Langsung ke konten utama

Obrolan Warungan (Slice of Life Story)


Obrolan Warungan

oleh (mifthaakbie)

            Ku seruput segelas kopi panas yang berada di depanku. Warung Bang Maji terasa sepi, karena hari baru saja di mulai. Aku menyilangkan kaki dan duduk bersila di atas kursi bambu panjang di depan warung Bang Maji.
            “ huh. Makin aneh saja negeri ini!”, tiba-tiba umpatan Bang Maji terdengar oleh telingaku. Aku menoleh pada Bang Maji yang duduk di sampingku sambil membaca koran pagi.
            “ Kenapa Bang?” tanyaku.
“ Ini nih!. Masak pelaku korupsi bisa dengan enaknya liburan sambil jalan-jalan keluar negeri” kata Bang Maji sambil menunjuk judul berita di koran tersebut.
“ Kapan sih korupsi di negeri ini bisa di basmi?” sambungnya.
“ Ah, macam hama tanaman saja di basmi” kataku.
“ Kan memang hama. Hama uang.”
“ Kenapa Abang tidak ikut demo saja?”
“ Percuma. Pengeluaran ikut demo tidak selalu sebanding dengan hasilnya. Belum tentu di dengar. Ngenes rasanya.” Aku hanya mengangguk ketika mendengar jawaban Bang Maji.
Tak selang berapa lama, seorang pengendara sepeda motor, memasuki pekarangan warung Bang Maji.
“ Hai Jo!” sapaku pada Karjo, pengendara sepeda motor tersebut.
“ Pagi – pagi sudah ngopi kau” kata Karjo, sambil memarkir sepedanya, lalu mendekatiku.
“ Tumben kau belum berangkat bekerja?”
“ Aku sedang malas bekerja. Istriku marah – marah saja kerjanya dari kemarin sore.”
“ Memangnya kau tak punya kertas?”
“ Kertas? Untuk apa?”
“ Untuk menyumbat mulut istrimu”
“ Ah, ada-ada saja kau ini. Kalau itu ku lakukan, pastinya aku sudah di lempar panci olehnya” kamipun tertawa bersamaan.
“ Memangnya kenapa dia marah – marah?” tanyaku.
“ Kau ini seperti tak tahu saja. Sekarang harga BBM di kabarkan akan naik. Harga sembako juga ikut naik. Istriku selalu marah-marah karena uang belanjanya tetap. Panas rasanya telingaku”
“ Kenapa kau tak demo kepada pemerintah?”
“ Buat apa demo?.  Belum tentu di dengar. Mungkin mereka lebih suka mendengarkan M P3, daripada protes masyarakat.” Aku hanya diam dan mengangguk-angguk mendengar jawabannya. Karena, terkadang terbesit di pikiranku, bahwa, kalaupun aku yang jadi presiden, belum tentu aku bisa mengatasi semua itu.


