Langsung ke konten utama

Tips Merawat Bonsai Untuk Pemula

Bonsai bagi para pemula biasanya di dapatkan dari event atau kejadian yang diluar dugaan. Tentunya, jika tidak memiliki pengalaman yang cukup, akan menyulitkanmu untuk merawat tanaman jenis ini.

tips merawat bonsai untuk pemula

Sangat umum apabila kamu yang pemula di dunia bonsai malah mendapatkan hasil seni alam yang kurang ideal. Skenario yang umumnya terjadi adalah sebagai berikut :

Kamu menerima bonsai sebagai hadiah untuk Natal atau mungkin ulang tahun. Awalnya memang kamu akan menyukainya dan ingin merawatnya dengan baik. Tentunya dengan harapan agar ia dapat terjaga dan hidup kuat. Namun, terlepas dari upaya terbaik kamu, bonsai mulai menguning dan atau daun-daunnya malah mulai rontok. Akhir paling buruk, adalah membiarkannya mati dalam pot yang cantik.


Ugh!, tentunya para sobat liwato tidak ingin itu terjadi pada bonsai kamu.

Berikut adalah sedikit informasi yang dapat membantu kamu untuk merawat bonsai bagi pemula.



Pahami Spesies Bonsai Kamu

Hal pertama yang perlu kamu ketahui untuk menentukan perawatan bonsai yang cocok adalah mengetahui spesies pohon atau semak apa yang kamu miliki di pot itu. Ada beberapa spesies tanaman yang biasanya dijual sebagai hadiah untuk pemula. Bonsai untuk pemula ini diantaranya adalah :


Green Mound juniper - juniper Green Mound (Juniperus procumbens ‘Nana’)

juniper geen mound
bonsai mame Green Mound Juniper
Ini juga dikenal sebagai juniper Procumbens dan juniper Jepang. Pilihan bonsai yang cocok untuk pemula. Dia bisa tumbuh walau hanya dengan perawatan yang minim di luar ruangan.

Chinese elm - Chinese elm (Ulmus parvifolia)

bonsai chinese elm
bonsai chinese elm
Juga dikenal sebagai Chinese Zelkova atau Zelkova. Pilihan yang sangat bagus untuk pemula. Nama ‘Zelkova’ adalah nama yang salah, karena ‘Zelkova serrata’ adalah spesies yang berbeda dengan persyaratan perawatan yang juga berbeda. Tanaman ini akan sehat apabila tumbuh di luar ruangan.

Japanese maple - Japanese maple (Acer palmatum).

japanese maple
bonsai maple jepang
Termasuk pilihan yang baik untuk pemula. Ini adalah pohon maple jepang. Dan termasuk tumbuhan yang hanya tumbuh di luar ruangan.


Serissa - Serissa (Serissa foetida)

serissa bonsai
bonsai serissa
Juga dikenal sebagai Pohon Seribu Bintang dan Mawar Salju. Walaupun cantik, rupanya ini termasuk pilihan yang buruk untuk pemula. Namun tak jarang, kecantikannya malah dibeli untuk dihadiahkan bagi pemula. Akan sehat di luar ruangan, terutama saat musim panas. Musuh utamanya adalah cuaca dingin.

Ficus - Pohon Ficus (Ficus benjamina, Ficus nerifolia, Ficus retusa, dan lain sebagainya ...)

bonsai ficus
bonsai pohon ficus
Dikenal juga sebagai ara Beringin atau Daun Willow. Pilihan yang bagus untuk pemula. Tumbuh di luar ruangan di bulan-bulan hangat dan jauhkan dari dingin di musim dingin.
Baca Juga : Ensiklopedia Jenis Bonsai Lengkap


Jangan mulai dengan menanam bonsai di dalam ruangan

Ya, bonsai baru kamu memang akan terlihat sangat bagus di ambang jendela dapur atau di meja kopi. Tapi jangan lupa, bahwa bonsai adalah pohon, dan pohon adalah tanaman luar ruangan. Kecuali bonsai kamu adalah Serissa atau Ficus. Tetap simpan bonsai kamu di luar ruangan selama mungkin.


