Langsung ke konten utama

Tips Perpanjangan SIM di Mojokerto + Protokol Covid19 | Pengalaman

cara perpanjangan sim satpas

    Sebenarnya saya membuat artikel kali ini berdasarkan pengalaman yang tidak menyenangkan beberapa hari yang lalu. Ini dikarenakan sistem baru untuk perpanjangan SIM di Mojokerto (kota asal saya).

    Btw, Artikel ini saya tulis ditengah kegabutan menunggu antrian foto SIM yang sudah lebih dari 2 jam. Jadi, poin pertama adalah kamu harus bersabar untuk mengantri jika melakukan perpanjangan SIM. 

    Ini Tips Perpanjangan Sim Saat Covid


    Bagi kamu yang ingin mengurusi perpanjangan SIM di Mojokerto seperti saya, sepertinya memang harus memahami beberapa hal berikut yang masih 'baru' diterapkan disaat pandemi Covid19 seperti sekarang ini.

    Jangan Datang H-7 lebih

    Ini termasuk hal yang paling utama. Karena kamu bisa saja ditolak dan disuruh pulang karena hari kadaluwarsa SIM kamu masih lebih dari satu minggu.

    Ini terjadi pada saya kemarin. Karena berencana bareng dengan kakak saya yang SIM nya habis masa berlaku bulan yang sama, maka saya ikut untuk mengurusi ke SATPAS di hari yang sama.



    Dalam situasi ini, SIM saya berakhir pada akhir bulan, sedangkan kakak saya berakhir pada awal bulan. Saya-pun ikut bareng berangkat di awal bulan.

    Dan benar saja, kakak saya diterima, dan saya ditolak. Kenapa begitu?

    Rupanya, ini dikarenakan masa berlaku sim saya masih lebih dari 1 minggu. Sedangkan SIM kakak saya akan segera mati 3 hari kemudian. Para petugas mendahulukan untuk SIM yang akan habis masa berlaku kurang dari 7 hari.

    Perpanjangan SIM di Mojokerto
    Para Pejuang SIM

    Pada akhirnya, saya disarankan untuk kembali ke SATPAS pada tanggal H-3 atau H-4 dari masa kadaluwarsa SIM saya.

    Hmmm, dengan penuh kekecewaan saya berlapang hati untuk menunggu kakak saya mengurusi simnya.

    Jika kamu tak ingin cuti dari pekerjaan dan berakhir sia-sia seperti saya, lebih baik datanglah pada H-3 dari tanggal kadaluarsa SIM kamu.

    Saat di SATPAS waktu itu, saya juga bertemu dengan seorang teman lama. Dan rupanya SIM nya habis masa berlaku pada hari itu juga. Beruntungnya dia mendapat nomor antrian awal dan didahulukan oleh para petugas.

    Kamu juga bisa mengurusi pada hari H jika ingin kecepatan. Namun saya sendiri tidak menyarankannya karena bisa saja ada keperluan pribadi mendadak di hari terakhir pengurusan. Karena kamu diharuskan untuk tes kembali jika melakukan perpanjangan SIM melebihi tanggal kadaluarsa, walaupun barang 1 hari.
    Sayang sekali bukan?

    Datanglah Pukul 07.30!

    Nah, ini yang paling penting. 
    Kebanyakan orang sepertinya masih belum tau hal ini.

    Walaupun SATPAS memang masih sepi, saya sarankan kamu untuk datang lebih pagi.

    Perpanjangan SIM di SATPAS
    Jam 7 sudah sepanas ini

    Hari ini para petugas sudah membuka pengambilan nomor antrian pada pukul 07.00, sedangkan dulu ketika saya pertama kesini (dan fail) pengambilan nomor dibuka pukul setengah 8 lebih.

