Langsung ke konten utama

Alita : Battle Angel & Astro Boy, cerita mirip? [Film Theory]


Kemiripan dalam tema dan alur cerita antara karya satu dengan karya lain nampaknya memang sudah sering terjadi. Entah disengaja ataupun tidak, dunia ini memang kecil sekali dan tidak menutup kemungkinan terjadinya sebuah kesamaan.
Kali ini ane akan menuliskan pendapat pribadi ane mengenai dua film bertema cyborg yang sama sama adaptasi dari manga jepang.

Yaitu adalah Alita : Battle Angel karya Yukito Kishiro dan  Astro Boy karya Osamu Tezuka.
For your information, berikut ini adalah informasi singkat dari masing-masing film :
Alita : Battle Angel
Penulis : Yukito Kishiro
Manga awal terbit : 1991
Adaptasi Film Live Action: 2019
Rumah produksi : 21th Century Fox
Astro Boy
Penulis : Osamu Tezuka
Animasi awal produksi : 1952
Adaptasi Film Animasi 3D : 2009
Rumah produksi : Sony Picture

Jadi pada dasarnya, kedua film tersebut sama-sama mengambil cerita dari animasi dan manga tahun 90an. So, nggak heran juga sih, karena memang pada era itulah produk hiburan jepang kebanyakan bertema mecha atau robot robot.

So, bukan hanya itu saja kesamaan antara film Alita : Battle Angel dengan Astro Boy. Yuk kita bahas.

1. Terbuang ke antah brantah
Hasil gambar untuk iron city alita
Iron City, Alita:Battle Angel

Yups, Alita dan Astro sama sama jatuh ke kota kumuh yang ada jauh dibawah kota elite tempat mereka berasal.

2. Kota Melayang
Hasil gambar untuk metro city astro boy
Metro City, Astro Boy

Yups, ada Metro City dari Astro Boy dan Zalem dari Alita. Keduanya sama-sama kota elit yang sangat susah ditembus oleh penduduk bawah.



3. Amnesia
Alita Wakeup, Alita:Battle Angel

Alita dan Astro juga mengalami ingatan yang kabur mengenai jati diri mereka sebelum terjatuh dari atas. Namun hal ini perlahan sembuh seiring jalannya cerita.

4. Tubuh anak anak
Astro terbang, Astro Boy

Ini bisa dilihat karena Astro merupakan wujud dari anak Dr Tenma, sedangkan tubuh awal Alita setelah diselamatkan oleh Dr Ido adalah tubuh cyborg yang direncanakan untuk anak kandung Dr Ido yang lumpuh. Kedua karakter beda film ini juga mendapati kedua anak dari dua Doktor tersebut telah meninggal. 



5. Pertarungan Robot
Alita Wakeup, Alita:Battle Angel

Yups, entah bagaimana pertarungan antar robot di masyarakat bawah adalah sajian yang sama sama ada pada kedua film tersebut.

Yups, itulah teori kemiripan antara film Alita : Battle Angel dengan Astro Boy.
Dikarenakan ini adalah murni pendapat dan hipotesis pribadi, perbedaan persepsi sangat mungkin terjadi pada para pembaca sekalian.

Semoga info ini cukup menarik bagi kalian. Baca artikel lain dari blog ane yang tentunya bisa bikin kalian dapat info yang menarik dan unik.

©Liwato

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.