Review Anime: Higurashi (When They Cry) - Ngeri Sedap Kutukan Iblis

0

Selamat datang di review Higurashi no Naku Koro ni (When They Cry), salah satu dari anime favorit dan juga salah satu dari anime misteri favorit gue. Kayak biasa, gue bakal bahas ceritanya, gambar animasinya, suaranya, karakter-karakternya, dan tingkat keseruannya menurut pandangan gue. 

Gue bakal hindari spoiler di review ini. Gak bakal ada deskripsi yang berlebihan atau gambar yang bakal gue masukin. Tapi, kalau kamu mau nonton Higurashi, inget aja bahwa anime ini punya kekerasan yang ekstrem dan tema-tema yang kelam; boleh dibilang, kategori R-17+ atau TV-MA.\


Serial ini dibagi menjadi 6 arc, masing-masing terdiri dari 2 hingga 6 episode, dan semuanya menyuguhkan akhir yang tragis. Ceritanya pun berulang di awal setiap arc baru, dan di balik ini terdapat misteri yang menjadi inti dari Higurashi. Gue bakal coba nggak buka-bukaan di sini. Soal struktur serial ini, gue suka banget. Tiga arc pertama berlangsung di episode 1-13, bikin putaran pertama seru. Episode 14-26 nyambungin ke tiga arc lainnya, ditempatin pas di tempat yang tepat—bukan dalam segi masuk akal, tapi dalam bikin penonton mikir dan ngebuka petunjuk dengan cara yang oke.

SINOPSIS

Saat itu bulan Juni 1983. Maebara Keiichi pindah ke kota pedesaan Hinamizawa dan bertemu dengan teman-teman sekelasnya: Rena, Mion, Rika, dan Satoko. Segalanya tampak tenang; mereka mengisi hari-hari mereka dengan bermain game setelah sekolah, dan mereka menantikan Festival Watanagashi tahunan untuk memperingati dewa setempat, Oyashiro-sama.

Tapi ini bukanlah kota biasa. Selama empat tahun terakhir, telah terjadi pembunuhan, dan satu orang lagi menghilang pada hari festival. Keiichi dan teman-temannya terlibat dalam peristiwa seputar misteri besar kota tersebut, dan mereka harus mencari tahu kebenarannya sebelum mereka kehilangan akal sehat... atau bahkan lebih buruk lagi.

Pernah gak kamu merasa kayak ada langkah kaki yang ngejarin kamu dari belakang? Kamu balik, tapi nggak ada apa-apa di situ. Pernah gak kamu denger suara kecil yang berkali-kali ngomong, "Gue minta maaf"? Apa ada sesuatu yang berdiri di atas tempat tidur kamu di malam hari, ngawasin kamu, nge-haunt kamu? Kamu duduk dan nyalain lampu, tapi nggak ada apa-apa di sana. Kamu ragu sama semua orang. Bahkan temen terdekat kamu jadi mencurigakan. Kamu ngerasa kehilangan akal sehat.

Kulit kamu pernah terasa kayak lagi kebakar? Seakan ada sesuatu yang bergelombang di bawah permukaan? Yang bisa kamu lakuin cuma garuk-garuk rasa gatal itu—garuk, garuk, dan garuk—sampe kuku dan ujung jari kamu basah oleh darah sendiri. Itu adalah kutukan dari Oyashiro-sama.

Baca Juga : Review Anime Shiki - Desa Vampir Penuh Duka

--

REVIEW

Awalnya, konsep Higurashi nggak bisa dibilang orisinil 100%.

Anak cowok pindah ke kota terpencil dan pelan-pelan ngeh kalo segalanya nggak sesuai tampang. Tapi, ini kayak latar cerita klasik buat anime misteri, nggak yang kebanyakan dipake. Higurashi juga impresif kalo lo liat gimana dia nyatuin beberapa genre yang biasanya nggak nyambung. Ini kayak anime harem/horor/misteri/drama/komedi/psikologis yang tetep bisa ngehibur. Detail dan orisinalitas ceritanya juga oke banget, dengan misteri yang bikin bingung, eksplorasi "kutukan," dan gimana dunianya diatur ulang di tiap arc. Gue mau cerita lebih banyak, tapi gue hindari spoiler ya.

Musim 2, Higurashi no Naku Koro ni Kai, penting banget buat nangkep misteri di seri pertama. Menurut gue, ini kelemahan strukturalnya. Makanya gue nggak bisa kasih nilai 10/10 atau 9/10 buat ceritanya. Tapi, meski begitu, musim pertama berhasil ngasih ending sementara yang memuaskan banget, klimaksnya juga bikin tegang dan asyik. Soal misteri yang masih blom kejawab di musim pertama, sebagian besar dijelaskan di musim kedua. Sisanya yang masih ada, dijelasin dengan cara yang nyambung sama kegilaan yang memengaruhi cara karakter melihat dunia.

