Langsung ke konten utama

Review Film Joker 2019 : Lahirnya Antihero Yang Dikagumi (Sinopsis+Spoiler)

review film joker 2019 bahasa indonesia

Siapa yang tak kenal Joker. Ia adalah tokoh penjahat yang terkenal sebagai musuh bebuyutan para pahlawan DC. Dandanan ikonik seorang badut sudah menjadi ciri khusus villain ini. Kali ini ane akan membagikan mengenai Review Film Joker untuk kalian.

Tayang pada awal oktober 2019, Warner Bross menyajikan sosok villain pada film dengan kisah solo seorang musuh terbesar serial pahlawan di DC universe. Alih-alih menayangkan kisah para pahlawan, DC malah mencoba arus lain untuk membahas mengenai tokoh penjahat. Joker menjadi tokoh yang kisah tragisnya diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama dengan namanya.


Sinopsis Film Joker

Suasana kota Gotham yang panas membuat penduduknya juga menjalani kesenjangan sosial dan hidup yang cukup keras. Perbedaan si kaya dan si miskin semakin jauh hingga mengakibatkan keirian dan kedengkian terpendam kaum bawah dengan kaum atas.



arthur mulai sakit di joker 2019
Saat Pacar Gebetan Lu Lebih Payah Dari Lu

Arthur (Joaquin Phoenix) adalah salah satu penduduk kota Gotham dengan status sosial yang cukup rendah. Ia tinggal bersama ibunya yang sedang menderita sakit stroke. Arthur memiliki cita-cita mulia menghibur orang banyak dan menjadi komedian besar, namun berakhir sebagai badut panggilan untuk menyambung hidup. Sayangnya ia sering mendapat bully-an dari orang orang sekitarnya yang jahil. Bukan hanya diolok-olok, tak jarang pula ia juga mengalami kekerasan fisik tanpa alasan dari para pem-bully.

Penderitaan yang dialami Arthur ternyata bukan hanya sampai disitu. Setelah ia berkonsultasi dengan psikolog, ia menemukan fakta bahwa dirinya mengidap skizofernia dan tidak bisa mengontrol emosinya terutama tertawa. Ia sangat menderita dengan penyakitnya dan kesusahan dalam mengontrol tertawanya ketika ia sedih, panik maupun senang. Hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab berbagai bully dari orang-orang sekitar.


Peringatan : Jika kalian tidak menyukai spoiler, maka ane sarankan untuk skip membaca bab sinopsis dari sini saja dan langsung melanjutkan ke bab selanjutnya.

Kepolosannya dalam menghadapi kerasan akhirnya berusaha dibantu oleh teman satu profesinya bernama Randall. Randall memberi Arthur sebuah pistol dengan alasan agar Arthur memiliki perlindungan atas dirinya sendiri. Ketika secara tidak sengaja ia ketahuan membawa pistol tersebut ke acara anak-anak di rumah sakit, Randall malah menyebar fitnah pada bossnya mengenai pistol tersebut dan menyebabkan Arthur dipecat.

Ia yang depresi akhirnya secara tidak sengaja menembak tiga orang yang membulinya di kereta api. Ini adalah kasus pembunuhan pertama Arthur yang akan mempengaruhi seluruh perubahan karakter dan sikapnya dalam menghadapi hinaan orang lain.

Hasil gambar untuk joker 2019

Sayangnya fakta menyakitkan mengenai masa lalu keluarganya terungkap. Arthur membaca surat yang dikirimkan Ibunya kepada calon walikota gotham dimana Ibunya mengaku bahwa ia adalah ayah Arthur. Sayangnya kemudian Arthur mengetahui bahwa ibunya adalah seorang yang menderita gangguan mental dengan delusi yang parah, ia mengangkat Arthur sebagai anak dan pernah menganiayanya. Sangat menyedihkan ketika Arthur sendiri bahkan tidak mengingat kejadian itu.

Definisi 'Sakit' Jiwa dan Raga

Aliran cerita yang dibangun dikombinasikan dengan acting brilliant dari Joaquin Phoenix berhasil menjadi sajian indah namun menusuk bagi para penonton. Karakter yang lahir dari musibah yang tidak biasa diperankan secara epik dan penuh haru. Penonton dibawa bergidik ngeri ketika melihat ekspresi Arthur dan suara tertawa Joker yang seakan menahan rasa sakit mendalam.

joker belajar tertawa
Senyum Sapa Salam
Penampilan Joaquin yang memerankan Arthur bisa saja membuatmu mendapat mimpi buruk dimalam hari setelah menonton film Joker. Sebenarnya ane merasa bahwa background musik yang ditampilkan tidak terlalu mendominasi. Namun inilah yang ternyata menjadi kunci penting nuansa 'ngeri' dengan cara 'lain' yang sepertinya memang ingin dibangun oleh DC Comic. Cukup dengan mendengar suara tawa Joker, kalian akan ikut merasakan apa yang dirasakan oleh Arthur.


