8 Cara Merawat Bosai Beringin / Ficus [Pupuk, Stek, Okulasi & Pertumbuhan Cabang]

0

Keindahan dan keunikan bonsai beringin tidak hanya terletak pada bentuknya yang mungil, tetapi juga pada kemampuan kita untuk merawatnya dengan penuh perhatian. Merawat bonsai beringin bukan sekadar hobi, melainkan seni yang membutuhkan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan tanaman ini.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi langkah-langkah penting dalam merawat bonsai beringin, mulai dari pemilihan pot yang tepat hingga teknik penyiraman dan pemangkasan yang benar. Mari kita pelajari bersama bagaimana menciptakan dan merawat bonsai beringin agar tetap indah dan sehat dalam lingkungan rumah atau taman kita.


Mengenal Bonsai Beringin

Ficus atau beringin adalah pohon indoor yang tidak tahan dingin. Pada musim panas, bisa ditaruh di luar jika suhu di atas 60°F (15°C). Butuh banyak cahaya, sebaiknya sinar matahari penuh, jadi jangan letakkan di tempat teduh. Pastikan suhu tetap stabil. Meskipun buah ara-nya tahan kelembapan rendah karena daunnya yang tebal dan berlilin, mereka lebih suka kelembapan tinggi dan memerlukan kelembapan sangat tinggi untuk pertumbuhan akar udara.

Ada banyak spesies pohon Beringin, dan yang paling populer untuk bonsai adalah Ficus Retusa. Bonsai Beringin sering memiliki bentuk batang melengkung s dan daun hijau tua. Varietas lain termasuk Microcarpa, Tigerbark, Daun Willow, Golden Gate, Religiosa, Benjamina, dan Taiwan. Jika Anda kesulitan mengenali pohon Anda, lihat artikel tentang Cara Identifikasi Bonsai.

Pohon ara bisa tumbuh sangat besar, dan semua spesies Bonsai ara memiliki getah lateks seperti susu. Buah ara tropis bisa berwarna kuning, hijau, merah, atau ungu-biru dengan ukuran bervariasi. Beberapa pohon ara bisa menghasilkan bunga yang indah, tetapi hanya tawon ara penyerbuk khusus yang dapat menyerbuki bunga tersembunyi.

Kebanyakan pohon Bonsai Beringin dapat mengembangkan akar udara, yang sering terlihat dalam kreasi Bonsai dengan banyak pilar akar udara atau gaya akar di atas batu. Untuk merangsang pertumbuhan akar udara di rumah, pertahankan kelembapan hampir 100% dengan menggunakan penutup kaca atau tangki ikan.

Daun pada Bonsai Beringin umumnya memiliki ujung runcing tempat air hujan menetes. Ukuran daun bisa bervariasi, dan pohon ara memiliki kulit kayu halus berwarna abu-abu. Beberapa varietas memiliki pola kulit kayu khusus. Namun, perlu diingat bahwa Ficus Ginseng beracun bagi hewan, jadi pastikan untuk menjauhkannya dari hewan peliharaan Anda.

Baca Juga : Jenis-Jenis Pohon Bonsai Yang Cocok Untuk Iklim Indonesia

- -

Penyiraman

Jangan terlalu mengikuti saran yang menyuruh menyiram Beringin setiap hari. Sebaiknya, perhatikan kondisinya dan siram saat tanah sedikit kering. Bonsai Beringin suka air lunak pada suhu ruangan dan kadang bisa bertahan di dalam atau di bawah air.

Sebaiknya, siram secara merata setiap kali tanah agak kering. Untuk menjaga kelembapan, gerimis harian dianjurkan, tapi hindari terlalu banyak agar tidak menyebabkan masalah jamur. Saat musim dingin, semakin hangat penempatannya, semakin banyak air yang dibutuhkan. Jika ditempatkan di tempat yang lebih sejuk, cukup menjaga sedikit lembap. Untuk informasi lebih lanjut, baca panduan tentang cara menyiram pohon Bonsai.

