Langsung ke konten utama

Anak Sapi (Slice of Life Story)

Anak Sapi

oleh (mifthaakbie)

“Hei Jo!” sapaku pada Bejo yang pagi ini kebetulan lewat depan rumahku.
“Oh, hai juga Man!” jawabnya. Lalu, berbelok menuju pekarangan rumahku. “Pagi-pagi sudah santai kau.”
“Iya, mumpung sedang libur kerja. Lumayan, bisa nemenin istri di rumah sambil ngopi. Hehehe.” Jawabku setengah bergurau. Bejopun ikut duduk di sampingku.
Kami sering mengobrol maupun sekedar duduk diam bersama-sama didepan rumahku pada hari libur.
Bejo adalah salah satu tetangga satu dusunku yang rumahnya lumayan berjarak jauh dari rumahku. Ia adalah salah satu buruh serabutan dari puluhan warga yang bekerja serabutan di kampung kami. Genting bocor, kerbau lepas, bahkan permintaan warga untuk mengambil beberapa buah kelapa dari pohonnya sudah menjadi pekerjaan yang biasa bagi Bejo. Ia sering mondar-mandir beberapa kali didepan rumahku karena jasa yang diberikannya pada warga sekitar mendapat banyak permintaan. Terkadang aku sering membandingkan Bejo dengan para sales yang menawarkan jasa apa saja di kota-kota besar seperti yang kulihat di televisi.
“Enak ya, bisa bekerja di bengkel milik Haji Maji. Kerjanya hanya membetulkan motor dan mobil rusak. Kalau liburpun, bisa seharian di rumah.”
“Enak sih memang iya. Tapi, kalupun salah kerjanya ya potong gaji.” Kataku.
“Ah, kenapa juga kita malah membicarakan tentang bengkel?”
“Lho, kan kamu sendiri yang memulainya.” Aku jadi bingung arah pembicaraan apa yang ingin dibahas oleh Bejo.
“Sudahlah. Lagipula, hari ini aku sedang gembira” wajahnya terlihat sumringah dan antusias ingin menceritakannya padaku.
“Gembira?”
“Iya. Kemarin rabu, ada salah satu temanku yang berkunjung ke rumahku. Ia terlihat lebih sukses dari dulu. Lalu, karena ia kasihan padaku karena pengangguran, akhirnya ia bersedia menolongku dengan memberiku seekor anak sapi. Dan, kemarin, anak sapi itu di antarkan ke rumahku.”
“Beruntung sekali kau Jo.”
“Iya. Tapi, ada masalahnya.” Ia menggaruk sebelah kepalanya.
“Sudah dapat sapi kok masih pakai masalah-masalah?”
“Aku tak bisa merawat anak sapi itu sendirian. Karena, tak mungkin aku yang masih bujang ini merawatnya tanpa teman. Dulu sih kalau masih ada emak dan bapak, tak jadi masalah. Sedangkan kini, aku hidup sendiri.”
“Lalu, mau kau jual?. Jika kau jual sekarang, pasti rugi Jo. Kalau sudah agak besar, untungnya pasti juga besar.”
“Iya. Dan aku mempunyai sebuah ide
“Ah, macam orang penting saja kau.”
“Aku sungguh-sungguh Man”
“Jadi?”
 “Aku ingin mengajakmu merawat anak sapi itu bersama-sama”
 “Apa?. Kau mau aku berhenti bekerja di bengkel?. Ah, rawat saja sendiri. Sudah gila apa?” sahutku tidak setuju.
“Bukan begitu. Maksudku, kita bergiliran jika menjaganya. Aku akan angon jam 7 pagi sampai kau pulang kerja jam 12. Dan, setelah itu kau menggantikanku hingga jam 5 sore.”
“Kalau malam memangnya mau kau lempar ke sungai?”
“Bukan begitu. Jika malam, kita bisa bergantian menginapkannya di rumah kita masing-masing. Misalnya, tiga malam di rumahku, dan tiga malam di rumahmu. Kita bisa mengikatnya di samping rumah kita. Pekarangan rumahmu kan sudah ada pohon mangga. Ikat saja dia di situ.”
“Lalu, hasilnya?”
“Kita bagi rata setelah ia besar. Untung-untung jika dia melahirkan seekor anak sapi lagi.”
“Dia betina Jo?” aku mulai ikut antusias dengan ceritanya.
“Tidak. Hehehe.” Ia menggaruk kepalanya lagi.
“Lalu bagaimana bisa melahirkan anak sapi?”
“Oh, iya, aku lupa. Pokoknya, hasilnya kita bagi rata.”
“Baiklah. Besok, anak sapi itu kau bawa kesini.”
“Oke, kita sepakat.”. Kamipun berjabat tangan, lalu menyepakati keputusan itu.
Esok sorenya, ketika aku mencuci sepeda motor di halaman rumah, tiba-tiba sebuah suara lonceng membuatku menghentikan kegiatanku, dan mencari sumber suara itu.
‘Moo..’. aku menoleh ke arah suara kedua itu. Bejo terlihat panik dan kewalahan ketika memegang tali yang mengikat leher sapi kecil itu. Dia panik sekali, hingga akupun menahan tawa.
“Hahaha. Panik sekali wajahmu Jo!” teriakku padanya. Dia tak terlalu menggubris omonganku, karena sibuk dengan sapi kecil yang terus bergerak di dekatnya. Dengan perlahan ia memaksa binatang itu untuk menurutinya berjalan ke arahku.
“Ah, dia tak bisa diam Man.” Katanya dengan nafas tersenggal-senggal. Lalu, mengikat tali sapi kecil itu di batang pohon mangga depan rumahku.


