Langsung ke konten utama

Sounan Desu Ka ? - Review [Edukasi atau Fanservice?]

Pada postingan mengenai anime kali ini ane ingin membagikan Review anime Sounan Desu Ka? (Apa kalian terdampar?). Anime ini rilis pada september 2019 dan menjadi anime yang menurut ane akan sangat menarik jika dibahas.


Sounan Desu Ka? memiliki 12 episode dengan masing-masing episode rata-rata berkisar 10-11 menit saja. Diadaptasi dari manga dan diproduksi oleh studio Ezola yang sebelumnya juga membuat anime shoujo ai ikonik Happy Sugar Life. Jika kalian pernah menonton Happy Sugar Life, maka kalian tidak akan terkejut mengenai nuansa feminin yang akan ada di sepanjang anime.




Sinopsis Sounan Desu Ka?

Menceritakan tentang sebuah kecelakaan pesawat yang menyebabkan empat orang siswa SMA  terdampar di sebuah pulau ditengah perjalanan study tour musim panas mereka. Pada awalnya mereka tidak mengenal satu sama lain namun keadaan darurat membuat mereka harus mengetahui siapa yang berada dengan mereka.


Empat siswa tersebut adalah Homare Onishima, Asuka Suzumori, Shion Kujo dan Mutsu Amatani. Asuka merupakan karakter yang ceria, kuat namun pemalas. Shion adalah anak orang kaya yang memiliki sifat manja. Karakter paling pintar diantara mereka adalah Mutsu. Sedangkan Homare ternyata adalah seorang petualang dan sudah berkali-kali terdampar.

Sounan Desu Ka Homare
Homare Sensei Menjelaskan
Homare menjelaskan bahwa dalam situasi seperti ini harus tetap tenang dan memahami 3 aturan dasar. Yang pertama adalah shelter, lalu makanan dan air. Mereka harus memenuhi ketiganya untuk bisa bertahan hidup ditempat tanpa manusia dan tanpa persediaan apapun.

Keahlian Homare dan kejeniusan Mutsu menjadi angerah bagi kelompok mereka untuk bisa bertahan hidup di pulau antah berantah tersebut. Bukan hanya satu dua hari, mereka berada disana sudah berhari-hari dan berhasil bertahan dengan ilmu bertahan hidup milik Homare.

Edukasi Absurd



Ane tidak bisa menyangkal bahwa informasi yang ane dapatkan mengenai 'bertahan hidup di alam liar' cukup banyak di anime Sounan Desu Ka ini. Hal-hal simpel yang jarang kita pikirkan disajikan dengan sederhana namun cukup menarik. Seperti misalnya ane juga baru tahu bahwa dibandingkan mencari makan, kita seharusnya membuat tempat berlindung terlebih dahulu ketika terdampar di alam liar.

Review Sounan Desu Ka Homare
Homare Meminum Darah Ikan (src https://m.media-amazon.com)
Tentunya informasi edukasi seperti itu tidak hanya disajikan secara informatif, namun cenderung absurd dan konyol. Ane bahkan harus berfikir dua kali ketika Homare memberi pasokan air secara paksa pada Shion melalui tempat yang tak seharusnya. (Ane nggak tahan cerita disini. Tonton aja sendiri ya).

Ane juga tak menemukan bahwa mereka berusaha membuat SOS di pasir seperti kebanyakan orang-orang jika terdampar di pulau. Sebagai gantinya, sepertinya mereka membuat asap yang selalu menyala 24 jam terus menerus.

Anime Seinen

Jika kalian mengira bahwa Sounan Desu Ka? ini adalah anime edukasi yang memberikan informasi mengenai cara bertahan hidup, maka kalian bisa jadi 60% salah. Bukan hanya ilmu bertahan hidup, anime ini juga dipenuhi fanservice. Dimana rata-rata kegiatan para cewek dilakukan secara fulgar bahkan menjijikkan.


Sounan Desu Ka Absurd
Ciuman dari Umbi Beracun
Memang diisi dengan beberapa komedi di dalamnya, namun tetap saja unsur 'cute girls do disgusting thing' tetap ditampilkan. Ini membuat anime ini memiliki rating dewasa dan masuk dalam kategori seinen.



Yuri Club?

Aktifitas para cewek dibuat semanis mungkin pada anime Sounan Desu ka. Namun karakter Homare yang cenderung superior dan proaktif membuatnya terlihat seperti karakter utama yang dominan dalam anime ini. Karakternya yang tenang dan penuh tanggung jawab atas keselamatan teman-temannya.


Ditengah teman-temannya yang manja dan cengeng, Ia satu-satunya yang tahu harus melakukan apa dan bagaimana. Membuatnya seakan menjadi main char harem shoujo ai serba bisa.


Terlepas dari banyaknya fanservice yang disajikan, anime ini bisa jadi referensi kalian untuk menonton anime dengan cerita yang ringan. Tertarik menontonnya? Atau kalian sudah menontonnya namun memiliki pendapat lain? Yuk diskusikan di komentar.

Komentar

  1. Lumayan seru di banding anime isekai haren , sayanga saunan gk ada season 2

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.