- -

Pemberian Pupuk

Pemberian pupuk sebaiknya dilakukan setiap dua minggu selama musim panas, dan setiap empat minggu selama musim dingin, terutama jika pertumbuhannya tidak berhenti. Gunakan pupuk cair atau pupuk organik pelet untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan. Untuk panduannya baca di artikel tentang cara pemberian pupuk pada bonsai.

- -

Pemangkasan dan Pemasangan Kawat

Agar bentuk pohon tetap terjaga, lakukan pemangkasan secara teratur. Pangkas kembali menjadi 2 helai daun setelah tumbuh 6-8 helai daun.

Pemangkasan daun atau defoliasi bisa dilakukan untuk memperkecil ukuran daun. Jika ingin batang lebih tebal, biarkan Beringin tumbuh bebas selama satu atau dua tahun sebelum pemotongan. Pastikan untuk menutup luka besar dengan pasta potong. Untuk membentuk cabang, gunakan kawat pengaman terutama pada cabang yang kuat.

Pemindahan Pot

Ganti pot pohon Beringin setiap dua tahun selama musim semi, menggunakan campuran tanah Bonsai. Pohon Ficus sangat kuat terhadap pemangkasan akar. Untuk informasi lebih lanjut, baca juga :  panduan pemindahan pohon Bonsai.

Memperbanyak dan Okulasi

Stek dapat ditanam kapan saja, tapi keberhasilannya lebih tinggi pada pertengahan musim panas. Pelapisan udara dapat dilakukan terbaik pada musim semi menjelang hujan. Musim semi juga waktu terbaik untuk menanam benih Beringin. 

Baca Juga : Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menanam Bonsai?

- -

Stek Cabang dan Akar

Beringin bisa disatukan dengan menggabungkan cabang, akar, atau batang. Ini dikenal sebagai pendekatan-cangkok. Anda dapat mengikat tanaman muda untuk membentuk satu batang kuat. Cabang dan akar juga bisa dicangkok.

Dalam kondisi pertumbuhan yang baik, akar udara bahkan bisa diambil dari satu bagian pohon dan dicangkokkan ke bagian lain. Untuk penyembuhan cepat, tanaman muda, pucuk, atau akar udara bisa dicangkokkan pada luka. Dengan kreativitas yang luas, penanam berpengalaman dapat menciptakan struktur menarik pada Ficus retusa sebagai tanaman Bonsai.

- -

Hama dan Penyakit

Meskipun Beringin cukup tahan terhadap hama, mereka tetap rentan tergantung pada lokasi dan waktu dalam setahun, terutama di musim dingin.

Udara kering dan kurangnya cahaya bisa melemahkan Bonsai Beringin, menyebabkan daun rontok. Dalam kondisi seperti ini, mungkin terjadi serangan kutu sisik atau tungau laba-laba. Menggunakan insektisida atau mitisida dapat membantu menghilangkan hama, tetapi penting juga memperbaiki kondisi hidup Ficus yang melemah. Memberikan cahaya cukup dengan lampu tanaman dan sering menyemprotkan daun dapat membantu proses pemulihan.

Baca Juga : Apa saja hama yang menyerang pohon bonsai

Mulai membeli Beringin

Ketika mendapatkan Bonsai ficus ginseng, Anda dapat menemukannya di berbagai tempat seperti toko perbaikan rumah atau pembibitan. Bonsai yang diproduksi secara massal dengan harga murah mungkin memiliki beberapa masalah seperti bekas luka dari kawat berkarat, bentuk yang kurang menarik, atau pot tanpa lubang drainase. Beli dari pedagang Bonsai khusus dapat memberikan pilihan Bonsai berkualitas tinggi yang telah dirawat dengan baik, mulai dari tanaman muda hingga pohon Bonsai bernilai tinggi.

(Pak Syukur)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top