Baca Juga : Redo Of Healer - Bikin Yang Nonton Sakit Jiwa

--

Konsep

Sekarang, kita bahas isi dan cara penyajian di Higurashi. Gue nggak tau anime lain yang bisa gabungin cerita komedi dan kesenangan ringan sama cerita kekerasan dan ketegangan se-mencekam ini. Pas suasana damai, gue ngerasa kayak lagi di sana bareng karakter-karakter yang lagi seru-seruan. Tingkah laku, reaksi, dan interaksi yang lucu, kocak, dan aneh banget bikin nghibur. Humornya setidaknya bakal bikin kamu senyum. Di sisi lain, Higurashi bener-bener tepat sasaran dalam ngasih ketegangan dan nuansa horornya. Kekerasannya tuh seteror yang seharusnya (dan percayalah, nggak lebih berlebihan dibandingin sama beberapa anime horor yang grafisnya di luar sana.) Selain itu, acara ini bisa banget ngebawa drama yang bagus dan bikin tertarik.

Baca Juga : The Apothecary Diaries - Anime Paling Jenius Tahun Ini

Di musim pertama Higurashi, tema dan motif yang cukup membuat pikiran berpikir nggak langsung keliatan, mungkin karena banyaknya adegan berdarah dan kegilaan. Tapi, ada beberapa yang udah ada, dan mereka cukup kuat. (Eh tapi beneran, musim kedua lebih baik lagi, masukin pesan dan tema yang lebih dalam.) Termasuk di antaranya persahabatan dan kepercayaan pada teman, pengkhianatan, penebusan dosa, kesalahpahaman, sebab dan akibat, cinta muda, obsesi, psikologi karakter, dan tekad.

--

Visual

Gue bukan kritikus anime sejati dan jelas bukan seniman, tapi gue selalu coba nilai elemen visual anime di setiap review. Yang gue utamain biasanya warna yang dipake, gaya seni spesifiknya, desain karakter, ekspresi wajah, detail dalam gambar, animasi gerakan, latar belakang, dan pemandangan, dan apakah secara keseluruhan keliatan halus. Higurashi rilis tahun 2006, jadi mungkin gak adil kalo gue nilai pake standar yang sama kayak buat anime modern. Iya, sebenernya enggak. Tapi gue bandingin sama karya lain dari genre yang sama, kayak Black Lagoon dan Happy Sugar Life

--

Warna-warna yang variatif dan nyaman dipandang di Higurashi menurut gue oke. Gaya seninya nggak biasa, dan jujur, susah buat ngukur mana yang sengaja dibuat dan mana yang kurang bagus. Gue sendiri suka gayanya, tapi juga ngeliat cara ini bisa merugikan pertunjukan kalo orang nggak ngerti. Sama halnya dengan ekspresi wajah; seiring waktu, bisa jadi lo bakal suka dengan wajah yang lebay, imut, atau gila, tapi biasanya, lo langsung bisa ngeh kalo emang suka atau bikin gugup.

Desain karakternya bener-bener oke, kalo ada yang ngomong sebaliknya, mereka pasti kurang lihat. Penampilan karakternya keren dari segala sisi. Latar belakang dan pemandangannya di Higurashi juga lumayan bagus mengingat tahun pembuatannya dan budget yang lebih rendah. Tapi, detail dalam cara karakternya digambar dan di-animasikan agak kurang. Animasinya keliatan kaku dan aneh, mungkin ada masalah sama frame rate-nya. Ada banyak adegan komedi yang karakternya keliatan dibuat asal-asalan, dan kualitasnya dikurangin buat hemat duit dan waktu. Secara keseluruhan, visualnya nggak terlihat terlalu halus atau berkualitas tinggi.

Baca Juga : Higehiro - Saat Nggak Sengaja Mungut Cewek SMA di Jalan

--

Audio

Aku bakal sangat meremehkan kalo bilang para seiyuu ini cuma oke; mereka sebenernya sempurna banget di pertunjukan ini. Beberapa di antaranya bakal gue sebutin. Soichiro Hoshi ngisi suara pemeran utama cowok, Keiichi, dan gue kaget dia gak dapet peran lagi setelah ini karena aktingnya bener-bener mantep. Dia juga jadi MC di Gundam Seed, dan gue paling kenal dia sebagai Gino di Code Geass. Satsuki Yukino ngisi suara Mion dan Shion Sonozaki; dia mungkin yang paling kita kenal karena jadi suara Kagome di InuYasha dan Otae di Gintama. Rentang suaranya dari yang manis sampe yang ngeri tuh bikin kagum banget, terutama cara dia bisa ngasih volume dan power pas berteriak atau ketawa. Dia tuh seiyuu veteran yang bener-bener ngerti karakternya.

