Langsung ke konten utama

5 Fakta Benua Asia Yang Belum Banyak Orang Tahu


Dengan luas sekitar 44.579.000 kilometer persegi, Benua Asia di dapuk menjadi benua terbesar di jagad dunia ini, luas Benua Asia ini diperkirakan mencakup 30% luas permukaan bumi, angka yang sangat fantastis.dengan luasnya itu Benua Asia juga menjadi benua terpadat di dunia.

Tercatat sekitar 4,46 Milyar manusia atau jika dihitung dengan presentase maka angka 60% bisa di capai untuk menghitung jumlah total manusia di Benua Asia, angka itu tentu merupakan andil dari Negara-negara didalamnya, dimana Negara-negara dengan warganya terbesar seperti Cina, India, dan Indonesia. Berada di Benua Asia.

Posisi Benua Asia jika dilihat, berada disebelah timur Terusan Suez dan Pegunungan Ural, dan berada di Pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia dan Laut Hitam dari sebelah selatan.

Fakta unik yang tercatat adalah, Benua Asia mengakui lebih dari 2300 bahasa, dan terbagi menjadi 48 negara, dimana ada 3 negara yang ternyata berada atau memiliki bagian dari tanah di benua eropa. Tiga Negara itu adalah Rusia, Kazakhstan, dan Turki.

Masih penasaran dengan Fakta menarik yang ada di Benua Asia? Kamu bisa menyimaknya dibawah ini!

1.  Peradaban Tertua Berada di Benua Asia

Tepat diantara sungai Tigri dan Efrat, Peradaban Mesopotamia pernah Berjaya dan eksis, dimulai pada tahun 3100 SM hingga kejatuhanya pada 539 SM, adalah bangsa Sumeria, Asyur dan Babilonia  memiliki peran penting pada perkembangan peradaban tertua di dunia tersebut.

Fakta menarik yang kamu tau nih, Peradaban Mesopotamia banyak meninggalkan ilmu yang sampai sekarang berlaku di dunia modern ini loh, seperti literatur tertulis, penemuan roda, matematika, astronomi, pertanian, perdagangan, budaya dan juga seni.

Mesopotamia yang dulu, kita telah terbagi menjadi beberapa Negara yaitu Suriah timur, Turki tenggara, dan sebagian besar negara Irak.


2. Benua Asia Penghasil dan Komsumen Beras Terbesar Di Dunia

Hampir 90% dari produksi beras dunia, di konsumsi Negara-negara di Benua Asia, seperti kita ketahui bersama, bahwa Jepang, Korea Selatan, Cina, India, dan beberapa negara di Asia Tenggara dan tentunya menjadikan beras sebagai makanan pokok. Namun Benua Asia tidak hanya menjadi konsumen terbesar, tapi juga menajdi penghasil terbesar beras.

https://s.yimg.com/uu/api/res/1.2/jooKzwErFyZX7D.D7xK.ew--~B/aD00NDY7dz02NzQ7c209MTthcHBpZD15dGFjaHlvbg--/http://media.zenfs.com/en/homerun/feed_manager_auto_publish_494/861e822141e441c53c1694153fa8ba00

3. Benua Asia menjadi salah satu Benua Terkaya

Masih ingat dengan film crazy rich asia? ternyata cerita dalam film tersebut bukan hanya isapan jempol belaka lho. Faktanya, orang-orang terkaya didunia juga banyak yang berasal dari asia lho.


Dengan pertumbuhan perkonomiannya yang sangat cepat, Benua Asia pantas kita sebut sebagai salah satu benua terkaya, dari data yang terkumpul pada tahun 2018, terkonfirmasi jumlah milyader di china jauh melampau milyader Negara adidaya seperti amerika. tercatat sekitar 234 lebih milyader di Cina daripada di Amerika Serikat (AS).

4. Banyak Gunung Raksasa berada di Benua Asia

Kamu mungkin tidak asing lagi dengan barisan gunung yang membentuk cincin api yang ada di indonesia. Mengingat kembali bahwa indonesia juga menyumbang salah satu gunung Jaya Wijaya yang menjadi salah satu gunung dengan es abadi.

Maka tidak heran bahwa, gunung-gunung tertinggi di dunia berada di asia, tercatat ada sekitar 14 gunung tertinggi di dunia, dengan ketinggian lebih dari 8.000 meter di atas laut. Dari data yang didapat, gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Everest, dengan ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut.

5. Benua Asia Tempat kelahiran agama-agama besar di dunia

Dari berbagai macam agama samawi maupun ardhi ada di berbagai pelosok dunia ini. Tak terkecuali di benua asia.


Iyah…. Benua Asia merupakan tempat kelahiran dari agama-agama besar di dunia, dimana agama islam merupakan agama terbesar yang ada di benua asia, dan di ikuti oleh Agama Hindu yang menjadi agama terbesar kedua di benua asia.

Nah, sekarang sudah banyak tahu kan, tentang Fakta Menarik tentang Benua Asia?! Sudah pengen jalan-jalan kesana?! Yuk mulai!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.