Sebuah kegiatan promosi sudah menjadi hal wajib jika anda memiliki produk. Mulai dari sabun cuci piring, tusuk sate, tusuk konde dan berbagai macam tusukan bisa dipromosikan dengan harapan adanya pembeli dan meningkatkan hasil penjualan.
Akhir-akhir ini kita sering mendengar kata endorse, endorsement. Sebenarnya apa sih itu?
Endorse adalah sebuah upaya memberitahukan sebuah produk pada khalayak umum dengan tujuan adanya peningkatan profit dari penjualan sebuah produk.
Apa bedanya endorse dengan iklan biasanya?
Endorse dilakukan bukan secara terang terangan melalui media masa seperti televisi, radio dan media milik lembaga. Endorse lebih mengacu pada pribadi seorang publik figur.
Bisa artis, tokoh maupun seleb sosial media seperti twitter, youtube, facebook dan instagram. Dimana sosial media ini adalah lahan para publik figure ini mempromosikan barang yang mereka endorse.
Platform yang digunakan oleh para artis yang diminta untuk endorse produk bermacam macam sesuai ketentuan artis tersebut dengan pemilik produk.
Tentunya setiap artis akan menentukan kebijakan yang berbeda beda. Ketika si artis A hanya menerima endorse di instagram, bisa saja artis B menerima endorse di semua sosial media yang dimilikinya.
Endorse bisa jadi akan lebih efektif dibanding dengan iklan komersil umumnya. Karena target pasar produk akan langsung bisa menyasar konsumen yang berminat pada produk tersebut terutama yang mencerminkan si artis tersebut.
Misalkan produk makanan sehat bisa endorse pada atlit atau artis bertubuh seksi dan sehat. Atau mungkin contoh lain, produk kecantikan akan lebih cocok jika endorse pada artis yang cantik.
Sekian informasi dari ane. semoga bermanfaat.