Langsung ke konten utama

Cara Memangkas Bonsai : Panduan Memotong Cabang Dengan Benar

Sebelum kita bahas cara memangkas Bonsai dengan lebih detail, mari kita cari tahu sedikit informasi dasar tentang bagaimana pohon tumbuh. Ini akan membantu kita mengerti cara memangkas Bonsai dengan baik.


    Pohon biasanya tumbuh dengan satu batang utama yang lebih besar daripada ranting-ranting sampingnya. Ini membuat pohon tumbuh lebih tinggi. Namun, hal ini membuat cabang-cabang dalam pohon mati karena kurangnya cahaya. Untuk mengatasinya, kita perlu tahu bagaimana cara memangkas Bonsai dengan benar.


    Cara Memangkas Bonsai Sederhana

    Tujuan dari cara memangkas Bonsai untuk pemeliharaan adalah untuk menjaga bentuk dan keindahan pohon. Kita harus memotong ranting-ranting yang terlalu panjang dan lebat secara teratur.

    Menggunakan alat Bonsai yang tepat akan membantu secara signifikan. Jangan takut untuk memangkas Bonsai Anda secara teratur, penting untuk memaksa pohon untuk mendistribusikan pertumbuhan lebih merata dan mengembangkan dedaunan yang padat. Untuk sebagian besar pohon, disarankan untuk memangkas dua hingga empat kali setahun.

    --

    Kapan Harus Memangkas Bonsai?

    Anda bisa memangkas Bonsai sepanjang musim tumbuh, terutama dari awal musim semi hingga akhir musim gugur untuk Bonsai yang ditanam di luar ruangan. Untuk Bonsai di dalam ruangan, Anda bisa memangkasnya kapan saja sepanjang tahun.

    Di bagian spesies pohon Anda dapat memeriksa spesifik pada pohon tertentu Anda, sebuah Bonsai Ficus membutuhkan waktu yang berbeda dari Bonsai Juniper misalnya.


    Cara Memangkas Bonsai dengan Benar

    Untuk memangkas Bonsai dengan baik, cukup potong ranting-ranting yang terlalu panjang atau tebal menggunakan gunting khusus Bonsai. Jangan takut untuk memotong Bonsai Anda secara teratur agar pohon tumbuh lebih merata dan rapi. Disarankan untuk memangkas Bonsai dua hingga empat kali setahun.

    Pohon pinus dan beberapa jenis konifer harus dicubit dengan tangan daripada dipotong dengan gunting. Menggunakan gunting, gunting, atau gunting untuk memangkas beberapa spesies konifer dapat menyebabkan daun kering, mati pada potongan. Untuk mencegah hal ini terjadi, pegang ujung tunas antara ibu jari dan jari telunjuk Anda dan tarik dengan hati-hati. Tunas akan patah di titik terlemahnya dan Anda akan menghindari ujung yang kering atau mati. Berbagai spesies membutuhkan pemeliharaan yang berbeda mengenai pemangkasan dan pencubitannya; beberapa bahkan membutuhkan kombinasi keduanya. 

    Baca Juga : Cara Menyiram Bonsai Dengan Baik Dan Benar

    --

    Metode Lain untuk Memangkas Bonsai

    Selain memotong ranting-ranting, ada juga metode lain untuk memangkas Bonsai. Salah satunya adalah dengan mencubit pohon menggunakan jari tangan untuk jenis pohon tertentu. Anda juga bisa melakukan defoliasi, yaitu menghapus daun-daun pohon untuk memaksa tumbuh daun baru.

    --

    Cara Memangkas Bonsai untuk Styling

    Untuk memberi pohon bentuk dasar, kita perlu memangkas cabang-cabang yang besar. Ini bisa sulit karena mempengaruhi penampilan pohon. Sebelum Anda mulai memotong, lihatlah panduan dan contoh dari para ahli Bonsai. 

    1. Letakkan pohon Anda di atas meja dan posisikan diri Anda sejajar dengan mata.
    2. Mulailah dengan menghilangkan semua cabang mati dari pohon.
    3. Setelah itu selesai, periksa pohon Anda dengan cermat dan tentukan cabang mana yang perlu dihilangkan untuk membuat desain yang Anda inginkan.

    Baca halaman : Gaya Bonsai untuk beberapa tips dan trik tambahan.

    Memangkas cabang yang tebal biasanya menghasilkan bekas luka yang jelek tetapi dengan menggunakan gunting cekung khusus Anda dapat mengurangi efek luka yang signifikan. Saya menyarankan untuk menutupi luka besar dengan pasta pemotong, yang tersedia di sebagian besar toko Bonsai online. Pasta tersebut melindungi luka dari infeksi dan membantu pohon untuk sembuh lebih cepat. Sekali lagi, menggunakan alat Bonsai yang tepat akan membantu secara signifikan.

    Pohon yang sehat seharusnya tidak memiliki masalah dalam mengatasi pemangkasan hingga 1/3 dedaunan. Beberapa mengatakan Anda harus memotong/menghapus persentase akar yang sama setelah pohon telah di-styling. Namun, sebagian besar ahli menyarankan hanya melakukan satu pemeliharaan besar dalam satu waktu (atau bahkan sekali setahun).

    Baca Juga : Panduan Mengenali Jenis Pohon Bonsai Dirumah

    --

    Kapan Harus Memangkas Bonsai untuk Styling?

    Waktu terbaik untuk memangkas Bonsai untuk styling adalah di awal musim semi atau akhir musim gugur, sebelum atau sesudah musim tumbuh. Namun, waktu yang tepat bisa berbeda tergantung pada jenis pohonnya.

    Sebagai contoh, jika Anda memangkas struktur musim semi ini, Anda harus menunggu untuk melakukan penanaman kembali atau pemangkasan akar sampai musim semi berikutnya ketika pohon telah pulih sepenuhnya dari pemangkasan struktur. 

    (ps)

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

    Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

    10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

    Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

    Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

    Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.