“Aku hampir gila mengurusi dia dari pagi. Rasanya seperti olahraga sepanjang hari.” Sambungnya.
“Ah, diakan memang belum terbiasa,” akupun meletakkan kain dan spons yang kugunakan untuk mengelap dan mencuci motorku tadi di atas jok motorku.
“Umur berapa Jo?” tanyaku.
“Kira-kira sekitar satu tahun setengah.”
“Merepotkan ya?”
“Sangat. Dan aku sudah sangat kuwalahan. Sore ini, giliranmu menjaganya ya. Ku bantu dengan do’a. Hehehe.” Ia berkatasambil tersenyum jail. Lalu, iapun pergi pulang tanpa menunggu komentarku selanjutnya.
Kini tinggallah aku dan anak sapi itu. Aku mencoba mengamatinya, lalu mendekatinya. Rasanya mengerikan jika membayangkan apa yang di katakan Bejo padaku tentang anak sapi ini.
“Oke, sekarang hanya ada kau dan aku. Jadi, ku mohon dengan sangat, jangan menyerudukku ya. Istriku bisa marah jika tahu jika aku di seruduk seekor anak sapi.” Kataku padanya. Ia memandangku dengan aneh. Ku coba memberanikan diri untuk mengelus kepalanya. Tapi, ia malah menjilati tanganku.
“Hei!. Apakah itu berarti kau menyukaiku?”
‘Moo’ sahutnya.
“Oke, sekarang, siapa namamu?”
‘Moo’
“Paijo, supraja, aming, ariel?. Atau siapa?”
‘Moo’ ia kelihatan tak menyukainya.
“Baiklah, mungkin kau ingin nama yang lebih keren. Coba ku pikir.” Akupun terdiam lama sambil berpikir.
“Aha!. Bagaimana jika Alex?. Cukup keren kan?”
‘Mooooo’ ia terlihat senang.
“Nah Alex, berarti sekarang waktunya kita mencari rumput untukmu. Ayo ke padang rumput. Lets go!”. Akupun melepas tali yang mengikatnya pada pohon mangga. Bayangan mengerikan tentangnya, akhirnya sirna, berganti dengan sesuatu yang menyenangkan.
Sejak saat itu, kesepakatan yang ku buat bersama Bejo, kami jalani dengan gembira. Pagi sampai aku pulang siang, Bejolah yang menjaga si ‘Alex’. Dari siang sampai sore, akulah yang menggantikannya. Kini, Bejo sudah tak sepanik dulu dalam merawat Alex. Ia sekarang terlihat lebih akrab dengan Alex, sama sepertiku. Terkadang, ia juga meminta agar Alex di inapkan di rumahnya untuk waktu yang lebih lama, walaupun sudah habis jatah tiga hari untuk Alex menginap di rumahnya. Akupun mengijinkannya, karena, aku mengerti, bahwa Bejo hidup sendiri tanpa teman di rumahnya. Aku dan Bejo sangat menyayangi Alex. Diaternyata tidak terlalu susah untuk di atur. Malah, jika aku sudah lelah, aku sering pulang pergi dari rumah ke padang rumput sambil menaikinya. Istrikupun juga senang atas hadirnya Alex. Karena ia juga dapat membantu untuk memakan rumput-rumput liar yang sering tumbuh di sekitar rumahku. Alex sudah bagaikan teman dan bagian keluarga kami.