Antihero Yang Dikagumi

Banyak sekali ane mendapati review maupun komentar mengenai film ini. Rata-rata menyebutkan bahwa "Orang Jahat Terlahir dari Orang Baik yang Tersakiti". Well, ini memang ada benarnya pada perubahan karakter Arthur menjadi Joker.
Pada adegan ketika Arthur diundang ke TV Show, ia mengatakan bahwa ia bukanlah aktivis yang menuntut apa-apa. Ia hanya ingin membalas dendam pada orang-orang yang jahat padanya tanpa alasan. Namun masyarakat umum menganggap bahwa sikap Joker itu benar dan menganggapnya pahlawan, karena mereka merasa hak mereka telah diambil paksa oleh para orang kaya yang bersikap seenaknya pada orang kalangan bawah selama ini.

review joker 2019
Cerdik adalah kunci

Ane pribadi merasa ragu dengan perspektif ane sendiri mengenai hal yang benar dan salah setelah menonton film Joker. Sebenarnya ada garis abu-abu yang samar diantara dua hal bertolak belakang tersebut. Jarang kita pikirkan, tapi akhirnya berhasil disajikan secara 'menusuk' oleh DC Comic melalui film Joker.

Rating 17th

Diisi dengan kegilaan dan kekerasan yang cukup mendominasi, film Joker memiliki rating 17 tahun keatas. Bukan karena materi seksualnya. Namun karena pesan yang disampaikan dan adegan kekerasan cukup berat jika ditonton untuk anak-anak bahkan remaja. Bahkan ane bisa bilang bahwa materi seksual dalam film ini hampir TIDAK ADA.

joker 2019 ending scene menari
Bukan Goyang Dumang



Mungkin beberapa tindakan yang tidak patut dicontoh yang dilakukan oleh Joker dikhawatirkan akan ditiru oleh para remaja yang belum cukup umur. Diantaranya yang paling menohok adalah ketika Arthur membunuh ibunya sendiri yang sakit karena sakit hati. Para remaja yang belum bisa membedakan 'zona abu-abu' kebenaran dan kesalahan bisa jadi akan menangkap perspektif yang salah pada adegan semacam ini.

Penonton Tak Sesuai Umur

Hal paling ane sayangkan pada pemutaran film ini adalah, para penontonnya. Masih banyak ane temui di dalam studio para orang tua yang mengajak anak-anak mereka yang masih dibawah umur untuk menonton film Joker ini. Beberapa dari mereka ada yang akhirnya menyadari lalu turun keluar ruangan dipertengahan film.

Namun tak sedikit pula yang masih ngeyel untuk tetap menonton dengan anak-anak. Alhasil ketika beberapa adegan kekerasan muncul secara blak-blakan di layar, ane mendengar jeritan khas anak-anak yang entah kaget atau ketakutan. Jadi yang salah siapa?.

Sekedar saran dari ane, ketika kalian ingin menonton film bersama keluarga, pastikan rating usia pada film tersebut sebelum menontonnya. Jika lembaga sesor film saja sudah memberikan rating dewasa untuk sebuah film, setidaknya itu sudah cukup memberikan informasi bagi para orang tua untuk membatasi tontonan apa yang layak atau tidak untuk anak mereka.


Akhir paragraf untuk review film Joker ini akan ane kasih penilaian 9/10. Ini berarti ane sangat merekomendasikan film ini untuk kalian tonton. Atau kalian sendiri sudah menonton namun memiliki pendapat lain? Yuk diskusi di di kolom komentar.

Komentar

  1. Nice
    Komen balik di https://z-bioskop.blogspot.com

    BalasHapus
  2. mantap gan
    www.milenia.site

    BalasHapus
  3. mantab ni reviewnya https://www.maxyotz.com/

    BalasHapus
  4. Nonton ini lahir membawa ideologi baru. Bahwa kadang sifat buruk itu ada karena pengaruh lingkungan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.