Hari semakin siang dan matahari semakin tersenyum. Pengunjung warung Bang Maji semakin ramai. Kopiku terlihat sudah berkurang. Hanya ada sedikit ampas kopi di dasar gelas. Terlihat, Bang Maji menyalakan TV yang ada di atas meja bambu di warungnya.
“ Huh, maling negara tidak pernah selesai kasusnya” kata Pa’i, seorang tukang becak yang kebetulan mampir di warung Bang Maji, dan duduk di sebelahku.
“ Kenapa Bang?” tanyaku.
“ Itu, perasaan dari dulu kasus korupsi tidak pernah usai. Yang satu belum selesai, eee.. malah ada lagi kasus lain.” Kata Pa’i sambil memandang berita di televisi yang menyiarkan salah satu kasus korupsi.
“ Iya, dari dulu, negara ini kok tidak pernah surut dari masalah ya?” kata Karjo.
“ Lha ya, itu namanya yang kaya makin kaya. Yang miskin makin parah” Kata Parmin, seorang tukang kuli bangunan, sambil menyeruput teh panasnya.
“ Masalah BBM malah tambah rumit.” Kata Andra, seorang pegawai kantor yang mendapat tugas di kotaku, dan tinggal bersama istrinya di desaku.
“ Kalaupun BBM jadi naik, pastinya seluruh harga bahan-bahan pokok ikut naik harga” kata Bang Maji yang tiba-tiba keluar dari dalam warungnya dan mengikuti pembicaraan.
“ Istriku saja dari kemarin sore marah-marah . Gara-gara beberapa penjual itu sudah menaikkan harga” kata Karjo.
“ Ah, kalau Dik Krisna, mungkin tidak terlalu memikirkan masalah istri marah. Kan masih belum ada pasangannya. Kalau orang-orang kota biasanya di sebut masih jomblo.” Kata Parmin. Aku menunduk sambil tersenyum.
“ Kalau berbicara tentang negara kita yang semakin lama semakin tidak beres, lama-lama sepertinya saya jadi tertular tidak beres. Pusing Bang” kataku.
“ Dik Krisna ini ada-ada saja” kata Pa’i. Kami semuapun tertawa.
*****
Ke esokan paginya, aku berniat berbelanja ke tukang sayur yang biasa lewat di depan rumahku. Kelihatan aneh memang, seorang lelaki muda, berbelanja sendiri ke tukang sayur keliling. Tetapi, apa mau di kata, rumahku sekarang jauh dari orang tua. Aku memutuskan untuk tinggal sendiri, semenjak aku menjadi seorang penulis. Suasana tenang tepat sekali untukku. Sebenarnya orang tuaku juga  sedikit berat untuk melepaskanku. Maklum, aku adalah anak tunggal. Ah, kenapa juga aku ini?. Malah menceritakan diriku . sudahlah, kita kembali ke cerita.
Aku menunggu tukang sayur, sambil duduk di kursi depan rumahku. Tiba-tiba sebuah suara terdengar jelas olehku.
“ Yur..sayur.....” suara tukang sayur, seketika membuatku langsung berdiri dari tempat duduk dan berangkat berbelanja.
Sekelompok ibu-ibu sudah berada di sekitar gerobak tukang sayur yang berada di depan rumahku.
“ Eh, Dik Krisna mau belanja ya?” tanya seorang ibu-ibu yang bernama Bu Pariyah kepadaku.
“ Iya Bu,” jawabku sambil tersenyum. Ketika aku memilih-milih sayuran, suara percakapan antara Bang Ali si pedagang, dengan Mbah Karmi terdengar oleh telingaku.


