Langsung ke konten utama

Fakta Sejarah Tahun Pertama Piala Dunia (Kamu sudah tau?)

Fakta Sejarah Tahun Pertama Piala Dunia (Kamu sudah tau?)

1930 Menjadi Tahun Pertama Penyelenggaraan Piala Dunia

Tepat pada tahun 1930 perhelatan akbar sepak bola dunia dimulai, perhelatan yang di selenggarakan oleh FIFA ini dibuka pertama kali di Uruguay.

Dan tuan rumah Uruguay menjadi pemenang piala dunia kala itu, dengan berhasil mengalah lawanya yang saat itu adalah Argentina dengan skor akhir 4-2.

Fakta menariknya selama perhelatan akbar ini banyak sekali kejadian yang menarik dan wajib untuk di ingat. Fakta menarik itu antara lain :

Hanya diikuti oleh 13 tim

Jika saat ini Piala Dunia diadakan dengan lebih dari 32 tim, pada saat pertama kali di gelar tim yang ikut andil dalam pertandingan ini hanya 13 negara saja.

Dari ketiga belas tim yang bertanding, kemudian dibagi menjadi 4 grup, berikut daftar Grup dan Negara yang ada didalamnya.

• GRUP 1
• Argentina,
• Chile,
• Perancis,
• Meksiko.

• GRUP 2
• Yugoslavia,
• Brasil,
• Bolivia.

• GRUP 3
• Rumania,
• Peru,
• Uruguay

• GRUP 4
• AS,
• Paraguay,
• Belgia

Sempat Ditolak Beberapa Negara

Penolakan yang terjadi di bebera Negara, adalah jawaban dari minimnya pemain dalam piala dunia pertama itu, penolakan beberapa Negara itu karena buntut dari diputuskanya Final Piala Dunia yang di gelar di Uruguay.

Penolakan yang wajar, karena banyak Negara yang mengeluhkan biaya perjalanan yang membengkak serta akomodasi saat berada di sana. Bahkan 8 minggu sebelum diadakan turnamen, hal ini menjadi FAKTA DUNIA yang membuat kita mengerti, bahwa perhelatan Piala Dunia yang bersejarah!

Jules Rimet Presiden FIFA saat itu, akhirnya menawarkan untuk menanggung seluruh biaya perjalanan dan akomodasi di Uruguay. Yang akhirnya membuat 4 negara di eropa mengambil peran untuk ikut bermain, setelah mendapatkan tawaran itu.

Pertandingan Pertama 18 Hari

Laga pertama Piala Dunia itu, Berlangsung selama 18 hari, tentunya hal ini merupakan akibat dari
sedikitnya peserta turnamen yang mengikuti. Pertandingan piala dunia pertama itu dimulai dari tanggal 13 juli 1930 sampai dengan 30 Juli 1930,

fakta piala dunia 1930
https://www.worldcupballs.info/wp-content/uploads/2017/11/5U6A0739-1-copy.jpg

Bola Yang Digunakan

Fakta menarik dari Perhelatan ini adalah, Bahwa Pada pertandingan Piala Dunia Pertama itu, FIFA Belum memiliki bola resmi.

Sebelumnya, pada setiap pertandingan resmi yang dijalankan FIFA selalu mengumumkan bola pertandingan resmi yang digunakan di setiap pertandingan. Namun pada Piala Dunia pertama ini, FIFA menggunakan bola yang berbeda-beda pada setiap pertandingan yang berlangsung.

Pada tahun 1970 pada gelaran Piala dunia di Meksiko, baru kemudian diperkenalkan bola resmi yang di beri nama Telstar, dimana bola itu terbuat dari 32 panel kulit istimewa yang membuatnya menjadi bola dengan bentuk terbulat pada masanya. Jika benar bola pertama itu terlihat sangat bundar, maka berita yang menyebutkan Bola Itu bundar memang benar adanya.

Stadion Yang Digunakan

Fakta menarik lainnya juga hadir dari tempat pertandingan/Stadion, jika pada tahun 2018 yang berlangsung di Rusia, menggunakan 12 stadion, maka pada pertanding Piala Dunia pertama ini, FIFA hanya menggunakan 3 stadion, yang letaknya berada di Kota Montevideo, berikut daftar nama stadionnya :

• Estadio Centenario,
• Estadio Pocitos,
• dan Estadio Parque Central.

Dan Pertandingan Final Piala Dunia Pertama ini dilakukan di Estadio Cnetenario. Bagaimana? Semakin banyak tau kan fakta unik yang ada di dunia ini, terus update fakta-fakta dunia yang akan dibagikan di blog ini. Fakta menarik lainnya bisa kamu lihat di postingan sebelumnya!

Sekian artikel dari ane tentang, FAKTA DUNIA : 1930 Menjadi Tahun Pertama Penyelenggaraan Piala Dunia, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.