Langsung ke konten utama

Apasih Nendoroid? Beda Figma dan Nendoroid




Beberapa bulan yang lalu ane berubah menjadi Figure Addict. Baik itu nendoroid maupun figma.

Beberapa grup dan komunitas kameko (otaku berkamera) yang ane ikutin sedang gencar-gencarnya menjadikan nendoroid maupun figma sebagai model dan objek foto mereka yang tentu hasilnya menurut ane amat sangat aduhai melebihi model asli.*otakuGesrek

Otomatis ane langsung kepo dengan yang namanya action figure. Browsing sana-sini dan pada akhirnya ane memutuskan bahwa ane HARUS PUNYA WALAUPUN HANYA SATU NENDOROID!.

 Berselancar lagi dan ketemulah nendoroid sang pujaan hati si Hatsune Miku yang memang notabenenya emang waifu kesayangan ane. *plak!



Pas lihat harganya, adeeeh rasanya mau nampol nih kepala. Lihat dompet ngenes amat, tapi ibarat udah kesengsem sama sang pujaan hati, apapun di lakuin deh. Dan pada akhirnya beli, lalu cuek pada dompet yang menjerit.

Saking addict-nya ane bahkan rela kencan dan jalan-jalan hanya demi membawa nendo ane menuju tempat-tempat dengan spot foto yang menarik. Dan hasilnya memang lebih dari yang di harapkan. Setiap ane mengecek satu persatu foto, dalam hati ane langsung menjerit. ‘OMG, Youre more more more more cute than i think before!’.
Jadi, sebenarnya apa itu nendoroid dan figma yang berhasil membuat dunia per-kameko-an ane berubah?.

Daripada kalian mulai mengantuk membaca curhatan ane yang hampir melebihi pembahasan utama, langsung aja ane kenalin si cantik peng-khilaf otaku.

Action figure adalah tiruan dari sebuah karakter film, artis, ataupun animasi. Dalam situasi yang 
kekinian ini, Action figure lebih di kenal karena banyak yang berasal dari karakter anime yang notabenenya 2D, dan di transformasikan menjadi sebuah figure berbentuk 3D. Harganya bermacam-macam dan berada pada kisaran ratusan ribu bahkan beberapa bisa sampai di atas satu juta. Wew!.

Kebanyakan orang sering menganggap bahwa figma, PVC dan nendoroid adalah figure yang sama. Tapi, secara jelas bisa kita lihat perbedaan dari keduanya adalah dari ukuran dan bentuk proporsi badan.  


 Nendoroid 
Figure jenis ini lebih cenderung berukuran mini dengan kepala besar dan badan kecil atau chibi. Figure jenis ini begitu melekat dengan kesan Moe(Imut). Produsen pembuatnya adalah dari Good  Smile Company.  Kebanyakan nendoroid di sediakan sekaligus bersama part-part yang bermacam-macam. Mulai dari ekspresi wajah, baju, rambut, bahkan aksesoris yang bisa di ganti-ganti(bongkar pasang). Ukuran tingginya tidak lebih dari 10cm. Karena bentuknya yang mini, bisa di bawa kemanapun kalian pergi.


 Figma
Hasil gambar untuk figma anime 
Ukuran figma biasanya lebih tinggi dan besar dari nendoroid, sekitar 14cm atau bahkan lebih. Dengan proporsi tubuh yang benar alias sesuai aslinya, figma bisa menjadi figure realistis yang bisa di miliki oleh kolektornya. Serasa bisa lihat waifu setiap saat. Sama seperti nendoroid, figma juga memiliki part-part yang bisa di ganti dan bongkar pasang. Harga figma biasanya bisa lebih mahal dari nendoroid (mungkin karena proporsinya yang realistis).
    

PVC
 PVC dapat  berukuran sama seperti nendoroid. Namun tak jarang pula ukurannya bisa menyamai figma. Lalu apa bedanya PVC dengan nendo dan figma?. Bedanya adalah pada part yang ada. PVC tidak memiliki part yang bisa di ganti. Alias pose dan stylenya permanen. Namun untuk masalah detail, PVC biasanya memiliki tingkat ke-detail-an lebih dewa di bandingkan figure yang lain.