    So, lebih baik datang lebih awal daripada kamu kehabisan nomor antrian. Saya yang datang di jam 7 pagi saja mendapat nomor antrian 28. Dan jangan heran jika kamu mendapat nomor antrian diatas 20, kamu akan kebagian pelayanan foto di siang hari. (huft)

    Dokumen Yang Di Perlukan

    Untuk dokumen yang diperlukan, kamu diharuskan untuk membawa KTP, SIM lama dan Surat Kesehatan.

    Jika kamu sudah memiliki 2 lembar versi fotokopi dari KTP dan SIM, saya sarankan kamu untuk membawanya sekaligus. Ini untuk menghemat beberapa ratus rupiah daripada harus membayar kembali untuk memfotokopinya ketika berada di SATPAS.

    Proses Yang Dilakukan

    Ambil Nomor Antrian

    Setelah kamu datang, pastikan bahwa counter pengambilan nomor sudah dibuka. Setelah itu mengantrilah sesuai intruksi dari petugas. Pastikan selalu menjaga jarak.

    Tips Mengurus SIM 2020
    Para Pengantri

    Untuk dapat mengambil nomor, kamu diharuskan untuk menunjukkan SIM asli lama-mu kepada petugas. Mereka yang akan memeriksa dan memutuskan apakah kamu perlu didahulukan untuk dilayani pada hari itu atau tidak. (Untuk hal ini sudah saya jelaskan di bab sebelumnya)

    Tes Kesehatan (Kalau Belum)

    Nah, setelah mengambil nomor antrian di counter depan, kemudian kita akan diarahkan menuju tempat tes kesehatan. Lokasinya tepat ada diseberang jalan dari kantor SATPAS Mojokerto.



    Beruntungnya, di SATPAS kab.Mojokerto, tempat tes kesehatan tepat berada disebelah toko fotokopi. Kamu bisa menunggu antrian tes kesehatan sambil fotokopi KTP dan SIM pada saat itu. Kamu juga akan mendapatkan map untuk membawa dokumen-dokumen yang disertai logo SATPAS.

    Untuk protokol Covid, kita akan dipanggil setiap 10 orang untuk mengantri kedalam.

    Kamu akan menemui banyak botol Hand Sanitizer disetiap tempat yang kamu datangi disini. Kamu boleh memakainya jika perlu, karena itu untuk umum. Tetap jaga jarak dan gunakan hand sanitizer setelah kontak dengan orang lain.


    Di sesi ini, saya menghabiskan dana : 
    Fotokopi KTP + SIM + MAP : Rp. 5.000,-
    Tes Kesehatan : Rp. 35.000,-

    Tes Psikologi

    Setelah selesai tes kesehatan, kemudian kita diarahkan untuk menuju tempat tes psikologi. Jangan lupa untuk membawa map berisi fotokopi SIM, KTP dan surat sehat juga.

    Setelah itu serahkan pada petugas, dan kamu akan diberi lembar jawaban untuk tes psikologi.

    Carilah tempat duduk yang kosong untuk mengisinya. Tidak perlu khawatir dengan alat tulis, karena setiap meja sudah disediakan ballpoint untuk para peserta.

    Isi data sesuai dengan identitas kamu. Lalu isi lembar jawaban yang berjumlah sekitar 10-20 poin. Jawab saja sesuai dengan keadaan kamu saat itu, dan kumpulkan kedepan jika sudah selesai.

    Petugas akan memeriksanya, dan kamu akan mendapati hasil tes psikologi-mu distapless diatas map sebelumnya. Bawa kembali map itu ke counter pengambilan nomor antrian sebelumnya.

    Di sesi ini, saya menghabiskan dana :
    Tes Psikologi : Rp. 55.000,-

    Antri Kembali

    Setelah menumpuk map di petugas, kamu diharuskan untuk menunggu kembali untuk dipanggil masuk ke dalam kantor SATPAS. Ini cukup membosankan. Bahkan saya menulis artikel ini ketika berada di sesi ini.

