Langsung ke konten utama

Kenapa Memori Android Sering Penuh Padahal Sudah Dihapus?

Apakah ponsel Android kamu juga mengalami kesalahan deteksi penyimpanan yang tidak memadai? Jika ya, jangan khawatir! Karena kamu bukan satu-satunya yang galau akan hal tersebut. Di sini, ane akan memberi kamu  solusi sederhana untuk memperbaiki masalah memori penuh ini dengan cepat.


Sudah sangat umum apabila penyimpanan ponsel kalian cepat sekali penuh walaupun sudah tidak ada lagi datanya. Bahkan kadang tidak cukup untuk menyimpan apapun lagi, padahal kita sudah merasa memghapus semuanya. Lalu Bagaimana ini bisa terjadi?

Seperti diketahui, memori internal perangkat Android tidak pernah sebesar yang terlihat dan yang diketahui. Untuk perangkat dengan penyimpanan 32GB, banyak ruang penyimpanan ditempati oleh sistem operasi, aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya, serta ruang yang terbuang juga berdasarkan bagaimana OS itu sendiri memformat media penyimpanannya.

Akibatnya, ketika mencoba menginstal atau memperbarui aplikasi di Android kamu, kamu akan diberitahu bahwa penyimpanan ponsel tidak mencukupi walaupun aplikasi tersebut membutuhkan ruang lebih sedikit daripada apa yang sebenarnya tersedia di perangkat Android kamu. (Terkadang ada pula peringatan dari kesalahan serupa seperti “perangkat ini tidak memiliki cukup ruang untuk mengunduh", notif ini dapat muncul saat mengunduh aplikasi baru).

Namun, sebenarnya ada cukup ruang penyimpanan yang tersedia untuk memperbarui atau menginstal aplikasi yang diperlukan tetapi tidak cukup ruang untuk menjalankan proses. Pada artikel kali ini juga cocok sekali sebagai jawaban untuk pertanyaan - "mengapa ponsel saya mengatakan memori penuh padahal kosong?".

Solusi 1: Hapus Cache Aplikasi untuk Membebaskan Ruang pada Android

Secara umum, kurangnya ruang kerja mungkin merupakan salah satu penyebab utama kurangnya penyimpanan yang tersedia untuk pengguna Android. Biasanya, aplikasi Android apa pun menggunakan tiga set penyimpanan untuk aplikasi itu sendiri, file data aplikasi dan cache aplikasi.


Jika ukuran cache terlalu besar, itu akan menempati sebagian besar ruang meskipun dilaporkan bahwa ruang yang ditempati adalah ruang kosong pada perangkat Android. Dalam hal ini, mengosongkan cache aplikasi ponsel kamu adalah cara yang berguna untuk memperbaiki kesalahan penyimpanan Android yang tidak mencukupi.

Bagaimana cara menghapus cache aplikasi? Ikuti langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan pertama dari layar beranda dan kemudian pergi ke Aplikasi atau manajer Aplikasi
  2. Kemudian disana kamu akan dapat melihat semua aplikasi yang diunduh di perangkat Android kamu terdaftar serta berapa banyak ruang penyimpanan yang digunakan.
  3. Ketuk Menu atau More untuk mengurutkan aplikasi ini berdasarkan ukuran sehingga akan memudahkan untuk memeriksa mana yang paling banyak menghabiskan penyimpanan.
  4. Ketuk aplikasi khusus untuk melihat ruang penyimpanan yang ditempati oleh aplikasi, datanya (ada di bagian Penyimpanan) dan cache (ada di bagian Cache).
  5. Ketuk Clear Cache untuk mengosongkan cache. Ini berguna untuk mengosongkan sebagian ruang.
  6. Ulangi proses yang sama untuk setiap aplikasi.

Selain itu, kamu juga dapat menghapus semua file cache untuk semua aplikasi Android yang ada. Untuk melakukan ini, navigasikan langsung ke Pengaturan> Penyimpanan> Memori Perangkat. Lalu ketuk Data cache dan Hapus untuk menghapus semua data yang di-cache dari semua aplikasi yang kamu miliki.

Setelah menyelesaikan operasi di atas, ane harap kamu tidak lagi mengeluh "Android mengatakan penyimpanan tidak cukup tetapi sebenarnya punya ruang".

Solusi 2: Transfer Foto / Video dari Android ke Komputer

Jika kamu menemukan bahwa perangkat Androidmu memiliki penyimpanan yang tidak mencukupi, salah satu solusi terbaik adalah memindahkan beberapa file besar termasuk foto, video, audio, dll ke komputer. Ini dilakukan sehingga membebaskan penyimpanan Android. Untuk melakukan ini, kamu memerlukan alat transfer data pihak ketiga.



Kamu bisa melakukannya dengan melalui kabel data, perangkat OTG ataupun bluetooth.

