dan indah hingga saat ini. Sebuah format dari studio besar yang dibawa menuju gadget-gadget pribadi rumahan yang dapat dengan ramah digunakan oleh penggunanya. Potensinya untuk menghasilkan gambar yang penuh warna, dinamis, dihitung berdasarkan detail demi detail. Semuanya kini sudah bisa muncul di TV rumahmu.


Jika kalian merupakan orang yang tidak ingin ketinggalan dengan teknologi terbaru, tentunya kualitas grafis menjadi salah satu yang harus diikuti. Kalian pasti mengharapkan gambar yang tajam dengan warna-warna cerah dan detail yang bagus di bioskop dan di televisi kalian dirumah.

Dolby Vision menyajikan pencitraan grafis yang jauh lebih keren, dengan kecerahan yang menakjubkan, warna ultravivid, gelap pekat, dan kontras luar biasa yang memungkinkan penikmatnya dapat melihat lebih detail mengenai apa yang tonton dalam film dan acara TV.

Apa itu Dolby Vision?

Jika inovasi HDR saja sudah cukup mengejutkan kalian untuk beberapa waktu ini, tunggu sampai kalian menemui dan tahu Dolby Vision.

Dolby Vision bertujuan untuk membuat teknologi HDR (High Dimension Resolution) lebih baik dan keren. Bisa dibilang, saat ini HDR hampir sama dengan inovasi mainstream yang telah menjamur seperti teknologi AV mana pun pendahulunya.

Hasil Gambar dolby vision

Dolby Vision adalah jenis HDR yang kini sudah sangat populer. Bisa dibilang urutan kedua setelah standar HDR10 yang sudah digunakan di mana-mana dan disertakan pada semua TV dan console HDR. Dan sementara itu, jika berdasar pada banyaknya teknologi inovasi yang telah dibuatnya pada standar HDR dasar, bagaimanapun juga Dolby telah memainkan peran penting dalam pengembangannya.


Dolby Vision sendiri masih termasuk dalam varian HDR dan karenanya, ia menambahkan lapisan metadata dinamis ke sinyal HDR inti. Metadata dinamis ini dapat membawa scene by scene (atau dalam beberapa kasus frame-by-frame) sesuai instruksi dari pembuat konten tentang bagaimana TV harus menyajikan gambar yang diterimanya. Tentunya ini adalah detail yang dapat meningkatkan segalanya dari kecerahan hingga kontras, dan reproduksi warna.


Peningkatan kualitas yang paling utama dari perspektif pengguna, adalah dengan menempatkan lapisan informasi tambahan di atas sinyal video HDR10 inti yang berisi informasi scene demi scene yang dapat digunakan oleh TV Dolby Vision, sebagai teknik peningkat untuk penyajian gambar.

Tentunya ini akan lebih baik di bagian kecerahan maupun ketajaman,. Tidak heran jika Dolby Vision memungkinkan TV kalian untuk menampilkan berbagai macam warna dalam Rec. Standar 2020.

Ini berarti warna yang dipetakan dengan Dolby Vision dapat terlihat lebih kaya, lebih bernuansa, dan lebih seimbang daripada rekaman SDR. Hal-hal seperti detail bayangan, kemahiran warna dan tingkat kegelapan sering melihat peningkatan.


Hasilnya adalah, kalian akan mendapatkan pengalaman yang lebih mendalam dan menakjubkan, karena kalian mengambil gambar HDR secara keseluruhan, daripada berfokus pada puncak yang menonjol.

Sajian 'super' yang diberikan untuk para penggemar Audio Video, adalah Ultra HD Blu-ray. Dolby Vision telah dimasukkan sebagai opsi pada lembar spesifikasi UHD BD. Tentunya ini berdasar pada keinginan para penggemar AV sangat ingin melihat seberapa besar perbedaan yang mungkin dibuat sistem Dolby terhadap kualitas gambar dari sumber berkualitas terbaik lainnya di dunia Audio Video.

Pendukung Dolby Vision

Untuk menghindari adanya hal ‘nanggung’ untuk pengalaman penggunanya, Dolby Vision merupakan platform video berlisensi yang membutuhkan semua item dalam rantai video untuk mendukung kualitasnya. Jadi jika kalian memutuskan untuk membeli disk Despicable Me 4K Blu-ray, itu saja tidak akan cukup jika digunakan untuk aksi solo. Kalian juga masih membutuhkan TV yang mampu menerima Dolby Vision, dan pemutar 4K Blu-ray yang mampu memainkan Dolby Vision.

hdr10 vs  dolby vision


Perangkat yang umumnya terkait dengan Dolby Vision adalah LG dan Sony. Mereka dengan tegas berada di belakang teknologi grafis ini dengan penawaran premium untuk para penggunanya. Panasonic dan Philips telah mengadopsinya di berbagai TV high-end hingga mid-range yang signifikan, dan telah memperluas jangkauan format HDR.

Perangkat Dengan Dolby Vision

Semua TV OLED LG berkemampuan DV, demikian juga TV LCD Super UHD kelas atas. TV Sony dengan chip X1 Extreme (ZD9, A1 OLED, XE93 dan XE94, plus 2018 X900F) juga didukung dengan Dolby Vision setelah pembaruan firmware, seperti halnya beberapa TV VIZIO dan TCL di AS. Banyak rentang TV 2019 Panasonic (GX800, GX920, GZ1000, GZ1500 dan GZ2000) juga dilengkapi dengan dukungan Dolby Vision.

Penambahan terbaru untuk keluarga Dolby Vision adalah pada perangkat konsol game - termasuk Xbox One S dan Xbox One X - dan ponsel. Format ini dapat ditampilkan pada handset iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone X dan LG G6 yang tentunya semuanya tergolong baru. Dolby Vision menghadirkan visual dan warna yang benar-benar jelas ke layar gadget digenggamanmu.

Hasil gambar dolby vision

Smartphone di pasaran saat ini bagai telah melompat ke atas jalur standar kualitas HDR.  Dan hampir seluruh ponsel saat ini telah mendukung format pencitraan yang lebih baik. Jadi sekarang kamu akan dengan sangat mudah mendapatkan gambar HDR yang jelas saat menggunakannya.


Di sini, Dolby Vision bekerja dengan cara yang sama seperti di TV. Tentunya menjadikannya lebih mudah beradaptasi pada perangkat seluler, menyesuaikan untuk mendukung kinerja tampilan gadget genggam dan berharap untuk menampilkan warna menjadi lebih kaya dan lebih jelas, dengan warna hitam yang lebih dalam dan kecerahan yang lebih baik.


Tidak seperti HDR10 - yang gratis bagi para content creator untuk dilisensikan, mereka yang ingin menggunakan Vision harus membayar biaya lisensi kepada Dolby. Sebagian besar produsen tampaknya sudah bersedia melakukan ini, sementara masih ada  saja ketidakcocokan yang cukup besar.

Tertarik Menikmati Dolby Vision?

Mungkin kalian sekarang sudah gregetan dan gemas. Dolby Vision untuk saat ini memang telah memberikan kinerja menonton yang unggul ke HDR10 standar. Jadi, semakin banyak konten Dolby Vision muncul, kita tentu dapat membayangkan beberapa, mungkin banyak, penggemar AV yang akan ingin membeli peralatan yang mendukungnya.

Visualisasi pada berbagai macam display gadget adalah prioritas yang sepertinya selalu berusaha dikembangkan oleh para developer. Bagaimana? Sudah paham kan sekarang apa itu Dolby Vision?. Tertarik untuk membeli gadget dengan fitur ini?.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.