    Kamu diharuskan untuk menunggu namamu dipanggil diluar gedung. Sialnya, karena lokasi SATPAS kab. Mojokerto ini baru, maka pepohonan yang ditanam belum begitu besar dan tidak dapat dipakai untuk berteduh dengan maksimal.

    Untuk menjelaskan betapa sabarnya para peserta perpanjangan SIM disini, saya akan memberikan gambar fotonya kepada kamu. (wkwkwk)

    Perpanjangan SIM Mojokerto 2020
    Para Pejuang Panas

    Isi identitas

    Nah, setelah menunggu cukup lama (saya sekitar 45 menit), kamu dipersilahkan masuk dan diberi form identitas diri. Ini mirip seperti surat keterangan permohonan perpanjangan SIM.

    Kamu patut lega, karena sudah tidak perlu lagi berpanas-panasan diluar. Disini kamu bisa ngadem ria sambil mengisi form.

    Protokol Covid19 SATPAS Mojokerto
    Stay Safe

    Isilah sesuai dengan identitas asli kamu, lalu kumpulkan ke petugas yang ada di bagian administrasi. Lalu tunggu kembali untuk dipanggil.



    Di sesi ini, saya menghabiskan dana : Rp. 120.000,-

    Setelah dipanggil, kamu akan dipersilahkan untuk menuju ruang foto.

    Verifikasi Identitas

    Sebelum melakukan foto, kamu akan melaksanakan proses verifikasi. Petugas akan menanyai kembali tentang identitas dan keterangan yang kamu isi di form sebelumnya.

    Setelah semua sesuai, maka kemudian kamu akan melakukan foto.

    Foto

    Nah, kesabaranmu akan berbuah manis, karena kamu kemudian akan melakukan sesi foto.

    Ada beberapa kaca berukuran besar didepan ruang foto. Kamu bisa menggunakannya untuk merapikan baju atau penampilanmu sebelum foto.

    Saya sendiri tidak terlalu berharap foto saya akan bagus, karena sebelumnya sudah terpapar panas matahari lebih dari 2 jam diluar. Alhasil foto saya sudah seperti orang yang baru saja lari maraton. Tidak heran, dan juga tidak puas-puas amat. (wkwkwkwk)

    Lebih baik, kamu membawa sisir atau alat makeup sederhana sebelum bersiap foto. Saya sangat tidak menyarankan kamu untuk foto SIM tanpa persiapan seperti saya. Sebenarnya tidak masalah, asal kamu juga tidak ambil pusing dengan hasil foto yang 'kumus-kumus' atau istilahnya kucel dalam bahasa jawa.

     

    Ambil SIM Baru

    Setelah itu, kamu bisa langsung menuju ruang produksi sesuai dengan intruksi dari petugas. Tidak perlu khawatir tersesat, karena ada petunjuk-petunjuk arah yang akan membantumu dengan jelas.

    Karena lokasinya terpisah, maka kamu perlu menggunakan kembali kertas barcode sebelumnya untuk melewati pintu keluar menuju ruang produksi.

    Tidak perlu menunggu lama, karena proses cetak kartu terbilang cukup cepat. Mungkin kurang dari 15 menit.

    Selesai

    Setelah itu, kamu sudah bisa membawa kartu SIM kamu pulang dengan bahagia dan penuh kelegaan hati.

    Kesimpulan

    Kamu harus mematuhi setiap poin yang saya sampaikan tadi. Semoga, kejadian cuti sia-sia yang pernah saya alami tidak terjadi kepada kamu.

    Tips Perpanjangan SIM 2020
    Sabar itu nomor 1

    Nah, bagaimana apakah kamu sekarang sudah paham bagaimana melakukan perpanjangan SIM di Mojokerto sesuai protokol Covid19?. Jika kamu masih perlu untuk menanyakan sesuatu, silahkan tinggalkan di komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

    Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

    10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

    Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

    Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

    Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.