Langsung ke konten utama

Satuan Ukuran File Size Lengkap - bit, byte, kilobyte, megabyte, dst


Banyaknya ukuran satuan tentunya bisa membingungkan dan pusing. Ada banyak sekali satuan ukuran dikehidupan sehari-hari kita. Lalu bagaimana dengan ukuran file?.


Kali ini liwato akan membahas mengenai tinjauan singkat tentang bagaimana kita dapat mengukur data dan menempatkan beberapa konteks pada beberapa unit informasi digital yang lebih banyak seperti petabyte atau bahkan yottabyte.

Kita manusia memahami informasi dalam analog. Sebagai contoh, apa yang kita lihat atau dengar diproses di otak dari aliran yang berkelanjutan. Sebaliknya, komputer adalah benda digital dan memperkirakan informasi tersebut menggunakan 1 dan 0. Cukup terbatas tapi dapat digunakan secara luas.

Berikut adalah daftar ukuran file size dengan perbandingannya jika diumpamakan menyimpan beberapa data.


Bit

Satuan ukuran file terkecil. Merupakan kependekan dari BInary digiT, adalah unit data terkecil yang dapat dibaca oleh komputer. Sederhananya, itu bisa berupa 1 atau 0.

Byte

Byte terdiri dari delapan bit.
0,1 byte: Keputusan biner
1 byte: Satu karakter
10 byte: Satu kata
100 byte: Telegram


Kilobyte (1024 Bytes)

1 Kilobyte: Sebuah kalimat yang sangat singkat
2 Kilobyte: Halaman yang diketik
10 Kilobyte: Halaman ensiklopedi ATAU setumpuk kartu berlubang
50 Kilobyte: Halaman gambar dokumen terkompresi
100 Kilobyte: Foto beresolusi rendah
200 Kilobyte: Sekotak kartu berlubang
500 Kilobyte: Kotak kartu yang sangat berat


Megabyte (1024 Kilobyte)

1 Megabyte: 4 buku (873 halaman teks biasa) ATAU Floppy disk 3,5 inci
2 Megabita: Foto beresolusi tinggi
5 Megabita: Karya lengkap Shakespeare ATAU 30 detik video berkualitas TV
10 Megabita: Satu menit suara dengan kesetiaan tinggi ATAU X-ray dada digital
20 Megabita: Sekotak floppy disk
50 Megabytes: Mammogram digital
100 Megabita: 1 meter buku rak ATAU Buku ensiklopedis dua volume
200 Megabita: Gulungan pita 9-track ATAU Pita kartrid IBM 3480
500 Megabita: CD-ROM ATAU Hard disk PC

Gigabyte (1.024 Megabytes, atau 1.048.576 Kilobytes)

1 Gigabyte: Sebuah truk pickup diisi dengan kertas ATAU Simfoni dalam suara berkualitas tinggi ATAU Film dengan kualitas TV. 1 Gigabyte bisa menampung isi sekitar 10 yard buku di rak.
2 Gigabytes: 20 meter buku yang disimpan
5 Gigabytes: Pita Exabyte 8mm
20 Gigabytes: Koleksi audio berkualitas tinggi dari karya Beethoven atau kaset VHS yang digunakan untuk data digital
50 Gigabytes: Kumpulan buku Atau Ratusan kaset 9-track
100 Gigabytes: Kumpulan jurnal akademik ATAU Kaset digital ID-1 yang besar.


Terabyte (1,024 Gigabytes)

1 Terabyte: Robot pita otomatis ATAU Semua film sinar-X di rumah sakit teknologi besar ATAU 50.000 pohon yang dibuat menjadi kertas dan dicetak.
1 Terabyte: 1.613 650MB CD atau 4.581.298 buku.
1 Terabyte: 1.000 salinan Encyclopedia Britannica.
2 Terabyte: Perpustakaan penelitian akademis ATAU Lemari penuh kaset Exabyte
10 Terabytes: Koleksi cetak Perpustakaan Kongres AS
Petabyte (1.024 Terabytes, atau 1.048.576 Gigabytes)
1 Petabyte: 5 tahun Earth Observing System (EOS) (pada 46 mbps)
1 Petabyte: 20 juta lemari arsip 4 pintu penuh teks atau 500 miliar halaman teks cetak standar.
2 Petabytes: Semua perpustakaan riset akademik AS.
20 Petabytes: Produksi hard-disk drive pada 1995
200 Petabytes: Semua bahan cetakan ATAU Produksi pita magnetik digital pada tahun 1995

Exabyte (1,024 Petabytes)

Satu eksabyte data dibuat di Internet setiap hari pada 2012 atau informasi senilai 250 juta DVD.
5 Exabytes: Semua kata yang pernah diucapkan oleh manusia.

Zettabyte (1.024 Exabytes)

Cisco memperkirakan 1,3 zettabyte traffic setiap tahun melalui internet pada tahun 2016


Yottabyte (1.204 Zettabytes, atau 1.208.925.819.614.629.174.706.176 bytes)

Itu sama dengan satu septillion (1024) atau, tepatnya, 280 byte.
Namanya berasal dari awalan ‘Yotta’ yang berasal dari bahasa Yunani kunoκκώ (októ), yang berarti "delapan", karena sama dengan 1.0008
Pada 2010, biayanya $ 100 triliun untuk membuat sistem penyimpanan yottabyte yang dibuat dari hard drive hari itu.
Setelah ‘Yotta’, sistem awalan yang diakui secara resmi terhenti, kemungkinan karena manusia belum memiliki kebutuhan untuk bekerja dengan jumlah yang lebih besar dari ... apa pun benar-benar.

Ada beberapa unit pengukuran lain, yang melampaui Yotta dan yang diakui oleh beberapa ahli. Misalnya, brontobyte adalah 1 diikuti oleh 27 nol dan beberapa percaya akan menjadi skala data yang diaktifkan oleh internet hal (perangkat pintar dari pemanggang roti ke lemari es ke sensor rumah yang terus-menerus mengirim dan menerima data). Gegobyte adalah 10 pangkat 30, yang sekarang sia-sia untuk dihitung dalam DVD atau apa pun seperti itu.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.