Ada beberapa spesies lagi untuk bonsai yang akan mentolerir budidaya di dalam ruangan, tetapi tidak satupun dari mereka benar-benar berkembang di dalam ruangan dan semuanya akan memiliki lebih banyak masalah hama di sana. Kebanyakan hanya akan mati.

Kamu baru boleh melakukan penanaman bonsai di dalam rumah sampai kamu telah belajar selama beberapa tahun dan berhasil menumbuhkan bonsai di luar ruangan.


Jangan terlalu banyak menyiram bonsai

Over-watering bertanggung jawab atas lebih banyak kematian bonsai daripada faktor lainnya. Tanah harus dibiarkan kering sedikit setelah penyiraman. Aturan dasarnya adalah membiarkan tanah agak kering setengah kedalaman pot sebelum kamu menyiram lagi. Saat kamu menyiram, siram secara menyeluruh - dua atau tiga kali untuk merendam tanah sepenuhnya.

Baca Juga : Cara Menyiram Bonsai Dengan Benar  
  

Jangan tinggalkan batu tempel di permukaan tanah

Banyak tanaman bonsai yang ditemukan di tempat-tempat selain pembibitan bonsai asli dijual dengan tanah ditutupi oleh lapisan keras kerikil terpaku. Buang ini secepat mungkin! Lapisan ini akan mencegah air mencapai tanah bonsai dan akan membunuh pohon cantik kamu.

bonsai untuk pemula

Bonsai yang dijual bersama dengan batu kerikil yang direkatkan ini seringkali memiliki kualitas dan kesehatan yang sangat rendah dan mungkin saja mati karena kenyataan bahwa sebagian besar memiliki sedikit atau tidak memiliki akar sama sekali.

Jangan meninggalkan bonsai di musim dingin

Kecuali jika pohon kamu beriklim tropis, pohon itu membutuhkan tidur di musim dingin dalam cuaca dingin. Pohon musim gugur, seperti maple dan elm, akan menjatuhkan daunnya dan mungkin terlihat mati, tetapi jika dipelihara dengan benar, akan tumbuh dengan siraman daun baru yang indah di musim semi. Konifer, seperti juniper dan pinus, juga perlu istirahat di musim dingin.


Jangan merasa bahwa kamu harus membawanya ke dalam untuk musim dingin atau kamu mungkin akan menemui pohon yang mati. Sebagian besar bonsai hanya mengharuskan kamu melindunginya dari sub 20 F. (-6 C.) angin dan angin kering. Bacalah persyaratan perawatan untuk spesies pohon kamu sehingga kamu tahu cara menangani bonsai di musim dingin dengan tepat.


Bonsai tropis perlu dilindungi dari suhu di bawah 55 - 60 F. (10 - 15 C.) dan kamu mungkin perlu mengatur tempat khusus bagi bonsai untuk menjaga tanaman kesayanganmu ini pada suhu yang tepat dan tingkat kelembaban di dalam ruangan selama bulan-bulan dingin.

Beri makan hanya di musim tanam

Seperti semua tanaman, bonsai membutuhkan pupuk agar tetap sehat. Namun, kamu hanya harus menyuburkan bonsai selama musim tanam dan bukan selama musim dingin atau akhir musim gugur. Waktu dasar untuk memupuk adalah dari akhir musim semi hingga awal musim gugur. Ada banyak jenis pupuk dan beragam jadwal yang berbeda untuk diikuti. Ketahuilah bahwa memberi makan berlebihan malah akan mematikan bonsai. Baca : panduan memberi pupuk Bonsai.

Beli bonsai kamu berikutnya dari Rumah Pembibitan Bonsai

Sangat disarankan untuk tidak membeli bonsai dari kios mal atau penjual pinggir jalan. Buat titik untuk membeli bonsai hanya dari seseorang yang akan berada di sana bulan depan dan tahun depan dan yang dapat menawarkan kamu saran perawatan, dan dari siapa kamu dapat membeli persediaan lainnya.


Kualitas dan kesehatan pohon-pohon dari tempat-tempat ini biasanya akan jauh lebih baik daripada yang berasal dari pusat perbelanjaan atau penjual keliling.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.