Langsung ke konten utama

3 Pelajaran Hidup Mendalam Serial Game of Thrones [Fans Harus Tau!]

Serial TV yang dimulai pada tahun 2011 ini memiliki season terakhir yang diputar pada pertengahan tahun 2019.


Pasti para penonton setia sudah menunggu dengan sabar untuk diluncurkannya setiap season pada setiap tahunnya. Dan perjuangan keluarga Stark di sepanjang film sudah terekam dramatis di ingatan kalian.

Cerita yang kompleks dan detail membawa penonton terasa ikut masuk dan merasakan empati pada setiap detik cerita berjalan. Lalu, apasih pelajaran yang bisa dipetik dari Game of Thrones sebenarnya?. Ternyata ada banyak makna-makna mendalam yang tersirat di setiap alur ceritanya.



Semua Orang Bisa Berubah

Ini pelajaran hidup yang sebenarnya ada di dalam setiap karakter manusia. Perubahan sifat karakter yang pada season-season awal terlihat baik dan berhati malaikat, tidak menutup kemungkinan dapat berubah total karena pengalaman dan kejadian-kejadian. Pada sebuah cerita, biasanya karakter akan dibuat secara hitam (buruk) atau putih (baik). Namun berbeda dengan Game of Thrones, pengembangan sifat dari setiap karakter dibuat senatural mungkin dimana manusia sebenarnya ada pada bagian abu-abu.

Contoh kisah karakter Game of Thrones yang paling mencolok pada bagian ini adalah sosok Khalesi cantik Daenerys Targaryen. Dia yang pada awalnya polos dan memiliki jiwa kemanusiaan tinggi, berubah menjadi kaku dan kejam seiring berjalannya waktu dan berbagai kejadian yang ia alami. Sang hero berubah menjadi pembunuh pada akhir kisahnya.

Alt Text!


Harta, Tahta, Wanita Itu Benar Adanya

Walaupun tidak memiliki setting waktu yang sama dengan abad kita berada, namun jika kita kaji lebih dalam, tiga komponen yang sebenarnya saling berjauhan ini memang sangat berbahaya jika bersatu dan bermasalah. Terlepas dari banyaknya karakter yang ada membawa masing-masing masalah, kita bisa langsung dengan mudah memahami bahwa Harta, Tahta dan Wanita adalah penyebab utama dari semua bencana dan perang pada film ini. Keseluruhan cerita selalu berputar pada tiga komponen ini.

Contoh kisah karakter Game of Thrones yang paling mewakili bagian ini adalah pasangan incest si kembar Cersei Lanister dan Jaime Lanister. Mereka yang hanya memikirkan reputasi dan nama baik atas nama cinta, melakukan segala cara untuk menutupi aib mereka. Tanpa  memperdulikan keputusan mereka akan memicu perang atau bencana bagi ribuan orang.



Hukum Aksi Reaksi

Ane sangat suka dengan teori ini. Kita juga sering menemukannya dikehidupan. Apapun aksi yang kita lakukan hari ini, akan selalu berdampak dengan apa yang akan kita dapat dikemudian hari. Tak perduli seberapa baik kita dimasa depan, masa lalu kita tidak bisa terkubur begitu saja. Ini adalah hukum alam sebab akibat yang tidak bisa dipungkiri. Apa yang kita tanam, pasti akan kita tuai di kemudian hari.

Contoh kisah karakter Game of Thrones yang paling mewakili bagian ini adalah sosok Margaery Tyrell. Dia memang berhati malaikat di dalam, namun kesalahan dan keegoisannya dimasa lalu membuatnya harus ikut merasakan penderitaan dan kematian yang mengerikan.


Kalian bisa mengambil sisi lain makna dari film ini. Karena pada dasarnya, Game of Thrones memang berfokus pada karakter asli manusia dan konsekuensi setiap perbuatan. Semoga tiga poin diatas bisa menjadi pelajaran hidup kita bersama untuk selalu memikirkan kembali mengenai apa-apa yang kita lakukan. Menengok kembali apakah itu benar, salah dan apa konsekuensianya.

Komentar

  1. wahhh, mantao gan pembahasan artikelnya!
    jangan lupa mampir ya AORLIN(.)com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.