Tapi, sayangnya, aku dan  Bejo tak segera menyadari bahwa seiringhari berlalu, Alex semakin dewasa. Dan sudah waktunya untuk kawin ataupun di jual.
“Man, si Alex nggak mau makan dari tadi siang.” Kata Bejo.
“Iya ya, aku juga bingung. Tadi malah aku hampir di seruduk gara-gara maksa dia untuk makan” sahutku.
“Aku pusing mikirinnya.”
Akupun memandang Alex yang sedang berada di padang rumput tak jauh dari tempatku dan Bejo duduk menungguinya. Ia akhie-akhir ini memang tak terlalu nafsu untuk makan. Padahal, jika ia tak makan, maka daya tahan tubuhnya pasti akan menurun.
“Eh Man, sebenarnya aku mempunyai sebuah usul. Tapi, aku takut kau tak menyetujuinya.” Kata Bejo tiba-tiba membicarakan hal lain. Akupun penasaran.
“Usulan?”
“Ya”
“Apa usulmu?”
“Apakah kau tak menyadari bahwa Alex semakin dewasa?.”
“Apa maksudmu?”
“Bukankah sudah waktunya ia kawin?”. Akupun terkaget mendengar kata-kata Bejo.
“Lalu, mau kita kawinkan dengan sapi siapa?. Di sini tak ada yang memiliki sapi kecuali kita.”
“Hemm. Benar juga.”. Kamipun terdiam dan memikirkan keputusan yang tepat.
“Aha!” tiba-tiba suara Bejo mengagetkan lamunanku.
“Aku punya ide.” Sambungnya dengan wajah berbinar-binar.
“Apa idemu?”
“Aku sudah mendapatkan pekerjaan di Jakarta.”
“Lalu apa hubungannya dengan masalah kita?”
“Aku butuh biaya untuk ke Jakarta. Dan tak mungkin kau merawatnya sendirian. Lagipula, bukankah uang hasil penjualannya bisa kita bagi rata?”
“Apa maksudmu kau berencana menjual Alex?”
“Ya.”
“Apa tak ada jalan lain?”
“Menurutku tidak. Tapi, apakah kau punya gagasan yang lebih baik?”
“Tidak juga”
“Baiklah, kalau begitu kita jual dia. Setuju?”. Aku ragu ingin mengatakan iya. Tapi mau bagaimana lagi.
“Baiklah. Setuju!” jawabku.
“Kapan kita menjualnya?”
“Secepatnya. Besok juga bisa”
 Kamipun berjabat tangan menandakan sepakat. Aku membayangkan hari-hariku tanpa Alex setelah ia di jual. Bahagiakah aku?. Atau malah sebaliknya?. Lalu, siapa yang akan membersihn kan dan memakan rumput-rumput liar di pekarang rumahku?. Akankah istriku yang akan menyuruhku memakannya sampai habis?. Ah, puluhan pikiran konyol mulai hinggap di benakku.


