Langsung ke konten utama

Review - DANUR 3 : Sunyaruri [Fokus Sama Maskara] SPOILER + SINOPSIS


Film prekuel ke 3 dari seri DANUR yang diadaptasi dari novel karya Risa Saraswati ini tak kalah mencuri perhatian pada pertengahan tahun 2019. Maka ane sangat beruntung untuk berkesempatan memberikan Review Danur 3 Sunyaruri untuk kalian pada H+4 dari jadwal film ini tayang. Sudah siap?.

Disutradarai oleh Awi Suyadi, Danur 3 ini memiliki judul seri Sunyaruri (Alam Kesunyian). Masih tetap diadaptasi dari novel karya Risa Saraswati, film ini bekerjasama dengan Manoj Punjabi sebagai produser dan diproduksi MD Picture.


Sinopsis DANUR 3 Sunyaruri

Menceritakan sosok Risa Saraswati (Prilly Latuconsina), seorang penulis yang tinggal berdua dirumah dengan adiknya Riri. Risa yang merupakan gadis dengan keistimewaan indra ke 6 memiliki 5 sahabat hantu bernama Peter, William, Hans, Jansen dan Hendrick. Mereka ber-5 merupakan hantu anak-anak belanda yang menjadi sahabat Risa. Cerita mengenai mereka ada di serial yang berbeda.

Persahabatan mereka dengan Risa mulai goyah ketika Risa telah memiliki pacar dan teman-teman nyata yang baru. Sebenarnya, didalam lubuk hati Risa yang terdalam, ia ingin menjadi manusia yang menurutnya 'normal' dan memiliki teman-teman manusia selayaknya orang lain. Ia pun tidak mengijinkan adiknya memberi tahu teman-teman barunya itu bahwa ia adalah seorang indigo.

Kejengkelan Risa diperparah dengan keusilan 5 teman hantunya diacara ulang tahun Dimas (pacarnya). Ia yang marah akhirnya bertekad untuk menutup mata batinnya. Hal ini secara tidak terduga menjadi kesempatan bagus untuk Iblis jahat bernama Kartika menghasutnya.

Risa Kesurupan (src https://kurio-img.kurioapps.com)
Risa yang akhirnya berhasil menutup mata batinnya, menyesali keputusannya karena malah banyak hal-hal aneh berbahaya yang terjadi pada dirinya. Mulai dari hujan yang turun berhari-hari hanya di rumahnya, kebocoran rumah secara parah, mata bengkak, suara-suara aneh dan hal-hal berbahaya yang mulai mengancam fisik lainnya.

Ditengah kepanikannya, Risa masih tetap bisa mencium bau Danur namun tidak bisa melihat teman-teman hantunya. Ia akhirnya berusaha mencari tahu sendiri penyebab dari semua musibah yang mengancamnya. Perjuangannya kemudian dibantu oleh Riri dan Dimas untuk melawan iblis jahat bernama Kartika.

Setting Lokasi Yang Jenius

Hal paling jarang ditemukan pada film-film pada umumnya adalah lokasi yang itu-itu saja. Mungkin film aksi lokal semacam The Raid dan film thriller horor Ready Or Not bisa disebut memakai lokasi paling sedikit dibandingkan film lain.


Uniknya, Danur 3 Sunyaruri mungkin juga menjadi film dengan lokasi syuting yang 'simpel' dibandingkan film-film horor lokal lain. Memang ada beberapa adegan tambahan yang memerlukan lokasi lain, tapi bisa dibilang 80% keseluruhan cerita terjadi di rumah Risa.


Ini tentunya memerlukan kerja ekstra untuk tetap menjaga nuansa horor yang ada. Namun pencahayaan pada kondisi menengangkan dan sinematografi dari film ini cukup bisa memberi kesan 'puas' ketika menonton.

Gagal Fokus Gara-Gara Maskara

Pada judul sudah ane sebutkan bahwa 'maskara' merupakan poin utama yang terfikirkan oleh ane mengenai film Danur 3 : Sunyaruri ini. Sepanjang film ane malah ngakak di scene tertentu yang menyangkut maskara ini. Bagaimana itu bisa terjadi?. Mari kita bahas. 

Prilly yang notabenenya memang sudah cantik dari sananya, malah terlihat lebih tua pada film ini. Hal ini ane sadari ketika teman nonton ane nyeletuk "kok dandanannya malah kayak tante-tante?". Mungkin dia mengatakan hal tersebut namun tidak sadar mengenai apa yang sebenarnya membuat tampilan artis imut ini menjadi terlihat 'berat'.