Gimana?. Udah mulai penasaran dan kepo pengen punya figure sendiri?. Untuk yang berniat membeli, kalian harus memperkirakan dan membandingkan harganya. Telitilah sebelum membeli.

Untuk tips membeli, ane bakalan ngasih informasi mengenai tips membedakan figure KW dan Asli.

Oh iya, walaupun figure termasuk dalam kategori mainan, ane menyarankan kalian untuk tidak memberikan figure sebagai hadiah untuk anak-anak usia balita. Part-partnya yang kecil bisa saja tertelan oleh mereka. Karena pada dasarnya figure memang di peruntukan bukan sebagai mainan anak. Namun sebagai mainan para otaku jones dan tentunya sudah remaja ataupun dewasa.


Postingan populer dari blog ini

Apa Itu Genre Netori? Genre NTR | Awas Salah Pilih Tontonan!

Halo pembaca, pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang "Apa Itu Anime Netori". Mungkin istilah ini belum familiar di telinga sebagian pembaca, tapi anime genre ini sedang naik daun dan menjadi salah satu topik hangat di kalangan penggemar anime. Nah, untuk kamu yang penasaran apa itu anime netori, yuk simak artikel ini sampai selesai. Apa Itu Netori? Sebelum masuk ke dalam pembahasan, ada baiknya kamu mengetahui dulu apa itu anime. Anime adalah sebuah animasi yang berasal dari Jepang yang memiliki ciri khas dan gaya animasi yang berbeda dari animasi lainnya. Sementara itu, netori sendiri merupakan sebuah genre di dalam anime yang cukup kontroversial karena mengangkat tema perselingkuhan dalam hubungan percintaan. Netori secara harfiah berarti "mencuri pasangan orang lain". Nah, pada anime netori, tokoh utama atau biasanya karakter pria akan mencuri pasangan orang lain, seperti pacar atau istri, dari karakter

10 Pokemon Paling Cantik - Padahal Cowok!

Dibandingkan dengan kebanyakan pokemon garang, daftar kali ini akan dipenuhi dengan para pokemon yang akan memikat mata para penonton. Kenapa begitu?, karena kali ini ane akan membahas mengenai daftar 10 Pokemon Feminin yang mematikan. Bisa terlihat sangat feminine, namu para pokemon ini cukup mencuri perhatian. para pokemon dan trainer Makhluk-makhluk unik yang disebut 'Pokemon' bisa dibilang mirip tetapi tidak seperti hewan dunia nyata kita, karena mereka dapat melakukan hal-hal berbakat seperti menembakkan api atau mengubah tubuh mereka menjadi besi. Hingga saat ini, varietas mereka ada lebih dari 800 pokemon. Pokemon digunakan dalam beragam pertempuran, di mana jenis-jenis kemampuan dan jenis Pokemon memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan. Misalnya, air mengalahkan api, sehingga Squirtle (Kura-kura Kecil) mengalahkan Charmander ( salamander berbasis api). Tetap baca artikel liwato kali ini, dan kita akan membahas mengenai para pokemon dengan tampilan f

Review & Sinopsis Anime Okaasan Onlie (Emak ikut ke isekai cuy!) SPOILLER ALLERT!

Saat "ditanya seberapa besar cinta kalian dengan emak?" pasti gede banget kan?. Tapi gimana kalau kalian dikasih kesempatan untuk pergi ke isekai sebuah game online, dan emak kalian ternyata ngikut?. Tak terbayang dan tak terduga pastinya. Daftar Isi Pada pertengahan tahun 2019 ini sebuah anime berjudul Okaasan Online dengan genre seinen telah dirilis. Sebenarnya ane juga nggak begitu yakin sih ini anime tema kombinasinya apa. Isekai , Seinen, Online game, Family, Harem atau bahkan Mother Complex?  Baca Juga :   Mengenal Genre Sheinen Pada Anime dan Manga Jepang yaaa, selama ini semua anime yang pernah tayang sudah memiliki segudang keunikan dan tentunya akan sah-sah saja jika ada satu anime baru dengan tema unik bin ngeselin macam anime berjudul asli  Tsūjou Kōgeki ga Zentai Kōgeki de ni Kai Kōgeki no Okā-san wa Suki Desuka?  ini.