--

Rena Ryuuguu diisi suaranya sama Mai Nakahara, seiyuu lain yang juga luar biasa dan bisa mainin karakter yang threatening banget. Dia udah nge-voice banyak anime yang gue blom pernah liat, tapi gue tau dia jadi Luvia di Fairy Tale, Nagisa di Clannad, Watashi di Humanity Has Declined, Mai di Mai-Hime, kakak Yukinoshita di Oregairu, dan Nanami Yasuri di Katanagatari. Seiyuu Rika Furude adalah Yukari Tamura, yang suaranya biasanya lucu dan tinggi, tapi bisa juga kalo dia mau yang lebih serius, dll. Dia juga terkenal banget karena jadi suara Suzuha di Steins;Gate dan Nanoha di Magical Girl Lyrical Nanoha. Seiyuu fantastis lainnya termasuk Yuu Kobayashi (sebagai Satoshi), Miki Itou (sebagai Miyo Takano), dan Hirotaka Shimazawa (sebagai Detektif Ooishi).

Baca Juga : Daftar Anime Aksi Yang Layak Ditonton (Rekomendasi Tahun Ini)

--

Gue gak bisa lupa lagu pembuka dan penutup di Higurashi. Lagu penutupnya berjudul "Why, or Why Not?" oleh Hiroyuki Oshima, featuring Rekka Katakiri. Liriknya susah dimengerti karena pake bahasa Inggris dan dinyanyiin sama orang dengan aksen Jepang yang kental. Mungkin karena masalah bahasa, liriknya kadang-kadang nggak sepenuhnya masuk akal. Tapi keindahan melodi, suara penyanyi, dan vokal latar bikin lagu ini bener-bener jadi mahakarya. Ini basically lagu tentang Rika dan perasaan rahasianya.

Lagu pembuka dinamain sama kayak anime/manga itu sendiri: "Higurashi no Naku Koro Ni." Itu dibawain sama Eiko Shimamiya. Gue bisa coba gambarin, tapi nggak, gue gak bakal bisa gambarin dengan jelas, nggak peduli gimana pun gue coba. Lo cuma perlu dengerin.

--

Karakter

Menurut pandangan gue, karakter-karakter di Higurashi pantas dapet nilai 10/10 penuh, tapi banyak orang ngerasa sulit untuk nyambungin mereka karena kegilaan yang dialamin kebanyakan dari mereka di satu titik atau lainnya. Selain itu, susah juga buat dapetin gambaran detil tentang kepribadian karakter cuma dari satu kali nonton; buat ngerti dan suka sama mereka kayak gue butuh liat berulang kali dan nge-analisis banyak tingkah laku dan perkataan yang diucapkan.

Nggak cuma itu aja, karakter di Higurashi dikasih dan dikembangin dengan sempurna. Perkembangan dan pertumbuhan karakter berjalan dengan bagus, tersebar di sepanjang episode. Seru banget gimana lo bisa tau lebih banyak tentang tiap karakter di tiap arc. Ada pertumbuhan dan pematangan karakter yang memuaskan di dalam alur ceritanya, walaupun emang nggak selalu langsung kebawa ke alur berikutnya. Meskipun lo nggak bisa ngerti mereka dengan baik, gue yakin lo bakal ngerasa kalo Mion, Shion, Satoko, Rika, Keiichi, dan yang lainnya tuh karakter yang menarik dan menghibur.

Baca Juga : Review Non Non Biyori - Kehidupan Bahagia Di Desa

Kesimpulan

Gue pengen banget kasih contoh banyak hal yang gue suka. Hal-hal kayak karakter favorit, alur favorit, kutipan yang gue demen, momen lucu atau lelucon yang asik, momen sedih yang nyentuh, atau adegan favorit gue yang bikin karakter jadi gila. Tapi hampir semuanya melibatkan spoiler. Eh, tapi mungkin nggak juga. 

Skor Keseluruhan: 8/10 - BEST!

Karakter favorit gue tuh Shion Sonozaki, dan yang kedua favorit gue Rika Furude. Arc favorit gue di musim pertama tuh "Meakashi-hen," atau "Bab yang Membuka Mata." Ini dari episode 16 sampe 21. Sesuatu yang gue suka tuh tawa jahat Satoko, itu bener-bener sempurna.

(kris)

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top