“ Ini satunya berapa Bang?” kata Mbah Karmi sambil menunjuk salah satu daging yang di bungkus plastik.
“ Itu 25.000 satu bungkus Mbah.” Jawab Bang Ali.
“ Kok mahal?. Biasanya Cuma 20.000” jawab Mbah Karmi.
“ Waduh Mbah, sekarang harga-harga bahan pokok itu naik” kata Bang Ali.
“ Naik semua ya Bang?” tanyaku.
“ Iya, saya saja sebenarnya sedikit nekad ketika membelinya.” Jawab Bang Ali.
“ Kok tiba-tiba ya Bang?”
“ Saya juga tidak tahu. Ini saja pada saat BBM di kabarkan akan naik. Kalaupun benar-benar naik, pasti semua bahan pokok naiknya semakin menjadi.” Aku hanya tersenyum ketika mendengar jawaban Bang Ali. Lalu bersegera membeli apa yang ku butuhkan, dan berpamitan untuk pulang pada para ibu-ibu di situ.
*****
Jam menunjukkan pukul 08.00 pagi. Aku berniat untuk pergi ke warung Bang Maji. Akupun mengunci pintu rumah dan pergi ke warung. Ketika akan sampai di waring tiba-tiba..
“ Aw!” pekikku. Sebuah batu kerikil tajam menembus sandal yang ku pakai, dan menggores telapak kakiku hingga berdarah. Aku mencabut batu itu dan berjalan kebali menuju ke warung Bang Maji yang kurang beberapa meter lagi sampai.
Bang Maji terlihat duduk sendirian di kursi bambu depan warungnya.
“Kenapa kakimu Kris?” tanya Bang Maji ketika melihatku berjalan pincang. Aku lalu duduk di samping Bang Maji.
“ Jalanmu seperti nenek-nenek menginjak batu bara saja” kata Bang Maji sambil tertawa.
“ Bukan menginjak batu bara, tetapi menginjak batu kerikil Bang!” jawabku.
“ Sebentar ya!. Aku ambilkan obat merah dulu” kata Bang Maji, lalu pergi ke dalam warungnya.
Tak selang lama, Bang Maji kembali sambil membawa botol obat merah kecil dan sedikit kapas, lalu memberikannya padaku. Akupun membuka botol itu dan mengoleskannya ke kakiku yang terluka.
“ Memang ya, jalan di sini parah. Sudah bolong-bolong, banyak batu-batunya, kalau hujan juga licin” kata Bang Maji.
“ Memangnya tidak pernah ada perbaikan ya Bang?” tanyaku.
“ Sebenarnya pernah. Tapi, yang namanya jalan pasti lama-lama akan rusak. Apalagi usianya sudah tua. Sekitar 12 tahun yang lalu sudah di aspal. Sekarang rusak lagi.”
“ Memangnya apa tidak ada usulan dari warga untuk di perbaiki?”
“ Kalau usulan sudah pernah berkali-kali. Tapi belum ada kabar lagi sampai sekarang. Memang dulu pernah mencoba memperbaiki sendiri. Tapi, namanya saja di desa terpencil, dananya tidak mencukupi.”
“ Padahal kalau jalan seperti ini bisa membahayakan. Apalagi kalau musim hujan seperti ini”
“ Apalah mau di kata.” Jawab Bang Maji.
Di tengah-tengah ke asyikan kami bercakap-cakap, tiba-tiba seorang lelaki muda, mungkin seumuran diriku memakai seragam guru. Berjalan sambil berjoget tidak jelas di depan warung Bang Maji. Aku memandangnya dengan heran.
“ Anak-anak! Kenapa kalian belum masuk kelas?. Cepat masuk atau ku hukum?!” teriaknya pada beberapa pohon pisang yang tumbuh di kebun depan warung Bang Maji. Lalu lelaki itu berjoget-joget lagi dan berjalan pergi meninggalkan tempat itu. Entah, dia mau kemana. Tapi, aku tetap heran.
“ Siapa dia Bang?” tanyaku pada Bang Maji.
“ Namanya Andre. Anak dari salah satu perangkat desa di sini.” Jawab Bang Maji.
“ Kenapa dia?”
“ Dia begitu gara-gara tidak lolos tes jadi PNS.”
“ Kasihan ya”
“ Iya. Padahal dulu dia salah satu pemuda cerdas di desa ini. Dia yang selalu mengusulkan kegiatan-kegiatan yang bersangkut-paut dengan kemajuan desa. Tapi, sayangnya dia sekarang sakit.”
“ Kata orang-orang, dia sebenarnya lulus tes. Tapim sayangnya dia tidak cukup mampu untuk masalah uang. Jadinya, dia tergeser oleh anak-anak para orang kaya.” Sambung Bang Maji lagi.
Miris memang ketika mendengar kisah Andre. Dia pintar tapi tak bisa mengembangkannya. Dia terbatasi oleh uang. Kasihan memang. Zaman memang semakin lama semakin aneh. Dimana yang benar di salahkan dan yang salah di benarkan. Mungkin kita Cuma harus menunggu suatu ilham yang dapat membuat dunia ini waras kembali.

Selesai

**Cuap cuap ringan
Old illustration of natives village in Java island, Indonesia. Created by De Bar and Maurand, 1960
Short Story Created on 2012
Online Publish @liwato.blogspot.com
Kalian bisa tinggalkan komen mengenai cerita diatas kunjungi dan follow juga halaman instagram milik penulis disini : mifthaakbie

*Isi sepenuhnya adalah milik dari liwato
*Mohon untuk mencantumkan sumber penulis dari blog ini jika mempublikasikan ulang!
*respect for respected

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.