“Man!” kata Bejo saat melihatku melamun.
“Oh, ya.”
“Malam ini jatah Alex di letakkan di rumahku kan?” tanya Bejo tiba-tiba.
“Ya. Tapi, aku ingin dia berada di rumahku sebelum kita benar-benar berpisah dengannya”
“Aku juga ingin dia bersamaku!. Memangnya hanya kau saja yang menginginkannya?”
“Hei!. Kenapa nada bicaramu meninggi?. Toh, kau juga sering meminta agar Alex di letakkan di rumahmu walaupun sudah habis jatahmu. Dan jika sekarang aku memintanya, berarti itu adil-adil saja!”
“Tapi sekarang kondisinya lain”
“Kau keras kepala!”
“Kau egois!”. Akupun terdiam dengan emosiku yang meluap-luap. Aku tak ingin terjadi keributan. Apalagi di padang rumput ini, dengan sahabatku sendiri.
“Terserah!. Percuma aku meladeni omonganmu!”. Akupun pergi pulang meninggalkannya.
****
“Parman!. Dasar penipu kau!”. Tiba-tiba suara teriakan yang bercampur makian terdengar keras dari teras rumahku. Seketika aku dan istriku terbangun dari tidur.
“Jam berapa ini Mas?” tanya istriku setengah sadar.
“Masih jam setengah enam Dik.” Jawabku sambil meluhat jam dinding.
“Parman!. Keluar kau!” teriakan itu terdengar lebih keras.
“Siapa itu Mas?” tanya istriku sambil ketakutan. Aku tak segera menjawabnya. Melainkan turun dari tempat tidur, lalu merapikan diriku seadanya, dan pergi keluar rumah menuju sumber suara itu. Istriku mengikutiku dari belakang dengan rasa takut.
Bejo terlihat sudah berada di depan pagar teras rumahku yang terkunci. Puluhan orang mengelilinginya dan sebagian mencoba mencegahnya. Wajah Bejo terlihat garang dan menakutkan. Dengan celurit di tangannya, ia berteriak-teriak memanggil namaku.
“Parman! Ku penggal kepalamu!” teriakannya membuat istriku semakin ketakutan dan memelukku. Aku yang tak tahu menahu tentang penyebab kemarahannya tidak sedikitpun merasa takut.
Aku mencoba menghampirinya, tetapi, sebuah tangan memegang pundakku, berusaha menghentikanku. Aku menoleh. Pak Lurah terlihat panik dan mencegahku.
“Jangan kesana Man, jika kau tak ingin kehilangan kepalamu.” Pak Lurah berkata dengan tegas.
“Kenapa Bejo Pak?”  tanyaku. Belum sempat Pak Lurah menjawab, tiba-tiba,
‘Clep’ , sebuah clurit menancap di tanah, tepat di depanku berdiri bersama Pak Lurah. Seketika itu juga, aku menjadi merinding melihat celurit itu menancap di tanah. Mengerikan rasanya membayangkan benda itu mendarat tepat di atas kepalaku. Aku bergidik melihatnya.
“Alhamdulillah.” Ucap Pak Lurah ketika mengetahui celurit itu meleset.
“Alhamdulillah.” Ucapku juga kemudian.
Tak berapa lama kemudian, suara sebuah mobil ambulans meraung-raung mendekati lokasi Bejo mengamuk. Beberapa orang berbaju putih turun dari ambulans, lalu berusaha menenangkan Bejo yang tak henti-hentinya mengamuk dan berteriak-teriak seperti orang kesurupan berusaha menjebolkan pagar besi rumahku. Ia meronta tatkala orang-orang berbaju putih itu berusaha membawanya ikut bersama mereka. Tapi, itu satu hal yang berlangsung cukup lama. Hingga pada akhirnya, aku tak tahu apa yang di lakukan mereka terhadap Bejo, tetapi, Bejopun akhirnya pingsan. Merekapun membawa Bejo masuk ambulans dan pergi meninggalkan tempat.
Aku masih tercengan di samping Pak Lurah melihat kejadian itu. Beribu tanda tanya berputar-putar di kepalaku. Lalu, Pak Lurah mengajakku masuk kedalam rumah. Sedangkan masih banyak warga yang berada di luar pagar rumahku sedang membicarakan hal itu.
“Ada apa ini Pak? Kenapa Bejo?” tanyaku memberanikan diri membuka pembicaraan.
“Jangan terlalu panik. Tenangkan dirimu” kata Pak Lurah. Pak Lurahpun duduk di kursi ruang tamuku dan bercerita panjang lebar.
Ternyata, pagi ini Bejo mengamuk lantaran menuduhku mencuri Alex dari rumahnya. Menurut beberapa warga yang semalam ronda, ada 3 orang laki-laki sedang menyeret seekor sapi jantan yang terlihat tak mau menurut untuk berjalan tengan malam tadi. Para petugas ronda membiarkan hal itu, karena seorang dari 3 laki-laki itu sempat berkata bahwa mereka mendapatkan hadiah seekor sapi setelah mengikuti sebuah kompetisi. Dan, akhirnya para petugas rondapun membiarkan mereka bertiga lewat.


