Langsung ke konten utama

Ini lho! Manfaat Teh Chamomile Untuk Kesehatan

Teh chamomile sudah sejak lama dikenal sebagai minuman populer yang juga menawarkan banyak manfaat kesehatan.


Chamomile sendiri sudah seperti ramuan ajaib yang berasal dari bunga seperti bunga aster, yang masih keluarga tanaman Asteraceae. Tentunya teh ini sudah diminum dan dikonsumsi hingga berabad-abad dan digunakan pula sebagai obat alami untuk beberapa kondisi kesehatan manusia.

Bagi kamu yang hobi ngeteh, sudah pasti pernah mendengar atau bahkan sudah mencobanya. Lalu sebenarnya apa saja sih manfaat dari teh bunga cantik ini?.

Untuk membuat sajian teh chamomile, bunganya harus dikeringkan terlebih dahulu dan kemudian bisa dimasukkan ke dalam air panas.



Banyak orang saat ini menikmati teh chamomile sebagai minuman alternatif bebas kafein apabila dibandingkan teh hitam atau hijau. Ini juga dikarenakan rasanya yang manis dan khas. Kamu tentunya akan langsung merasakan sensasi menenangkan langsung ketika meminum maupun menghirup aromanya saja.

Selain itu, sudah menjad rahasia umum bahwa teh chamomile memang sarat dengan antioksidan yang memiliki peran penting dalam menurunkan risiko banyak penyakit, termasuk diantaranya adalah penyakit jantung dan kanker.


Solusi Untuk Tidur Nyenyak

Tahukah kamu bahwa ternyata Chamomile juga memiliki sifat yang dapat membantu tidur dan pencernaan.

Mengandung antioksidan yang dapat menyebabkan kantuk, minum teh chamomile telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur kamu secara keseluruhan. Chamomile memiliki beberapa sifat unik yang cukup bermanfaat bagi kualitas tidur.
Teh chamomile mengandung apigenin, yaitu antioksidan yang dapat mengikat reseptor tertentu di otak kamu. Ini dapat menyebabkan kantuk dan juga mengurangi insomnia. Tentunya akan memperbaiki ketidakmampuan parah untuk tidur.


Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, wanita postpartum yang telah minum teh chamomile setap hari selama dua minggu melaporkan kualitas tidur yang lebih baik. Ini berbeda dibandingkan dengan kelompok wanita yang tidak melakukan ritual minum teh chamomile. Mereka yang meminumnya juga memiliki lebih sedikit gejala depresi, dimana hal inilah yang sering dikaitkan pada masalah tidur.

Penelitian lain menemukan bahwa orang-orang yang telah mengonsumsi hanya 270 mg ekstrak dari chamomile selama dua kali sehari selama 28 hari berturut turut juga memiliki 1/3 waktu kurang bangun malam dan tertidur 15 menit lebih cepat dibanding orang-orang yang tidak mengonsumsi ekstrak.
Temuan ini cukup bermanfaat, tetapi penelitian lebih lanjut juga masih diperlukan demi menentukan sejauh mana efek dari teh chamomile pada kualitas tidur seseorang. Meskipun demikian, minum teh chamomile sebelum tidur juga menjadi rutinitas yang layak dicoba jika kamu kesulitan tidur atau mengalami insomnia.

Melancarkan Pencernaan

Pencernaan yang tepat sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bukti menunjukkan chamomile efektif dalam meningkatkan pencernaan yang lebih baik karena mengurangi risiko dari kondisi pencernaan tertentu. Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa ekstrak chamomile berpotensi mencegah diare pada tikus. Ini dikaitkan dengan sifat anti-inflamasi.


Studi lain menunjukkan bahwa chamomile sangat membantu dalam mencegah tukak lambung, karena dapat mengurangi keasaman di lambung dan memperlambat pertumbuhan bakteri yang memang berkontribusi terhadap perkembangan maag.


Terlepas dari temuan ini, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk mengonfirmasi peran chamomile dalam pencernaan. Namun kendati demikian, rupanya ada banyak klaim anekdot yang menyatakan bahwa minum teh chamomile dapat menenangkan perut. Dan secara tradisional, telah lama teh chamomile digunakan untuk mengobati beragam penyakit pencernaan, seperti mual dan gas.

Anti Inflamasi

Teh chamomile dapat melindungi dari diare, bisul perut, mual dan gas, kemungkinan karena efek anti-inflamasinya. Minum teh chamomile dapat membantu menurunkan kadar gula darah.


Sifat anti-inflamasinya dapat mencegah kerusakan sel-sel pankreas yang terjadi ketika kadar gula darah meningkat secara kronis. Kesehatan pankreas bagi tubuh manusia tentunya sangat penting, karena menghasilkan insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan gula dari darah.

Bukan hanya itu saja, penelitian yang dilakukan pada hewan menghasilkan informassi bahwa teh chamomile rupanya dapat menurunkan kadar gula darah dengan jumlah yang cukup banyak, dan tidak menutup kemungkinan juga dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya lonjakan gula darah setelah makan.

Sebagian besar bukti yang didapatkan mengenai manfaat teh chamomile untuk mengendalikan gula darah memang didasarkan pada hasil penelitian pada hewan. Namun kendati demikian, temuan ini tentunya juga sangat membantu sekali untuk kehidupan kita.

Ini membuka fakta baru bahwa sebenarnya efek anti-inflamasi teh chamomile juga dapat meningkatkan sistem kontrol gula darah, terutama ketika dikonsumsi bersama dengan makanan.

Kaya Akan Flavon

Teh kamomil kaya akan flavon, kelas antioksidan. Flavon telah lama diketahui karena potensinya untuk menurunkan tekanan darah dan juga kadar kolesterol, yang merupakan penanda penting terhadap risiko penyakit jantung.


Satu studi yang bekerja sama dengan 64 pasien diabetes menghasilkan fakta bahwa pasien yang minum teh chamomile dengan makanan memiliki peningkatan kolesterol total yang tinggi, dibandingkan dengan mereka yang hanya minum air putih.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi peran teh chamomile dalam meningkatkan kesehatan jantung, tetapi tentu saja hal ini sangat baik jika kamu memasukkan chamomile ke dalam diet sehatmu.

Chamomile adalah sumber antioksidan flavon yang dapat berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.