Review danur 3 sunyaruri
Prilly Sebagai Risa di Danur 3 (src media.matamata.com)
Penampilan Risa secara keseluruhan memang dibuat terlihat santai dan natural selayaknya dirumah. Namun ane pribadi sangat tergangu ketika kamera mengarah pada mata Risa. Maskaranya terlihat sangat tidak natural. Mungkin beberapa dari kalian yang juga akan menemukan kebocoran makeup, dimana maskara tersebut meninggalkan bercak-bercak hitam pada kulit. Entah apakah hal ini merupakan disengaja atau memang 'bocor' tanpa diketahui oleh tim kreatifnya. 



Hal lain yang mengganggu di film Danur 3 mengenai hal ini adalah pada saat mata Risa sakit. Yang jadi pertanyaan adalah, cewek mana yang selalu mementingkan maskara 24 jam/hari bahkan ketika tidur maupun sebelah matanya sakit?. Sangat disayangkan bahwa detail kasar tersebut menjadi fokus frame berkali kali sepanjang film.

Jumpscare Everywhere

Sepertinya sudah menjadi menu wajib pada film horor lokal. Musik dan jumpscare selalu menjadi pokok dari ketakutan yang dibangun. Tidak semua backsound yang mengiringi scene menegangkan akan memberikan jumpscare, maka ketika benar-benar ada jumpscare, penonton mau tidak mau akan terkejut. Siap-siap untuk kalian pecinta jumpscare, Danur 3 Sunyaruri bisa menjadi salah satu referensi.

Detail makeup dari hantu yang ditampilkan juga cukup realistis. Ini tentunya menjadi nilai plus sebagai tambahan nuansa horor secara visual yang ditampilkan pada film Danur 3. Jika kalian tergolong orang yang cepat takut namun menyukai film horor, mungkin hantu Kartika bisa menjadi salah satu mimpi buruk ketika melihatnya.

CGI dan Efek Nanggung

Hal yang disayangkan pada film yang memerlukan CGI adalah efek tidak natural yang bocor. Pada film Danur 3 Sunyaruri ini bisa dibilang minim bocor, namun sekalinya bocor langsung terlihat fatal. Seperti contohnya ketika hantu Kartika muncul di laptop Risa saat Video Call, perpindahannya terlihat seperti gambar hantu hasil aplikasi yang ditempel begitu saja.



Atau mungkin kalian masih ingat dengan Thanos di serial Avengers?. Yups, akan ada rasa deja vu mengenai hal tersebut ketika kalian menonton film Danur 3 Sunyaruri ini.


Ane pribadi merasa bahwa efek menghilangnya peter dan kawan-kawan pada akhir film kurang maksimal. Dimana cara menghilang mereka dibuat menjadi debu-debu emas mirip dengan snap dari Thanos. Suasana haru yang harusnya dibangun malah menjadi bahan tertawaan beberapa penonton pada saat itu juga.

5 Kursi Kosong

Masih sama seperti serial Danur lainnya, pada pemutaran Danur : Sunyaruri ini juga ada request wajib untuk 5 kursi kosong. Dimana kursi ini pada bioskop di kota ane, berada di barisan tengah dan diselimuti dengan kain putih. Beberapa bunga juga terlihat disebar disekitarannya. Menambah nuansa 'lain' pada ruangan.

Review Danur 3 Prilly duduk sebelah kursi kosong
Prilly dengan 5 kursi kosong Danur (scr https://cdn2.tstatic.net)
Sebenarnya terlepas dari gimick atau memang real, hal ini cukup menarik mengingat nuansa misterius dan seram yang ditampilkan cukup berhasil memikat perhatian para penonton. Namun sayangnya yang bikin kesal adalah, masih ada saja penonton yang memotret bangku ini disaat film berlangsung. Flash yang ditimbulkan pastinya sangat mengganggu.

Ane yang kebetulan duduk dibangku paling atas (belakang) merasa cukup kesal karena sempat kehilangan fokus layar berkali-kali karena aktifitas ini. Ketika seharusnya detail visual yang ditampilkan menjadi fokus utama, cahaya flash dari kamera penonton menjadi sangat menganggu karena membuat suasana gelap menjadi terang.

Sekedar saran, bagi siapapun yang akan menonton film ini di bioskop, ane sarankan untuk memotret sisi ini ketika sebelum film dimulai atau setelahnya. Sungguh, mengganggu kenyamanan penonton lain itu tidak keren. Karena yang membayar untuk menonton bukan hanya kalian. Okay? 

Sekian yang dapat ane bagikan mengenai Review Danur 3 Sunyaruri. Dibawah ini ane kasih kalian official trailler Danur 3 Sunyaruri.

Apa kalian jadi berminat untuk menontonnya juga?. Atau mungkin sudah menontonnya namun punya pendapat lain?. Yuk saling berdiskusi di kolom komentar.



Komentar

  1. Untuk mempermudah kamu bermain guys www.fanspoker.com menghadirkan 6 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
    dimana lagi kalau bukan di www.fanspoker.com
    WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.