Tapi, pagi ini ternyata Bejo menanyai seluruh warga kampung tentang Alex yang tiba-tiba tak ada di rumahnya. Sebagian warga mengaku tak mengetahui ataupun melihat Alex. Hingga pada akhirnya para petugas ronda yang semalam bertugas, mendengar hal itu. Merekapun hendak memberi tahu Bejo tentang 3 lelaki yang menyeret paksa seekor sapi semalam. Karena mereka yakin, bahwa ciri-ciri alex sama persis dengan sapi yang mereka lihat semalam.
Entah mengapa, belum sempat orang-orang memberi tahu Bejo tentang kejadian semalam, Bejo sudah berada di depan pagar rumahku sambil berteriak-teriak mengamuk dengan membawa celurit. Beberapa orang warga berusaha menenangkannya. Dan untuk beberapa saat, ia tenang dan mendengarkan penuturan dari salah seorang petugas ronda semalam. Tapi anehnya, ia tiba-tiba tertawa, lalu menangis, dan mengamuk kembali. Wargapun menjadi bingung karenanya.
“Lalu, bagaimana Pak Lurah bisa masuk ke pekarangan rumah saya?. Bukankah rumah saya di kelilingi oleh pagar tembok?.” Tanyaku kemudian.
“Jika Dik Parman saya beri tahu, pasti akan tertawa. Saya tadi kebingungan mencari jalan masuk. Akhirnya saya nekad minta tolong Pak Carik untuk membantu saya memanjat pagar belakang rumah sampeyan.” Jawab Pak Lurah. Akupun tersenyum ketika membayangkan Pak Lurah bersusah payah memanjat pagar rumahku yang tinggi di bantu oleh Pak Carik.
“Lalu, kenapa Bejo di bawa ambulans?”
“Ia di duga gila setelah mendengar kabar bahwa sapinya hilang. Akhirnya Wak Amin menelepon RSJ terdekat”.
****
Mentari sudah tersenyum. Istriku terlihat telah rapi dan siap berangkat.
“Ayo Mas. Nanti biar tak kepanasan.” Katanya. Akupun menurutinya, lalu mengeluarkan sepeda motorku keluar rumah. Setelah mengunci rumah, kamipun berangkat.
Ku berhentikan dan ku parkirkan sepeda motorku di tempat parkir. Ya, tujuan kami adalah salah satu RSJ yang berada di kotaku. Akupun mengajak istriku masuk kedalam.
Salah seorang perawat mengantarkan kami untuk menemui sesorang. Orang yang kami tuju sedang duduk sambil melamun di sebuah bangu panjang. Ia melihat lalu lalang para penghuni RSJ yang berperilaku sesuka hati mereka.
“Silahkan. Saya tinggal dulu ya,”. Perawat itu berkata padaku dengan ramah, lalu pergi dengan sopan. Aku dan istrikupun mendekato orang itu. Ia tak lain adalah Bejo.
“Jo,” panggil istriku padanya dengan pelan. Bejo lalu menoleh. Akupun tersenyum padanya.
“Bagaimana kabar Alex, Man?” tanya Bejo dengan pandangan sayu.
“Tenang saja. Ia tetap sehat seperti biasanya Jo.”

Selesai

**Cuap cuap ringan
Created on 2012
Online Publish @liwato.blogspot.com
Kalian bisa tinggalkan komen mengenai cerita diatas kunjungi dan follow juga halaman instagram milik penulis disini : mifthaakbie

*Isi sepenuhnya adalah milik dari liwato
*Mohon untuk mencantumkan sumber penulis dari blog ini jika mempublikasikan ulang!
*respect for respected

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.