Langsung ke konten utama

Tips Aman Menjaga Akun Dompet Digital

Rasa aman saat menyimpan uang di dompet digital sangat lumrah jika berbeda untuk setiap penggunanya. Jadi, bagaimana cara aman menjaga akun dompet digital?.

menjaga dompet digital

Jika telah lama kita menggunakan fasilitas dompet konvensional untuk menyimpan uang kita agar mudah dibawa kemana-mana, saat ini dunia telah berubah. Kini adanya dompet digital atau yang populer juga dengan sebutan e-wallet telah populer di masyarakat.

Pembayaran yang simpel dan efektif, membuat sebagian besar masyarakat memilih layanan dompet digital untuk memudahkan transaksi sehari-hari. Hanya dengan scan kode atau yang juga sering disebut QR Code, kita langsung bisa melihat transaksi terselesaikan. Mulai dari membayar makanan, belanjaan dan beragam tagihan listrik maupun sekedar paket data internet.

Dikarenakan tidak berwujud uang fisik, tentunya banyak yang masih takut menggunakan dompet digital. Terutama mempertanyakan keamanan dompet digital dimasa sekarang. Maka dari itu, tentunya sebagai pengguna, kita harus selalu meningkatkan kewaspadaan dan selalu bersikap berhati-hati ketika menggunakan dompet digital.



Berikut ini, admin liwato akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga keamanan dompet digital kamu. Mari kita mulai dari beberapa hal mendasar dibawah ini.


Dompet Digital Sama dengan Rekening Bank

Selalu perlakukan E-wallet seperti rekening pada umumnya. Karena walaupun digital, e-wallet dan rekening bank memiliki kesamaan. Yaitu sama-sama berisi uang kamu.

Tentunya kamu tidak akan ingin salah satu penyimpanan uangmu mendapatkan masalah kan?.

Selalu Jaga Dan Rahasiakan Kode OTP

Pada saat kita melakukan verifikasi akun, kita akan mendapatkan beberapa kode yang memungkinkan untuk dicocokkan dengan keaslian pemiliknya. Kamu akan mendapatkan kode ini dari beragam aktifitas yang membutuhkan verifikasi kepemilikan akan sebuah akun.

Kode OTP sangat penting untuk keamanan dompet digital. Maka dari itu, jangan pernah meberikan kode OTP ke siapapun. Tak jarang ada penipu yang memanfaatkan kepolosan pemilik akun, dan menipu dengan alasan kebijakan perusahaan, hadiah atau bahkan perbaikan aplikasi. Jangan pernah memberikan kode OTP kesiapapun, karena pihak perusahaan aplikasi tidak akan pernah memintanya darimu.


Pasword Kuat Yang Aman

Apabila kita menggunakan fasilitas digital, tentunya selalu membutuhkan password. Dimana keamanan password juga selalu diutamakan. Apabila kamu menggunakan dompet digital, password juga adalah poin kunci dari sebuah akun.


Jangan pernah memilih angka-angka yang mudah ditebak. Misalkan angka yang diambil dari tanggal ulang tahun, nomor telefon, atau angka yang berurutan. Ini sangat beresiko untuk diketahui orang lain.

Walaupun sangat merepotkan, ane menyarankan para sobat liwato sekalian untuk mengganti password secara berkala.

Rajin-rajinlah Mengecek Saldo

Boleh saja apabila kamu sangat mempercayai suatu layanan Dompet digital. Namun alangkah baiknya kamu juga rutin mengecek dan mengingat berapa saldo terakhir yang kamu punya.



Mengecek saldo dompet digital memang terbilang hal yang simpel dan sederhana. Namun ini adalah awal dimana kamu akan diperdaya para pencuri apabila tidak mengeceknya secara rutin. Anggap saja seperti saat kalian mengecek uang kembalian setelah membayar di warung depan rumah.

Ini sangat efektif, karena saat sobat liwato merasa ada total uang yang tidak cocok, kamu dapat langsung menginformasikan pada call center e wallet yang kamu gunakan.

Selalu Cek Riwayat Transaksi

Semua kegiatan transaksi akan selalu tercatat pada riwayat transaksi. Seperti halnya rekening bank konvensional, dompet digital juga memberikan layanan yang sama.

Selalu cek riwayat transaksi yang telah kalian lakukan. Jika menemukan adanya transaksi yang tidak diketahui, langsung laporkan kepada pihak penyedia jasa dompet digital melalui call center.

Selalu Gunakan e-Wallet Yang Terpercaya

Ada banyak sekali pilihan dompet digital yang dapat kamu gunakan. Salah satu e-Wallet terkenal yang dapat menjadi pilihan adalah DANA, Gopay, dan OVO. Masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri.




Selalu pastikan dan membaca syarat dan ketentuan terlebih dahulu sebelum membuka akun e-wallet. Agar kamu tetap mendapatkan jaminan proteksi yang maksimal dan memuaskan.

Jaga Keamanan Smartphone Kamu

Para penjahat digital atau hacker akan dengan mudah mengacak-acak akun dompet digitalmu apabila gerbang akunmu terbuka. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan satpam, yang mana jika di dunia digital dikenal dengan anti virus atau anti malware.


Selalu pastikan bahwa smartphone kamu tidak tersusupi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Hapus selalu data yang mencurigakan, dan pastikan keamanannya terjamin.

Bagaimana? Apakah sobat liwato kini sudah mengetahui cara menjaga keamanan dompet digital?. Mari tingkatkan keamanan transaksi kalian dengan dompet digital mulai saat ini. Apabila kamu merasa informasi kali ini bermanfaat, silahkan bagikan dan mari berdiksusi di kolom komentar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.