Langsung ke konten utama

Ini nih,Script Dasar C++ yang Harus Kamu Hafal!





Programmer tidak jauh dari bahasa asing komputer yang digunakan untuk berkomunikasi antar manusia dan mesin, yakni bahasa pemrogaman. Ada banyak bahasa pemrogaman yang dibuat oleh pengembang-pengembang terdahulu.

C++ adalah salah satunya.

C++ adalah bahasa pemrograman yang merupakan pengembangan dari bahasa C dan dibuat oleh Bjarne Stroustrup. Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara bahasa C++ dengan bahasa C adalah adanya konsep pemrograman berorientasi obyek (Object Oriented Programming) pada bahasa C++, sedangkan bahasa C lebih cenderung ke bahasa prosedural.

Pada umumnya, bahasa pemrograman C menggunakan dua konsep, yaitu data dan algoritma. Meskipun begitu, penggunaan bahasa prosedural seperti bahasa pemrograman C sangat tidak efisien untuk pembuatan software, khususnya untuk software skala menengah ke atas. Berdasarkan pertimbangan mengenai kelebihan dan kekurangan bahasa pemrograman C itulah, yang membuat bahasa pemrograman C++ dikembangkan.

Bagi kamu yang sedang berada pada zona 'belajar' menjadi programmer, alangkah baiknya mengetahui script apa saja yang paling penting dan dasar pada c++ untuk dihafal.

1. main()

Dalam menulis script program, kamu harus menggunakan awalan dan akhiran. Pada c++, fungsi dari main() bisa disebut sebagai pembuka jalan bagi program tersebut. Dan harus selalu ada pada awal script program yang dijalankan.

2. Semicolon atau ;

Pada setiap akhir perintah, kamu diwajibkan untuk menutup baris programnya. Ini digunakan sebagai pembatas antar satu perintah dengan perintah selanjutnya pada c++. Kalian harus menambahkan simbol ; (titik koma) pada akhir baris program sebagai pemisah.

2. Kurung kurawal { }

Pada setiap akhir perintah, kamu diwajibkan untuk menutup perintah pada keseluruhan programnya. Kurung kurawal digunakan sebagai pembuka dan penutup sebuah kelas pada program. "{" ditambahkan setelah main() sebagai pembuka sebuah program dan "}"diletakkan pada akhir script sebagai tanda penutupnya.


3.  cin dan cout (Input, Output)

ini adalah yang paling penting. Dimana cin dan cout pada c++ merupakan sebuah perintah untuk menjembatani antara pengguna program dengan program yang digunakannya.

Cara bacanya juga bukan "cin" maupun "cout". Yang benar adalah C-IN dan C-OUT jadi seperti membaca dua suku kata dalam datu kata.

Cin merupakan perintah yang digunakan untuk memberi fitur memasukkan inputan berupa variabel-variabel yang di input pada program untuk diolah.

Sedangkan cout merupakan output dari sebuah variabel yang ingin ditampilkan pada layar monitor pengguna. Bisa berupa angka, simbol, maupun huruf.

Sebagai catatan, kamu harus selalu menambahkan #include berupa  diawal program sebagai tanda digunakannya kedua pasangan cin & cout ini.

4.  >> dan <<

fungsi dari >> adalah sesuatu yang diperintahkan programmer pada programnya untuk melakukan sesuatu. Kmu bakalan sering menggunakan simbol ini sebagai penunjuk kemana program tersebut harus melakukan sesuatu.

Simbol ini akan kamu temui dengan diiringi cin maupun cout. Dimana << digunakan sebagai perintah pada cin dan >> digunakan pada perintah cout.

5. printf() dan scanf()

Sebenarnya, perintah ini sama seperti cin dan cout. Namun pada penggunaannya tidak diiringi dengan >>/<< karena mereka berdua adalah pasangan input output yang menggunakan tanda kurung untuk isi data yang digunakan.

printf() disini disamakan seperti fungsi output dari cout. Sedangkan scanf() bisa disamakan seperti fungsi input pada cin.

Sebagai catatan, kamu harus selalu menambahkan #include diawal program sebagai tanda digunakannya kedua pasangan printf() & scanf() ini.


Bagaimana? Apa sekarang kamu sudah lebih bersemangat untuk membuat program pertamamu menggunakan bahasa c++?

©Liwato

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.