Solusi 3: Simpan Gambar dan Video ke Kartu SD Eksternal Daripada Memori Internal

Foto dan video menghabiskan banyak penyimpanan di perangkat Android. Selain memindahkannya ke komputer, kamu dapat memperbaiki masalah kehabisan ruang penyimpanan Android dengan menyimpan gambar atau video kamu ke kartu SD.


Jika sudah menyimpan foto dan video di penyimpanan internal ponsel, kamu harus terlebih dahulu menghapusnya ke kartu SD. Setelah itu, ubah penyimpanan default untuk gambar dan video ke kartu SD.

Untuk melakukan ini, buka Pengaturan> Pengaturan Kamera. Kemudian, pilih Lokasi penyimpanan untuk mengubahnya ke kartu SD atau Kartu memori jika jalur penyimpanan default adalah Perangkat.

Solusi 4: Hapus Aplikasi yang Tidak Diinginkan

Terkadang masalah "ruang penyimpanan Android habis tetapi tidak" disebabkan oleh jumlah data yang tersimpan di memori internal ponsel yang sangat besar. Jika kamu memiliki banyak aplikasi di perangkat Android dan menggunakannya secara bersamaan, memori cache pada ponsel kamu ini dapat diblokir, inilah yang menyebabkan penyimpanan Android tidak mencukupi.



Dalam hal ini, kamu dapat memilih untuk menghapus instalasi beberapa aplikasi yang tidak diinginkan atau tidak digunakan untuk membebaskan ruang penyimpanan. Operasi ini sangat sederhana.

Untuk menghapus aplikasi, buka Pengaturan di ponsel Android kamu.
  1. Masuk ke bagian Aplikasi untuk mendapatkan daftar semua aplikasi yang telah diinstal pada perangkat.
  2. Kamu juga dapat mengurutkannya berdasarkan ukuran.
  3. Kemudian pilih aplikasi yang tidak dibutuhkan.
  4. Klik Uninstall untuk menghapusnya.


Jika kamu memiliki banyak aplikasi yang perlu dihapus, ulangi langkah-langkah di atas untuk membebaskan beberapa ruang untuk memperbaiki ruang yang tidak mencukupi.

Solusi 5: Pindahkan Aplikasi dari Penyimpanan Internal ke kartu SD

Beberapa dari kamu mungkin tidak ingin menghapus aplikasi apa pun dan lebih suka mencari penyimpanan yang tidak mencukupi untuk memperbaiki Android yang tersedia tanpa root. Di sini, cukup memindahkan beberapa aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD adalah pilihan yang baik. Ini dapat menambah ruang pada memori internal ponsel dan menyelesaikan masalah.



  1. Buka menu Pengaturan di perangkat Android kamu.
  2. Ketuk pada Aplikasi.
  3. Kamu masih dapat mengatur semua aplikasi secara berurutan dengan mengetuk Urutkan berdasarkan ukuran.
  4. Kemudian, pilih aplikasi dan ketuk Pindahkan ke kartu SD.

Ulangi operasi ini untuk menghapus aplikasi yang menghabiskan banyak ruang penyimpanan.

Solusi 6: Gunakan Aplikasi Cleaner (Pembersihan) untuk Mengosongkan Beberapa Ruang di Android

Terkadang beberapa file sampah menempati banyak ruang Android, menyebabkan ruang pada perangkat tidak mencukupi. Dalam hal ini, kamu dapat menggunakan aplikasi pembersih untuk Android untuk membersihkan beberapa file sampah dan mengoptimalkan perangkat kamu.


Aplikasi ini dapat berupa MobileGo, CCleaner, dll. Cukup unduh satu dari Google Play Store untuk menghapus beberapa cache, sampah atau file yang tidak diinginkan.

Solusi 7: Factory Reset Perangkat Kamu

Jika kamu telah mencoba semua solusi di atas tetapi masih mengalami kesalahan penyimpanan yang tidak mencukupi, kamu dapat memperbaiki masalah dengan mengatur ulang pabrik.
Cara ini ane rasa cukup ekstreem, dan merupakan cara terakhir yang cukup beresiko dilakukan. Karena kamu akan benar-benar mendapatkan ponsel yang bersih dari segala aplikasi dan sampah. Tapi kamu harus bersiap untuk mendapati ponsel kamu kosong.
  1. Pergi ke pengaturan.
  2. Ketuk Sistem
  3. Setel Ulang atau Cadangkan & setel ulang.
  4. Ketuk Reset data pabrik dan Reset ponsel atau Reset tablet. Jika perlu, masukkan PIN, pola, atau kata sandi.
  5. Lalu ketuk Hapus semua.
Perhatikan bahwa metode ini dapat menghapus semua data yang tersimpan di perangkat Android kamu.  Maka dari itu ane sarankan untuk sebaiknya mencadangkan data penting kamu terlebih dahulu. Kamu tidak ingin kan, kehilangan banyak file penting setelah pengaturan ulang pabrik?.



Bagaimana? Apakah Informasi mengenai memori android tiba-tiba penuh ini bermanfaat bagi kamu?. Yuk diskusikan di komentar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.