Langsung ke konten utama

Ngaku anak indie? Udah tau apa itu musik indie? (Yuk Bahas Seluk Beluknya!)



Kalian jatuh cinta sama lagu-lagu indie ciptaan Stars and Rabbit, Payung Teduh atau bahkan Mocca? Apa kalian sampai di artikel ini karena ingin menjadi anak indie sejati?

Hemm, udah tahu belum apa itu band indie? Jangan sampai ngakunya anti mainstrean, pas ditanya top band indie pun nggak tahu.
Jangan sampe deh kamu malah dikira anak suka ikut arus yang cuma bisanya ikut-ikutan tapi gangerti maksudnya apa. Jangan jadi sok tahu juga kalo kamu memang nggak tahu. Mendingan baca ini dulu deh biar tahu apa itu band indie dan gimana seluk beluk band indie.

INDIE ITU BUKAN GENRE MUSIK

Nah loh?. Iya emang itulah kenyataannya. Kata indie berarti adalah mandiri, milik sendiri dan bebas. Ini berarti bahwa musik indie adalah musik yang bebas dan dibuat secara mandiri oleh para musisinya. Mereka memang nyiptain karya mereka secara bebas dan tak mengacu band populer atau band yang mengikuti tren arus utama dan terikat sama label rekaman. Dari mulai pemilihan rekaman lagu sampe promosi lagu itu sendiri, para musisi indie sebebas-bebasnya mengolah karya mereka. Maka dari itu, banyak band indie yang memiliki lagu yang beda banget dari lirik sampe musiknya sama lagu-lagu hits yang lagi naik daun di pasaran.

PERBEDAAN MUSISI INDIE DAN MUSISI BERLABEL

Dilihat dari segi pemasarannya untuk band populer/mainstream semuanya memiliki tangan kanan untuk memasarkan karya mereka, yakni label rekaman mereka sendiri yang mempublikasikannya mulai dari media cetak sampe media elektronik, sehingga nama band/musisi tersebut terekspos dan dikenal oleh masyarakat umum. Ketika masa promosi video klip dan tour, band-band populer/mainstream ini juga sudah diatur segala keperluannya oleh label rekamannya.

Berbeda dengan band indie yang semuanya diatur sendiri. Mereka mau manggung kapan, terserah. Mereka mau promosi dimana, terserah. Bahkan mereka mau dibayar berapapun juga terserah mereka sendiri. Karena musisi indie ini tidak memiliki patokan khusus terhadap apa aktifitas mereka, maka mereka bisa lebih mengekspresikan karya mereka secara bebas.

Pada era jaman tahun 80an, tangga lagu untuk musik indie mulai diperkenalkan. Banyak sekali band dan musisi indie yang muncul, seperti The Smith dan Joy Division. Pada era 90an, Radiohead yang juga merupakan band indie mulai menyebarkan tren indie ke berbagai belahan dunia dengan musik-musik mereka yang unik namun sangat bersahabat di telinga. Selain itu, Radiohead juga sempat memberi nuansa baru bagi belantika musik dengan merilis album indie dengan sistem pay-what-you-like dimana sistem ini memungkinkan para pembeli bebas untuk membayar berapapun ketika membeli album mereka. Ini kembali pada prinsip bahwa musisi indie sendirilah yang menentukan harga mereka sendiri.

MUSIK INDIE DI INDONESIA

Sebelum mengenal istilah indie, masyarakat Indonesia lebih mengenal istilah underground. Berbeda dengan indie, musik underground cenderung keras dan tak jarang penuh krtitikan dan pesan-pesan masif.

Jika kalian ingat, ada band bernama Pas Band yang ternyata merupakan band yang memulai tradisi merilis album secara Indie di Indonesia. Mereka bahkan telah sukses menjual album mereka sebanyak 5.000 kopi. Dilihat dari keberhasilan Pas Band dalam berkarya, maka kemudian banyak band metal dan rock yang bermunculan dan mengikuti jejak mereka.

Dilain sisi ada juga Pure Saturday. Mereka adalah band indie pertama selain metal yang membuat album rekamannya sendiri pada tahun 1995. Dan kemudian mucul Mocca yang berhasil menjual album mereka menembus lebih dari 100.000 kopi. Keberhasilan Mocca bisa dibilang menjadi pemberi dampak pada band-band Indie di Indonesia hingga kini.



Nah, itu tadi yang dapat ane bagikan pada kalian mengenai apasih musik indie itu dan dengan tambahan sejarah singkat mengenai band-band indie. Tertarik menciptakan lagu kamu sendiri dan memasarkannya lewat jalur indie?.

©Liwato

Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.